Btc roulette Memperbaiki kaset yang tidak bisa menarik kertas - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Memperbaiki kaset yang tidak bisa menarik kertas

Kaset - atau laci kertas adalah tempat kita menaruh kertas, segala ukuran kertas kita setting pada laci kertas ini, laci kertas bersama dengan sponge roller bekerja bersama saat start proses copy dimulai.

Jika laci menyediakan kertas maka sponge akan bertindak sebagai penarik kertasnya, maka dari itu jika ada kerusakan semisal kertas tidak mau menarik kertas atau kertas tidak mau loading maka sumber masalah ada di perangkat deck paper dan juga roller sponge.

namun ada kalanya biarpun sponge feed,pick up maupun sponge sparator sudah diganti namun kertas tidak mau load bahkan tidak mau menarik kertas, masalah ini tergolong sedikit rumit dan saya kali ini akan mencoba memperbaiki berdasarkan pengalaman saya dilapangan.

1. Masalah laci tidak bisa menarik kertas

pada laci kertas komponen yang bertugas sebagai penarik kertas adalah roller, kerusakan yang umum terjadi pada roller ketika tidak mau menarik kertas adalah roller halus. maka hal pertama yang mesti anda lakukan adalah mengganti roller, terutama roller sparator pada ir 3300 atau sponge roller pada mesin ir 5000.

Kenapa roller bisa halus?

keausan pada roller dikarenakan gaya gesekan dengan kertas serta bagus tidaknya bahan pembuat roller, roller yang belum terlalu halus bisa cukup di bersihkan terlebih dahulu, tidak perlu diganti jika permukaan masih kasar.

Kertas tidak bisa ditarik mesti roller sudah diganti.

kerusakan seperti ini bukan pada rollernya, namun biasa kerusakan terjadi ada di dalam deck paper, kerusakan yang sering saya jumpai tentang kaset yang tidak bisa menarik kertas penyebabnya adalah dudukan dari lever roller sparator patah.

dudukan lever roller sparator patah

Kenapa bisa patah?

Menurut saya sendiri patahnya dudukan ini karena usia mesin serta konstruksi yang memang rawan patah, dudukan lever sponge sparator ini sangat riskan sekali patah, roller sparator harusnya naik ketika kaset di masukkan sehingga saat ada kertas lewat sponge sparator dapat melanjutkan alur kertas ke atas.

karena dudukan lever sponge sparator ini patah membuat dia tidak bisa bekerja dan kasetpun tidak bisa menarik kertas.

Bagaimana cara mengecek dudukan lever patah atau tidak?

Cara untuk mengetest bagus atau tidaknya dudukan lever ini adalah dengan cara anda menekan secara manual besi lever ini, tekan kedalam, ketika dudukan masih bagus akan terlihat jika roller sparator akan bergerak naik, namun jika dudukan sudah patah, maka saat pegas ditekan maka roller sparator akan diam saja.

cara cek dudukan lever roller sparator

Cara memperbaiki kaset yang tidak bisa menarik kertas

untuk kerusakan karena roller karet yang aus cukup dengan menggantinya saja, namun jika yang patah adalah dudukan lever roller sparator maka perlu untuk mengganti 1 set rumahnya, karena dudukan ini menyatu dengan rumah deck paper.
Baca juga : Mengatasi Lifter paper yang tidak mau turun ir 3300 series

2. Masalah laci kertas yang tidak terbaca

agar mesin fotocopy dapat mengenali ada atau tidaknya  kertas di kaset melalui sensor paper, lifter , gear lifter dan motor lifter.

ketika kaset di Reload maka seharusnya lifter akan mengangkat laci kertas sampai menyentuh sensor paper, maka sensor paper akan mengirim sinyal bahwa ada kertas di laci.

ketika ada satu salah satu komponen yang tidak bekerja maka kertas di kaset tidak akan terbaca, beberapa kerusakan yang umum sebagai penyebab kertas tidak terbaca adalah:

a. Ada sobekan kertas yang nyelip di ujung deck paper

kertas nyelip di ujung deck paper

kenapa kertas ini bisa nyangkut diujung , penyebab utama ketika ada jam di laci, kemudian laci di reload kertas yang jammed tersebut tertinggal didalam, kemudian kertas tersebut terdorong oleh kaset.

kertas yang nyangkut tersebut akan menghalangi sensor motor lifter sehingga lifter tidak akan mengangkat laci kertas, maka kertaspun tidak akan terbaca.

cara mengatasi cukup anda reload dan ambil saja kertas yang nyelip tersebut.

b. Gear lifter patah

gear lifter patah penyebab dan cara menggantinya bisa anda baca disini
Baca Juga : Cara mengganti Gear lifetr yang patah

c. Platina yang patah

Untuk menganalisa platina yang patah anda bisa membaca artikel saya yang ini
Baca juga: Laci 2  tidak mau load paper pada ir 3300
Demikian sedikit informasi dari saya tentang mengatasi kaset yang tidak bisa menarik kertas , semoga bermanfaat bagi rekan-rekan terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Memperbaiki kaset yang tidak bisa menarik kertas"

  1. Slamt malam... Abang mohon bantuanxa.. Saya pengguna mesin copi canon ir 3045 saya mengalami kendala pada pada saat proses penarikan kertas... Terdapat bunyi gesekan yang sangat keras...mohon bantuanxa..

    BalasHapus
  2. Kalau kertasnya otomatis naik sendiri padahal mesin baru start dan paper jam cara repairnya bagaimana kang?

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan