Btc roulette Mengatasi fotocopy bolak balik ngejam terus menerus ir 5000 - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Mengatasi fotocopy bolak balik ngejam terus menerus ir 5000

Fotocopy bolak balik - salam jumpa kembali dengan pesancopy. Kali ini saya ingin sedikit mengupas serta menganalisa penyebab fotocopy bolak balik ngejam terus menerus di unit 2.

Kronologi

Kasus ini terinspirasi dari rekan yang berada di Tuban jawa timur. Beberapa minggu yang lalu mengeluhkan fotocopy yang tidak bekerja. Secara garis besar kronologinya seperti ini.

ngejam diatas roller reversal
nge jam diantara unit 1 dan 2


Mesin fotocopy kondisi normal dan sehat untuk kegiatan copy mengcopy,  namun hanya normal jika digunakan fotocopy satu sisi alias tanpa bolak balik.

Nah masalah muncul ketika hendak melakukan fotocopy bolak balik atau dua sisi, kertas terus menerus macet di area roller reversal, yaitu roller yang ada di unit duplex, tepatnya roller yang paling besar.

Beberapa penyebab fotocopy bolak balik ngejam


1. Sensor kertas PS46.

Sensor ini bersama dengan solenoid berada diatara jalur kertas dari unit 1 menuju ke unit 2.. sensor akan membaca fitur 2 sided lantas akan membuka ketika kertas akan berjalan menuju unit 2.

ngejam terus menerus
Sensor PS46

Ada kemungkinan sensor atau solenoid ini rusak, sehingga tidak membaca fitur 2 sided sehingga solenoid akan tetap menutup membuat kertas tidak mampu melanjutkan flownya menuju unit 2.

2. Motor reversal

Motor ini seharusnya bekerja ketika kertas mulai turun, roller akan berputar melanjutkan alur kertas agar masuk ke unit 2.

Ketika motor ini mati secara otomatis kertas akan terhenti diatas roller ini. Akibatnya sensor jam paper akan keluar.

3. Dc control rusak

Semua arus yang masuk ke motor pada unit 2 diatur oleh dc control. Ketika dc kontrol pengatur arus ke unit 2 rusak maka semua motor tidak bisa berfungsi.

Cara mengecheck dc control adalah dengan menukar unit 2 atau duplex dengan menggunakan duplex mesin yang berfungsi. Ketika dipasang di mesin yang rusak tadi ternyata duplex tetep tidak berfungsi berarti arus putus.

Langkah perbaikan ngejam terus menerus di unit 2


Dari contoh kasus diatas langkah perbaikan yang telah dilakukan adalah

A. Mengganti sensor dan solenoid PS46
Langkah perbaikan pertama mesti diurut dari atas, yaitu mengecheck dan mengganti solenoid pada unit 1.

Hasil dari penggantian part diatas ternyata tetap sama tidak membuahkan hasil. Maka kita lanjutkan pada item kedua

B. Mengganti motor reversal
Siapa tau motor reversalnya yang mati,  maka daripada penasaran langsung dicabut dan coba ditukar dengan unit lain kalo ada. Ternyata mengganti motor inipun tetap bukan solusi untuk kasus fotocopy bolak balik jam terus menerus.

C. Menukar unit 2
Karena sudah lelah dengan experimen yang tidak membuahkan hasil, maka ia tukar saja satu set unit nomer 2 atau duplex dengan unit lain,

Berharap ini adalah solusi terakhir dari jam terus menerus ini,  namun apa daya hal ini juga tetap sama saja. Namun  dari mengganti unit 2 yang tidak memberi effect perbaikan disini saya yakin kalo DC Control mesin sudah rusak.
Baca Juga :

 Fungsi Duplex dan komponennya

Mengatasi Fotocopy bercak Toner pada Canon IR 5000

Fungsi dan cara membuka Laser Unit IR 5000-IR 6000

Solusi kertas macet diatas roller reversal

Dari pada berlama lama langsung saja menukar DC Control unit yang bagus. Dan benar saja ketika DC Control diganti dengan yang bagus, mesin yang tadinya untuk fotocopy bolak balik selalu macet kini lancar.

Semua hal diatas dan semua experimen yang ia lakukan semata mata untuk meyakinkan agar tepat untuk membeli sparepart yang benar benar sesuai dengan kerusakan ini. Karena jika salah beli sparepart hanya akan menambah biaya pengeluaran.

Dari kasus fotocopy bolak balik yang macet di atas roller reversal ini dapat saya tarik kesimpulan kalau kerusakan diakibatkan DC Control yang tidak bisa mensuplaì arus ke duplex.

Sekiranya saya cukupkan sekian posting kali ini tentang mengatasi fotocopy bolak balik yang ngejam terus menerus di unit 2, terima kasih sudah mampir dan salam sukses

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Mengatasi fotocopy bolak balik ngejam terus menerus ir 5000"

  1. Permisi Kang Mau Tanya ... Kalau ngejam saat di ps52 itu maksudnya dibelah mananya ya ... ??? Ditunggu jawabannya Kang .. ???

    BalasHapus
  2. Punten kang...di kasus saya utk kertas A4 yg paper jam di roller reversal kalopun berhasil hanya maksimal 2 kertas saja...tapi kalo utk F4 lancar jaya tidak ada masalah.
    Mohon pencerahan kerusakannya ada dimana? Tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang awalnya seperti apa pak, kalo A4 macet dan F4 lancar, hanya pengatur sensor kertas yang bisa jadi masalah, soalnya saya juga belum mengalami yang begini

      Hapus
  3. Hasil foto copy miring margin tdk masalah punten kang pencerahan nya terima kasih

    BalasHapus
  4. Mesin saya ir 5000
    Duplex nya sama sekali tidak bergerak..
    Padahal. Udah diganti duplek yg bagus masih juga gx jalan.. Dc nya udah coba dituker sama punya temen yg bagus.. Ttp juga gx jalan..
    Trus socket yg nempel. Di body juga udah 2x ganti ttp juga gx gerak..
    Mekanik udah 4 orang yg benerin masih juga gx bisa.. Kira2 apa ya gan..?

    BalasHapus
  5. Agan bisa tolong saya mau tanya, teknisi saya meninggal kena covid,kalo ftpcy di colatte selalu ngejam itu apanya ya gan.. Suami saya pusing ndak bisa betulin..tolong bantuannya.. Bisa balas saya by chat WA 085231361361 makasih gan..

    BalasHapus
  6. Agan bisa tolong saya mau tanya, teknisi saya meninggal kena covid,kalo ftpcy di colatte selalu ngejam itu apanya ya gan.. Suami saya pusing ndak bisa betulin..tolong bantuannya.. Bisa balas saya by chat WA 085231361361 makasih gan..

    BalasHapus
  7. Agan bisa tolong saya mau tanya, teknisi saya meninggal kena covid,kalo ftpcy di colatte selalu ngejam itu apanya ya gan.. Suami saya pusing ndak bisa betulin..tolong bantuannya.. Bisa balas saya by chat WA 085231361361 makasih gan..

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan