PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Bagian-bagian fixing Canon IR 5000/IR 6000 serta fungsinya

fixing unit Canon IR 5000/IR 6000 - Salah satu komponen yang berperan penting dalam kinerja sebuah mesin fotocopy Canon IR  memiliki kecepatan yang tinggi adalah adanya Fixing yang brkerja dengan cepat dalam memanaskan kertas dan toner yang melewatinya, jika fixing ini lama dalam mencapai suhu kerja serta suhu minimum guna memanaskan kertas, maka lama juga kecepatan yang dia miliki.

Kali ini saya mencoba untuk sedikit membedah bagian-bagian daripada fixing canon IR 5000/IR 6000 agar kita menjadi mengerti fungsi dari setiap komponen serta menjadi tahu nama-nama komponen yang ada di Fixing Unit.
Bagian-bagian fixing unit

1. Cover anti panas

Cover yang memiliki warna kuning berfungsi sebagai peredam panas serta menutupi web cleaning, selaini itu cover ini juga menjaga agar kita terjaga saat memegang komponen  fixing, karena fixing ini sering kita buka guna mengeluarkan kertas yang nyangkut, pasti ada kalanya kita akan bersinggungan dengan komponen Fixing, pasti ada sedikit interaksi dengan bagian-bagian yang amat panas. maka cover ini akan menghindarkan kita dari memegang langsung pada komponen yang panas.

2. Cleaning Web

jika anda membuka cover anti panas maka anda akan langsung melihat komponen ini, berbentuk gulungan putih seperti sarang laba-laba.

komponen ini berfungsi sebagai pelumas heater roller upper serta mengontrol panas yang dihasilkan oleh heater, bila komponen ini habis, ditandai dengan salah satu gulungan web yang telah habis, maka anda bisa membaliknya apabila masih terlihat bagus, atau anda bisa menggantinya guna menjaga kinerja mesin.

Baca juga : Cara mengganti cleaning web canon IR 5000/ IR 6000

3. Gear Fixing

Posisi gear fixing ini ada di kedua ujung roller heater fungsinya sebagai penerus putaran motor fixing agar roller heater dapat berputar, karena berfungsi sebagai pemutar roller heater maka bila komponen ini pecah (karena sering) maka roller heater tidak dapat berputar, menyebabkan kertas akan terhenti didepan fixing.

Baca Juga : Kertas macet didepan pemanas, kenali penyebabnya

Untuk memasang gear ini ada beberapa hal yang mesti diperhatikan dan mesti benar saat memasangnya, jadi bila anda belum pernah menggantinya, lebih baik hubungi teknisi saja.

4.Lampu Heater

Dari lampu inilah sumber panas yang digunakan dalam proses fixing, komponen ini terdiri dari 2 buah lampu yang harus menyala secara bersamaan, panas yang dihasilkan bisa mencapai 200 derajat, bila salah satu lampu ini mati maka mesin tidak akan dapat bekerja dan mengeluarkan kode error.

5. Busing dan Bearing Fixing

Busing dan Bearing ini berfungsi untuk menjaga agar putaran roller heater tetap lurus dan tidak goyang, karena jika sedikit saja roller ini goyang dikarenakan busing yang sudah rusak ( karena busing ini sering rusak/aus) maka hasill fotocopy akan terlipat disalah satu sisi.

6.Roller Heater Upper

Komponen ini berongga dibagian dalam , tempat dimana lampu heater berada, serta gear fixing menempel dikedua ujungnya, komponen ini berfungsi untuk mendistribusikan panas yang dihasilkan oleh lampu heater keseluruh bagian roller, sehingga ketika ada kertas yang melewatinya, ia akan memanaskan kertas secara merata.

