Fungsi dan Cara membuka Laser Unit Canon IR 5000/6000

Laser Unit - atau juga disebut Scanner unit, membicarakan laser unit ini menarik buat saya sendiri, karena begitu banyak error yang terjadi pada sebuah mesin fotocopy dan kesemuanya paling sering menyebut kalau kerusakan diakibatkan oleh Laser unit ini, sebenarnya seperti apa fungsi dari laser unit atau scaaner unit ini sehingga paling banyak disebut.

scanner unit
laser Unit


Saat dokumen original yang kita tempatkan di atas plat kaca maka lampu scanner akan menyinari dokumen tersebut, oleh mirror-mirror cahaya tersebut dipantulkan serta diarahkan dengan tepat kearah lensa CCD, didalam CCD unit terjadi proses untuk merubah cahaya yang masuk yang berisi salinan dokumen original tadi menjadi sinyal BINER (10101010) proses binerisasi ini yang sering disebut sebagai mesin fotocopy digital.
Baca Juga : Perbedaan diantara mesin fotocopy Digital dan Analog

dari CCD unit angka-digital akan dikirimkan ke laser unit, didalam laser unit angka angka digital akan dipantulkan keatas permukaan drum, angka 1 mewakili daerah gelap dan angka 0 mewakili daerah putih, atau sebaliknya, sehingga terbentuk duplikat dokumen diatas permukaan drum.

Secara pribadi saya mengartikan fungsi dari Laser unit adalah untuk menangkap dan meneruskan sinyal digital dari laser scanner ke permukaan drum.

sehingga tidak salah jika hasil fotocopy terdapat ketidak cocokan dengan aslinya, bahwa laser unit juga mengalami masalah, namun saran saya menyalahkan laser unit merupakan pilihan terakhir ketika semua jenis usaha telah dilakukan.

Kerusakan pada Laser unit


terkadang kerusakan yang diakibatkan oleh Laser unit bisa didahului oleh timbulnya error namun tidak jarang tidak ada pemberitahuan error di layar monitor, contoh beberapa error yang sering menyebut scanner unit sebagai penyebabnya

1. E0100

Hal ini diindikasikan jika sinyal BD tidak terdeteksi dalam jangka waktu tertentu
saat setelah laser telah diaktifkan.
Baca Juga : Cara mengatasi Error E0100.

BD sinyal merupakan bagian yang ada di laser unit, terdapat PCB BD sinyal dibagian samping laser unit. sering kali e100 diartikan jika laser unit mengalami kegagalan system.

2. E061

Laser shutter rusak. Unit laser rusak. Potensial pengukuran PCB rusak. DC kontroler PCB rusak.

Didalam error e061 juga menyebut jika bagian dari laser unit rusak,

mungkin hanya 2 contoh dari error tentang scanner unit yang bisa saya sajikan karena dari kesekian banyak error berkenaan dengan laser unit, kedua kode error tersebut sering sekali saya jumpai.
Baca Juga : Mengatasi Error E061

namun terkadang ada ciri yang timbul akibat kerusakan laser unit yang sampai hari ini saya sering bergulat dengan nya, yaitu hasil bergaris hitam dan posisinya berpindah pindah, beberapa rekan menyarankan kalau perlu diganti unit lasernya, sampai hari ini belum saya ganti mengingat harga laser unit mahal sekali.

Cara Melepas Laser Unit


segala sesuatu yang dikerjakan tanpa dasar pemahaman yang kuat hanya akan menimbulkan pekerjaan yang sia-sia, seperti apa yang saya lakukan, melepas laser unit amat sangat mudah, hanya butuh 15 menit selsai, namun yang namanya tidak paham, justru berkutat dengan melepas banyak item yang tidak berguna.

agar anda tidak menjadi seperti saya, berikut ini akan saya uraikan cara melepas laser unit untuk type mesin IR 5000 dan  IR 6000

1. Lepas Hopper dan toner dish

hopper dan dish hopper
melepas hopper dan dish hopper


2. Buka pintu samping dan lepas develope

3. Lepas cover scanner unit

scanner unit mesin fotocopy
Melepas cover laser unit



4. Lepaskan soket dan baut pengikat 2 buah,kemudian tarik keluar scanner unit

melepas scanner unit
Melepas scanner unit
5. Selesai

Gampang dan mudah bukan, demikian rekan sedikit uraian tentang scanner unit, saya memahami masih banyak penjabaran yang masih belum tepat, akan sangat berterima kasih bila rekan bisa menyempurnakan argument saya tentang Fungsi dan cara membuka laser unit ini, terima kasih


Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

0 Response to "Fungsi dan Cara membuka Laser Unit Canon IR 5000/6000"

Posting Komentar

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif