PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Berapa modal awal untuk membuka usaha fotocopy

Usaha Fotocopy untuk pemula. banyak sekali unek-unek bagi calon pengusaha yang ingin membuka usaha fotoocpy terutama pemula, biasanya sekitar modal awal,perlengkapan usaha,keuntungan dan kerugiannya, terkadang terdengar lucu, baru ingin memulai usaha tapi sudah ditakutkan dengan pertanyaan untung dan rugi.
modal awal usaha fotocopy


kata emak " kalo punya impian, segera bertindak, jangan hanya dipikirkan terus". memang untuk memulai usaha apapun termasuk fotocopy ,perlu dilakukan analisa tentang usaha yang akan dijalankan, pada postingan ini saya akan memberikan beberapa pengalaman pelanggan saya yang sukses menjalankan usaha fotocopy berbekal modal yng tidak cukup besar, mungkin dengan ini bisa memberi sedikit gambaran terhadap minat anda untuk memulai membuka usaha fotocopy.

pengalaman pertama datang dari bapak suparjo, berapa modal awal dia membuka usaha fotocopy? cuma 20 jt, dengan uang segitu dia dapat mesin ir 3570, mesin kecil memang, sekaligus sudah dapat membeli etalasi toko berikut barang dagangan lain sebagai penunjang usaha.

bagaimana perkembangannya? awal memulai usaha pak suparjo tidak memiliki skill khusus, hanya fotocopy biasa biasa saja, namun bagaimana beliau bisa menguasai skill fotocopy lainnya? waktu yang membuat beliau belajar, akhirnya modal awal 20jt kembali dalam waktu 2 tahun, kini beliau sudah memiliki 2 mesin, dengan omset yang lumayan untuk sehari hari.

pegalaman kedua datang dari bapak sukitno di seberang pulau, mantan pekerja kontraktor, memulai usaha fotocopy juga tanpa latar belakang skill fotocopy yang mumpuni, berbekal dua mesin jadul ir 3300 dan ir 5000, uang yang digunakan untuk modal awal hanya sekitar Rp. 30jt, omsetnya kini sehari bisa habis 10 rim kertas, bisa anda hitung berapa penghasilannya jika dikalkulasi sebulan.

Modal awal untuk memulai usaha fotocopy banyak digunakan untuk membeli barang pokok seperti mesin fotocopy, etalase toko, barang kelengkapan ATK, Komputer (optional), printer (optional), perlengkapan fotocopy seperti gunting,mesin press,steples besar(wajib).
Baca Juga :


Pertimbangan mesin fotocopy untuk Usaha.

Skill fotocopy untuk pengusaha fotocopy.

Peralatan wajib untuk memulai usaha fotocopy.

Hal yang perlu diperhatikan saat memulai usaha fotocopy.


sebenarnya untuk bisa menjalankan usaha fotocopy tak melulu harus bisa semua skil fotocopy, ternyata dengan modal pas pasan pun seperti pengalaman diatas sudah mampu menjalankan usaha fotocopy dan langgeng sampai sekarang, faktor lokasi menjadi faktor penting untuk menjalankan usaha ini,mesti anda belum bisa skiill fotocopy namun lokasi anda strategis, saya yakin dalam waktu satu bulan dengan terus belajar fotocopy, semua skill yang diperlukan akan terasah.

memulai usaha fotocopy

selain lokasi , pemilihan mesin fotocopy yang bandel menjadi hal yang sangat menguntungkan, jika anda baru memulai usaha fotocopy lebih baik beli terlebih dahulu mesin yang merakyat, maksudnya mesin yang paling banyak digunakan oleh orang pada saat itu, dengan mesin yang banyak digunakan berarti banyak orang yang sudah bisa untuk memperbaikinya serta sparepart banyak tersedia.

jenis mesin fotocopy dan harganya bisa anda browse di google kalo boleh saya memberi saran, bisa dengan Canon IR, harga untuk mesin kecil sekond sekitar 6 sampai 10 juta, ini sudah cukup untuk awal, jika dirasa anda smakin kewalahan maka tambah satu lagi dengan mesin dengan speed yang lebih cepat semisal IR 6000.

Usaha Fotocopy dan alat tulis

Usaha fotocopy dan atk

usaha fotocopy selalu melekat dengan usaha alat tulis, ada sebuah keluhan dari pelanggan saya ketika mesinnya rusak," mesin fotocopy ini ternyata pengaruhnya besar, mesti hanya Rp 1.000 atau Rp.2.000 saja, ternyata ketika mesin ini rusak sangat besar penurunan omsetnya, karena ketika orang fotocopy pasti mereka pembeli barang lain, hal ini yang membuat omsetnya turun karena mesin rusak, jadi pelanggan langsung pergi tanpa membeli barang lainnya".

secara garis besar ternyata usaha fotocopy dengan omset besar pasti ditunjang dengan usaha lain semisal ATK, print foto dan print dokumen, jadi ketika anda hendak memulai usaha fotocopy jangan melihat kecilnya uang ketika orang mengcopy dokumen, namun lihat juga aspek pendukung yang membuat mereka exis.


Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Berapa modal awal untuk membuka usaha fotocopy"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan