Senin, Januari 9

Buka Usaha Fotocopy: Beli,Kredit atau Sewa mesin ya?


Memulai usaha fotocopy - Menjatuhkan pilihan untuk membuka sebuah Usaha fotocopy yang memang sudah anda persiapkan jauh- jauh hari, segala persiapan sudah dilakukan hingga pada tahap pembelian peralatan fotocopy pendukung pun sudah disiapkan, namun tampaknya masih ada sedikit kebimbangan dalam hal dana yang masih dirasa kurang, khususnya untuk pengadaan sebuah mesin fotocopy.

Buka usaha fotocopy
Khusus untuk bagaimana cara mendatangkan sebuah mesin fotocopy sepertinya ada banyak pilihan yang patut dipertimbangkan mengingat saat ini sudah cukup mudah untuk menemukan distributor merek mesin fotocopy yang cukup kompeten.

Cara memulai usaha fotocopy  

ada beberapa pengalaman rekan-rekan saat baru memulai membuka usaha fotocopy, ada yang memang menyiapkan dana sekitar 20 juta termasuk sewa ruko dan pada awal-awal buka hanya mampu membeli mesin second satu buah saja, namun selang 2 tahun ternyata mesinnya sudah bertambah satu lagi.

cara ia memulai usaha fotocopy ternyata tidak memiliki pengetahuan khusus tentang teknik fotocopy, ia belajar otodidak hingga akhirnya mampu mengusai teknik dasar fotocopy.

Baca Juga : Skill fotocopy yang wajib anda kuasai
ada lagi yang memulai usaha fotocopy berawal dari ketidak sengajaan, sebenarnya hanya membuka usaha print dokumen dengan menyiapkan beberapa komputer, namun seiring jalan banyak konsumen yang menyarankan untuk menambahkan sebuah mesin fotocopy, sehingga bila mereka selesai print bisa langsung sekaligus untuk mengcopy dokumen tersebut.

ternyata cara membuka usaha fotocopy itu berjalan seiring dengan tuntutan konsumen, ketika diawal usaha tidak ada niat membuka fotocopyan ternyata malah menjadi usaha pokok, karena mesin fotocopy saat ini sudah mampu untuk konek ke komputer sehingga juga bisa digunakan sebagai printer.

Baca juga : Cara Print dari mesin fotocopy 

Nah berkenaan dengan pilihan mendatangkan sebuah atau beberapa mesin fotocopy saya coba untuk memberikan 3 pilihan yang mungkin patut dipertimbangkan bagi anda yang bimbang.

1. Membeli mesin baru untuk usaha fotocopy

Mendatangkan sebuah mesin baru tentu merupakan pilihan yang paling bagus, mesin baru berarti tidak perlu kuatir untuk perawatannya, karena bisa dijamin kerusakan berat tidak akan datang segera.

membeli mesin baru pun masih mendapat garansi service, hal ini membuat kita juga merasa tenang dalam menjalankan usaha, jika ada kerusakan yang ektrim masih bisa memanggil teknisi mereka.

Membeli mesin baru berarti berbicara budget, karena mesin fotocopy baru harganya tidak murah, mungkin anda perlu menyiapkan dana yang cukup banyak jika baru awal membuka usaha fotocopy.

Soal dana bagi anda yang memiliki cukup modal saya rasa membeli unit baru merupakan pilihan terbaik, mintalah beberapa saran dari penjual tentang kualitas mesin, serta garansi yang didapat.

2. Sewa mesin fotocopy untuk usaha

Menyewa mesin fotocopy untuk usaha berarti menggunakan mesin orang lain, berarti ada biaya yang mesti dibayar kepada pemilik mesin, namun dengan menyewa berarti anda tidak perlu untuk mengeluarkan uang pada awal membuka usaha fotocopy.

Keuntungan menyewa mesin untuk usaha


1. Tidak perlu modal awal untuk mendatangkan mesin
2. Segala kerusakan mesin termasuk sparepart,teknisi dan toner menjadi tanggung jawab pemilik mesin
3. Ada teknisi yang selalu siap datang jika terjadi kerusakan mesin
4. Disediakan Unit pengganti jika mesin sudah rusak parah

Kerugian sewa mesin fotocopy untuk usaha


1. Anda harus membayar biaya sewa tiap bulannya, besaran biaya sewa biasanya tergantung dari jenis mesin,

dari yang saya tahu untuk mesin kecil kisaran 500-700 ribu per bulan, mesin kecil dengan kecepatan diatas 33 lembar per menit.

untuk mesin besar mungkin ada di angka 800- 1200 per bulan, mesin besar dengan kecepatan diatas 55 lembar per menit.

2. ada biaya Over copy yang mesti anda bayar untuk setiap lembar kertas yang anda gunakan.
Over copy maksudnya adalah setiap penyewaan biasanya memberikan fee kertas sekitar 3.000, nah ketika fee tersebut telah terlampaui maka anda harus membayar untuk setiap kertas yang anda gunakan, besarannya tergantung pemilik, biasanya Rp 50 - Rp.70.

kenapa ada beban over copy? menurut saya karena toner adalah gratis dari pemilik mungkin mereka menarik biaya atas toner yang terpakai tersebut.

Hal yang perlu anda tanyakan saat menyewa mesin untuk usaha

Jika anda memutuskan untuk menyewa mesin untuk buka usaha fotocopy baiknya coba tanyakan hal ini

1. Mintalah surat Kontrak.

2. Biasanya ada Free copy yang ditawarkan oleh pemiliki mesin, tanyakan berapa ribu free copy yang ditawarkan, biasanya minimal 3.000 lembar.

3. Bagaimana perhitungan untuk kertas yang rusak akibat kerusakan mesin, apakah akan dihitung.
dalam perjalanannya mesin akan mengalami kerusakan seperti hasil miring,kotor dan sebagainya, nah pastinya ada dampak bagi anda karena kertas terbuang percuma dan tak terpakai, anda perlu menanyakan hal ini agar tidak ribut kedepannya.

4. Bagiamana biaya sewa jika mesin rusak namun teknisi dalam 1x24 jam tidak datang.
ketika mesin rusak berarti anda tidak bisa menggunkan mesin dan menghasilkan uang, namun uang sewa tetap harus anda bayar, nah inilah yang mesti anda tanyakan, bisa saja anda minta pembayaran molor satu hari karena sewa mesin tidak genap 30 hari, bisa saja hal ini anda minta.

5. Tanyakan tentang prosedur pergantian mesin
didalam kontrak biasanya sudah tercantum tentang penggantian mesin, namun anda perlu tanyakan lebih lanjut dalam kasus apa anda bisa meminta penggantian mesin.

hal- hal tersebut diatas perlu anda ketahui dan masukkan dalam point kontrak agar ada hubungan yang saling menguntungkan antara anda dan pemilik mesin, sooo anda bisa menjalankan usaha fotocopy dengan tenang.

Baca juga : Peralatan fotocopy yang wajib dimiliki

3. Kredit mesin untuk buka usaha fotocopy

Kredit mesin untuk buka usaha fotocopy

Jika dirasa modal anda kurang, untuk membeli mesin baru masih kurang banyak, membeli mesin second takut rusak, mau sewa tidak ada penyewaan, pilihan terakhir ini mungkin patut menjadi prioritas, yaitu Kredit.

apa yang tidak bisa dikredit, mesin fotocopy sekarang juga bisa dikredit, anda googling aja banyak sekarang distributor yang menawarkan pembelian mesin dengan cara tempo seperti ini.

Mungkin anda akan dibebankan biaya kredit tiap bulan seperti menyewa diatas, namun lama kelamaan mesin itu menjadi milik anda kan.

Keuntungan Kredit mesin untuk buka usaha fotocopy


1. Pembeliaan bisa diangsur, sehingga mengurangi modal awal usaha.
2. Ada garansi service, jadi anda tidak lagi kuatir jika mesin mengalami kendala.

Kelemahan kredit mesin fotocopy untuk usaha

 Ada syarat yang mesti dipenuhi jika ingin mengkredit mesin, syarat ini yang terkadang membuat kita agak kesulitan untuk mendapatkan mesin, jika syarat yang ada dapat anda penuhi semua akan mudah.

Peluang usaha fotocopy dan Alat tulis

Cari mesin sudah, dan usaha siap diresmikan namun masih ada keraguan tentang peluang usaha fotocopy? yang pasti setiap usaha ada jalannya jika kita mau melangkah, soal rejeki sudah ada yang atur yang penting anda tidak membuka usaha fotocopy dihutan, pasti ada yang datang membutuhkan jasa anda.

Usaha fotocopy pasti dibarengi dengan jual Alat tulis, jadi tidak hanya satu jenis usaha copy mengcopy saja, namun ada variasi usaha yang membuat mereka tetap survive.

sebagai contoh dari wawancara saya dengan salah satu pemilik usaha fotocopy, awalnya dia membuka usaha dengan modal 20 juta dengan satu mesin saja, dalam dua tahun ternyata modal itu sudah bisa kembali padahal dia sewa ruko, lantas bagaimana jika anda memiliki ruko sendiri, bukankah usaha ini cukup mendatangkan profit.

Padahal kalo anda berfikir dasarnya saja, berapa sih harga fotocopy satu lembar saja? kok mereka masih untung ya dan mampu bertahan, karena tadi, usaha fotocopy memiliki usaha lain yang mengikutinya dan fotocopy hanya salah satunya, pundi-pundi uang datang dari banyak usaha yang menngikuti usaha fotocopy.

Baca juga : Menentukan harga fotocopy per lembar

Kesimpulan

dari pembahasan tentang cara mendapatkan mesin fotocopy untuk usaha mungkin saran saya pribadi

1. Jika modal anda banyak beli mesin fotocopy baru satu biji dan Kredit satu biji.
mesin kredit kita gunakan sebagai pancingan ketika mesin itu rusak kita bisa sekaligus belajar untuk mengatasi kerusakan, karena teknisinya siap datang. jadi bisa kita terapkan pada mesin yang baru.

2. Jika modal pas pasan anda bisa kredit atau sewa sesuai dengan apa yang saya utarakan diatas dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Beli mesin yang paling banyak beredar atau mesin sejuta umat
dengan mesin yang familiar akan mudah mendapatkan sparepart atau mencari teknisi.

4. Soal peluang usaha fotocopy, yakinlah kalau usaha ini profit dengan beberapa faktor yang mendukungnya

demikian kiranya apa yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini, terima kasih sudah menyimak dan sampai jumpa lagi.

This Is The Newest Post

berkomentar lah sesuai topik posting
Komentar tanpa nama tidak akan saya tanggapi
terima kasih
EmoticonEmoticon