7. Roller Heater Lower

Jika roler heater upper yang bergerak maka roller heater lower ini bergerak karena adanya gaya putaran dari roller upper, sehingga kinerjanya tergantung dari pada kinerja roller upper, berfungsi sebagai landasan bagi kertas agar saat masuk dan keluar area fixing kertas tetap dalam kondisi yang lurus, tidak kusut, cara kerjanya seperti landasan saat kita menyetrika, tanpa landasan yang halus maka hasil setrikaan akan kucel.kusut.

8. Claw lower Fixing

Berjumlah 2 biji yang menempel pada roller heater lower, sebernarnya tidak menempel , itu dikarenakan gap yang dimilikinya sangat kecil sehingga tampak menempel, komponen ini berfungsi untuk mencegah kertas yang  keluar dari proses fixing tidak ikut tergulung oleh roller lower sehingga kertas akan menuju ke proses berikutnya, tanpa claw ini saya yakin kertas kalau tidak macet di ujung pemanas pasti dia akan ikut tergulung.

9. Motor Fixing

Komponen inilah yang membuat semua bagian-bagian di fixing unit dapat bekerja, motor ini sebagai awal dari pross fixing untuk memutar komponen lainnya, bila motor ini rusak maka mesin fotocopy kan mengeluarkan kode error e0014

Demikian kiranya yang bisa saya utarakan perihal bagian-bagian fixing Canon IR 5000/IR 6000 sangat sedikit dari begitu banyak komponen yang ada dibagian fixing unit. semoga menjadi penambah pengetahuan kita semua, terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Bagian-bagian fixing Canon IR 5000/IR 6000 serta fungsinya"

  1. Mau tanya yang warna merah yang bersentuan dengan cleaning web sebelah atas yang kaya Roller Heater Lowerr namanya apa? ada jualan ga?

    ReplyDelete
  2. bukan. yang diatas roller heater upper yang menekan web supaya bersentuhan dengan roller heater upper, makasih yah kalau ada di toko onlen mana yang bisa dihubungi?

    ReplyDelete
  3. dari potocopy mizan garut jawabarat , yang dimaksud bukan roller heater upper, tapi yang diatas roller heater upper yang menekan web supaya nempel ke roller heater upper yang bahannya seperti busa. ?
    kalau ada ditoko onlen mana yah yang bisa dihubungi.? makasih atas bantuannya?

    ReplyDelete
  4. Dengan Aripin, kan di gambar ada bagian-bagian fiking canon yang letaknya persis di no 2 kalu bagian 1 ditutup, dalam gambar kelihatan dibelakang sebelah atas ada warna merah kecil tah itu namanya apa, yang punya ana bagian itunya benjol sebelah, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya saya tahu. Ping nomer sampean aja ke WA saya nanti saya info

      Delete
  5. Bro mau tanya kalau setiap foto copy terus muncul error e000001-0002 itu kenapa ya bro.. Padalh udah saya clear .. Kemudian saya coba foto copy lagi pas kelipatan 34 lembar eh muncul lagu error... Dan begitu seterusnya .. Kalau boleh tau solusinya itu kenapa ya bro ??? Ditunggu ya jawab nya via email ahdanahmad@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Permisi kang mau tanya... Kalau setiap moto copy banyak atau setiap moto copy kelipatan 30 suka muncul error e00001-00002 itu kenapa ya ?? Kalau boleh bisa dikirimin balasannya lewat email...

    ReplyDelete
    Replies
    1. E0001 disebabkan karena main termistor sudah rusak bang. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  7. Paper jam setelah kertas keluar 1 , tapi pas di liat tidak ada kertas yang menyangkut padahal motor fiding udah di gantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba check service mode> display>jam> lihat kode jam nya, disitulah sensor yang bermasalah

      Delete
  8. Salam kenal gan. Ir5075 unit 1 gak mau muter. Tidak ada tampilan kode error. Hanya tampil info suspended
    . Mohon solusinya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa pengalaman tentang "suspended"
      1. lock unit satu kurang mengunci.
      2. hardissk mulai error.
      3. Reader control
      4. mother board.
      semoga membantu

      Delete

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan