PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Menentukan Harga Foto copy per lembar 2018

Harga Fotocopy per lembar - Bagi anda yang belum dan atau akan memulai membuka usaha khususnya fotocopy pasti akan merasa bingung dan ragu untuk membuka satu usaha yang menurut saya profitable jika anda mampu menemukan lokasi yang menguntungkan.

Membuka usaha fotocopy merupakan usaha alternatif berskala menengah kebawah yang bisa dijadikan kegiatan bagi anda selepas pensiun atau memang ingin terjun didunia cetak mencetak, namun ada baiknya bagi anda yang ingin menuju usaha fotocopy mempelajari dulu skill yang mesti anda kuasai sebagai dasar untuk menjalan bisnis fotocopy ini.

Baca juga : Skill fotocopy yang mesti anda kuasai jika ingin membuka usaha fotocopy

step berikutnya yang akan juga membuat anda bingung adalah bagaimana keuntungan yang saya dapat? berapa harga per lembar yang mesti saya bebankan kepada konsumen, apakah mungkin profit jika hanya mengandalkan fotocopy saja?.

pertanyaan diatas memang sudah pasti menjadi bayang-bayang bagi anda, namun saya akan mencoba memberikan gambaran awal bagaimana menentuka harga per lembar yang mesti anda tetapkan, ada baiknya anda juga mengintip berapa harga fotocopy ditempat lain sebagai perbandingan.

ada beberapa faktor utama sebagai peletak dasar menentukan harga per-lembarnya, berikut saya coba memberikan gambaran faktor apa saja yang membebani harga per lembar.

Faktor penentu harga foto copy per lembar


1. Harga Kertas/ rim
2. Harga Unit Drum meliputi (opc drum,primary dan wiper blade, serta fuser film)
3. Listrik per bulan
4. Sewa Ruko
5. Maintenan
6. Gaji karyawan ( Optional)
menentukan harga fotocopy per lembar



Nah untuk lebih jelasnya akan saya beri contoh kasus,
karena anda baru membuka usaha fotocopy maka standard pemakaian kertas dalam satu hari akan saya tetapkan 500 lembar saja per hari. pemakaian kertas dalam satu hari ini adalah pondasi dasar dari keuntungan yang akan anda dapat, semakin banyak kertas yang anda habiskan dalam sehari maka semakin besar pula keuntungan yang akan anda dapat.

untuk tahun 2018 ini kemungkinan ada kenaikan beberapa kompoenen utama seperti kertas dan toner jadi kenaikan harga ini sudah barang tentu akan mempengaruhi semuanya, jadi mari kita rumuskan
Baca Juga : Cara memperbesar dan memperkecil hasil fotocopy

1. Harga Fotocopy per lembar kertas A4
Baik kita sudah tentukan 1 hari = 500 lembar

1. harga kertas Rp. 40.000/Rim = 500 lbr (40.000/500)           = Rp. 80
2. Toner = Rp. 120.000 untuk 20.000 lbr = (120.000/20.000)  = Rp. 6
3. Unit Drum =Rp. 445.000/20.000 lbr                                    = Rp.22
4. Listrik =Rp.400.000/13.000 ( 500lbr/hari x 26 hari kerja)   = Rp.30
5. Ruko = Rp 7 juta (7 jt/12/13.000 lbr)                                   = Rp. 46
6. Maintenance= Rp. 200.000/13.000                                      = Rp.15
---------------------------------------------------Harga per lembar  =Rp. 199

 Keterangan : 


1. Harga kertas bisa lebih murah tergantung merek yang anda beli, satu Rim berisi 500 lembar

2. 1 kg toner mampu untuk mencetak hingga 20.000 lembar

3. Unit Drum termasuk didalamnya adalah OPC Drum, Roller charging, wiper blade dan Fuser film saya total Rp. 445.000, kesemua part tersebut mampu mencetak sampai 20.000 lembar bahkan lebih, ini hanya berlaku untuk mesin kecil saja, jika yang anda miliki adalah mesin besar maka faktor ini bisa diabaikan.

4. Listrik saya asumsikan anda menggunakan listrik 1.300 watt, saya ambil asumsi pemakaian paling boros yaitu Rp. 400.000 sebulan saya bagi pemakaian kertas satu bulan 13.000, maka didapat biaya listrik untuk satu lembar kertas yaitu Rp.30

5. Ruko satu lantai kecil saya asumsikan Rp. 7 juta satu tahun, dibagi 12 bulan kemudian saya bagi pemakaian kertas dalam sebulan 13.000 lembar ,maka didapat hasil penggunakan jasa ruko untuk satu lembar kertas yaitu Rp. 46

6. Maintenance walau tidak setiap bulan saya asumsikan setiap satu kali kunjungan saya biasa menarik biaya 150.000 disini saya tulis Rp.200.000 saya bagi dengan pemakaian kertas 13.000 dalam satu bulan maka didapat biaya maintenance Rp. 15

Dari asumsi kasus diatas maka kita bisa mendapatkan harga foto copy per lembar yaitu Rp. 199,,
Baca Juga : Fotocopy berwarna, menghasilkan duplikat sesuai warna asli
asumsi ini saya berikan dengan menggunakan asumsi paling boros dan paling sepi konsumen fotocopy, keuntungan akan bertambah jika pemakaian kertas dalam sebulan naik drastis, jika hal itu terjadi maka anda bisa menghitung ulang dengan rumus diatas berapa sebaiknya harga fotocopy per lembarnya.

namun jika anda membuka usaha fotocopy tidak mungkin jika orang fotocopy akan anda kenakan biaya Rp. 179. pasti akan lebih kan, nah hal hal kecil ini sebenarnya paling banyak mendatangkan keuntungan bagi anda, belum lagi anda jualan ATK atau dagang lainnya sebagai penunjang usaha fotocopy anda.

untuk berapa harga fotocopy per lembar yang sepantasnya guna mengejar modal mesin agar cepat kembali silahkan anda tetapkan sendiri, mungkin Rp.200/lembar, harga mesin tidak saya masukkan kedalam faktor penentu harga perlembar karena ia bukanlah faktor yang mempengaruhi dikarenakan mesin fotocopy adalah aset.

Dengan menentukan haga per lembar sebesar Rp. 199, jika  pemakaian kertas dalam sehari naik seumpama anda sehari mampu menghabiskan 1.500 lembar maka keuntungan anda akan bertambah jika faktor lain adalah tetap

2. Harga Fotocopy per lembar kertas F4 dan A3
rumus untuk menghitung kertas F4 dan A3 tidaklah berbeda, anda hanya perlu untuk mengganti Faktor harga kertas F4 dan A3 satu Rimnya

saya berharap anda mulai bisa membayangkan untung dan ruginya membuka usaha fotocopy , semoga apa yang saya tulis ini bisa menjadi jembatan bagi anda untuk memulai usaha. terima kasih


Subscribe to receive free email updates:

38 Responses to "Menentukan Harga Foto copy per lembar 2018"

  1. Kalo yg fc bolak balik menentukan harganya gimana gan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikurangi harga kertas 1 lembar saja gan, sedangkan komponen lain untuk fotocopy 1 lembar tetap dihitung,,

      Delete
  2. persaingan ketat banyak pemain lama ngasih harga 75-80 rupiah perhalaman hitungan meteka gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya harga segitu untuk fotocopy 100 lembar keatas gan, dan mesin mereka sudah kembali modal serta ruko punya sendiri, kalo semua serba sewa kaga ke uber bang harga segitu

      Delete
  3. thanks gan...Saya juga menghitung dengan rumus yang sama..karena harga kertas sangat variatif ditambah lagi,,kalau ketemu tonet yg abal abal..suka bikin penghasilan berkurang dan merusak drum..tapi saya mengasumsikan begini gan..dengan pamakayan rumus yang sama..tapi perhitungan losses kertas atau kertas yg ngejam dan salah potong atau kesalahan lain..per rim saya kurangkan 50 lbr,, jadi saya menghitung semua dengan dikurangkan 50lbr kemudian kita hitung jumahkan antara..harga pokok dan losses tadi..demikian gan..salam cetak

    ReplyDelete
  4. Untuk gaji karyawan hitungannya berapa gan? untuk 1 mesin sbenarnya butuh listrik berapa watt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaji karyawan optional bang, tinggal di hitung perhari dibagi estimasi kertas,,, kalo mesin fotocopy antara 450-950 watt

      Delete
  5. Itu td berarti baru ketemu HPP biaya per lembar ya Gan?

    ReplyDelete
  6. Saya mau tanya nich gan, skarang kertas naiknya nyampe 80% yg A4 biasanya 33 ribu per rim, skarang mlah 43 per rim, jdi berapakah cocoknya harga per lembar skarang gan, thanks, 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang bener kertas diawal tahun ini naikknya drastis, kalu mau pakai rumus bisa tinggal di ganti di harga kertas gan, kalo harga di sekitaran saya sekarang A4 rp 200/copy

      Delete
  7. Kalau ngitungnya harga pas dengan modal gimana kita dapat untung gan? misalnya harga
    1. harga kertas Rp. 40.000/Rim = 500 lbr (40.000/500) = Rp. 80
    2. Toner = Rp. 120.000 untuk 20.000 lbr = (120.000/20.000) = Rp. 6
    3. Unit Drum =Rp. 445.000/20.000 lbr = Rp.22
    4. Listrik =Rp.400.000/13.000 ( 500lbr/hari x 26 hari kerja) = Rp.30
    5. Ruko = Rp 7 juta (7 jt/12/13.000 lbr) = Rp. 46
    6. Maintenance= Rp. 200.000/13.000 = Rp.15
    -----------------------Harga per lembar =Rp. 199

    harga perlembar ketemunya 199.
    harga segitu buat modal lagi cuma pas aja? di mana keuntungan kita? jual 200 untung 1 sen. tenaga kita gak di hargai dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. estimasi diatas adalah harga modal bang, soal penentuan harga dilapangan tentunya anda sendiri yang menentukan, tentunya untuk usaha fotocopy ada bisnis lain yang diikuti seperti jilid dan ATK, tapi memang benar jika hanya mengandalkan fotocopy saja maka akan sangat sedikit hasilnya

      Delete
    2. betul dan gak sesuai,,lagian dah gak ada yg setahun 7 juta,,sy aja setahun 15 juta,tempatnya tidak besar,,dan sekali service jasanya aja 200 rbu belum kalo ada sprpart yg di ganti,,gimana nih gan solusinya,,,apa 250 perlembar kemahalan?

      Delete
    3. Untuk perlembar mahal atau tidak tergantung dilokasi agan berapa kisarannya bang..biar tidak terlalu besar marginnya dengan toko sebelah..

      Delete
  8. minta masukan untuk harga penjilidan sama perhitungan untuk atk, apakah ada standardnya, terimakasih

    ReplyDelete
  9. Klau harga penjilidan tergantung ketebalannya gan.... Klau hrg ATK ane ambil untung rata2 80% s/d 100%.

    ReplyDelete
  10. Saya pake harga 1 rb dapat 3 lembar dikarnakan lokasi saya d kampung namun tetap ramai kalo d kota kayaknya 250 perlembar

    ReplyDelete
  11. kalau fotokopi KTP yang dipotong-potong itu ngitungnya gmn?

    ReplyDelete
  12. gan barangkali ada yg punya cara yg lebih hemat utk copy KTP dan sejenis nya..hemat dlm penggunaan kertas A4 atau F4 Yg hrs dipotong sesuai ukuran yg di recomendasikan utk copy ID Card..

    ReplyDelete
  13. buka usaha foto copy memang ngk ada untung Gan, kerja bakti lah hitung2 berpahala

    ReplyDelete
  14. Mesin fotokopi yg bagus dan terjangkau untuk pemula apa ya gan.?mohon jawabannya...

    ReplyDelete
  15. Kalau untuk harga jual fotocopy buram perlembar sekrg berapa ya??

    ReplyDelete
  16. Kalau untuk harga jual fotocopy buram perlembar sekrg berapa ya??

    ReplyDelete
  17. Lengkapi usaha fotocopy dengan ATK juga print dokumen sekalian jasa browsing internet. Maka bisa dirasakan untungnya.

    ReplyDelete
  18. Didaerah saya perlembar a4 =250
    Tapi kalau disamsat perlembar a4= 1000

    ReplyDelete
  19. Gan..kalo foto copy yg kecil kaya ktp bikin 10 lembar dicetak jadi 1 kertas, itu harganya per lembar ktp atau perlembar kertas a4 nya....

    ReplyDelete
  20. Gan..kalo foto copy yg kecil kaya ktp bikin 10 lembar dicetak jadi 1 kertas, itu harganya per lembar ktp atau perlembar kertas a4 nya....

    ReplyDelete
  21. kalau untuk harga a3 bolak balik brpa yah?

    ReplyDelete
  22. seharusnya ada persatuan pengusaha foto copy agar ada keseragaman harga, coba fikir kalo usaha foto copi rata perhari 2 rimm / 1000 lembar, keuntungan yg di dapat hanya 10rupiah
    jadi satu hari hanya dapet untung 10.000 dong, mikir coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana perhitungan nya gan..kalau copy 1000lembar/hairi cuma dpt untung Rp 10000,-

      Delete
  23. saya jual 1000/3 karena ke fotocopy jauh. tapi alhamdulillah lancar malah suka ada yg bilang murah banget. dibilang kampung juga bukan.

    ReplyDelete

  24. Kalau hvs warna saya kasih harga 300/lembar kemahalan gak gan, harga kertas hvs warna 1 rim 46.000 rb

    ReplyDelete
  25. Enaknya harga fotokopi sekarang Rp 500/lmbr... Listrik udah lebih 100% naek, kontrakan juga edan naeknyah, kertas naiknya tau sendiri gan edan,... Belom sperpart, service, penyusutan... Walah ... Kadang ga habis pikir ttg harga fotokopi hehe.. padahal cape banget gan, tenaga blom keitung...

    ReplyDelete
  26. Saya setuju kalo Rp.500/lembar. tapi kalo di atas 10 saya kasih harga Rp.400,-/lembar. Kalo Rp.300,-/lembar silakan aja ke fotokopi orang lain.

    ReplyDelete

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan