Btc roulette Cleaning web tidak berputar pada canon IR 6000-IR 5000, Begini cara mengatasinya - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Cleaning web tidak berputar pada canon IR 6000-IR 5000, Begini cara mengatasinya

Cleaning web - Salam jumpa kembali dengan pesancopy, kali ini saya ingin berbagi pengalaman cara mengatasi cleaning web yang tidak berputar, dimana masalah ini cukup lama saya ketahui namun belum jelas sebabnya.

cleaning web
Cleaning web ir 6000 tidak berputar

Fungsi Clening web pada mesin fotocopy

cleaning web seperti radiator bagi mesin kendaraan, ya fungsinya sebagai pengontrol panas, kenapa panas ini perlu dikontrol, hampir sama pula dengan sistem kerja mesin, dimana jika panas berlebihan maka mesin akan Overheat, begitu halnya dengan mesin fotocopy, panas mesin fotocopy berfungsi sebagai pemanas untuk toner agar melekat pada kertas, namun jika panasnya berlebihan tanpa pendinginan, maka mesin pun akan overheat, lebih jelas tentang cleaning web pernah saya posting di artikel berikut.

Baca Juga : Masalah pada cleaning web

Bentuk Cleaning Web

Kenapa disebut cleaning web, karena bentuknya berupa jaring tipis mirip seperti jaring laba-laba, mungkin ini kenapa part tersebut diberi nama cleaning web.

berbentuk dua bulatan yang berada di atas roller upper fixing, mengandung lapisan minyak yang berfungsi sebagai pendingin bagi roller heater, cukup dengan membuka cover anti panas yang berada di unit fixing, umumnya berwarna kuning maka part ini akan langsung kelihatan.

Cara Kerja Cleaning web

cleaning web dipasang sedemikian rupa dan tidak boleh terbalik putaran gulungan, jika terbalik maka tidak akan berfungsi, Cleaning web diputar oleh unit gear diatas motor fixing, bersama dengan satu buah solenoid yang berfungsi untuk menggerakkan gear tersebut.

Putaran dari cleaning web ini sangat lamban, karena berfungsi untuk memaksimalkan funsi pendingin komponen web tersebut, selain itu supaya web tidak cepat habis, namun bagaimana jika cleaning web ini tidak bisa berputar?

Ciri Cleaning web tidak berputar

persis seperti yang saya alami, cara mudah untuk mengetahui jikalau cleaning web ini tidak bekerja adalah dengan melihat secara fisik keadaannya, beberapa ciri yang saya temui ketika cleaning web ini tidak berputar

1. Cleaning Web sobek terbakar.
cleaning web seharusnya berputar ketika daya lumas pada lapisan web telah kering, web seharusnya berputar agar bagian yang sudah kering tadi dapat tergantikan dengan lapisan berikutnya.

Namun tidak dengan mesin saya ini, ketika membuka cover anti panas pada fixing unit, saya melihat cleaning web sobek dan terhenti pada satu titik saja, terlihat bekas terbakar dan bolong,

inilah salah satu ciri web yang tidak berputar, lapisan web yang sudah kering, karena tidak berputar lama kelamaan akan terbakar oleh panasnya roller heater.

Hanya satu ciri yang umum saya jumpai ketika cleaning web tidak berputar.

Baca juga : Bagian-bagian fixing unit IR 5000 beserta fungsinya

Cara Mengatasi Cleaning Web yang tidak berputar.

dari masalah yang saya uraikan diatas, kini saatnya untuk mencari penyebab apa sehingga cleaning web ini tidak mau berputar.

Clening web diputarkan oleh gear unit dan solenoid, pengalaman dilapangan yang pertama saya lakukan hingga akhirnya menemukan jawaban masalah ini adalah

1. Memutar manual gear unit


gear unit web cleaning
Memutar manual gear web cleaning

ada sebuah tuas yang terkoneksi dengan solenoid, ketika saya tonjok-tonjok tuas tersebut seperti solenoid menonjok tuas ini, saya melihat web tidak bergerak, baru jika ditonjok sedikit cepat baru cleaning web mau berputar, namun daya tonjok solenoid sangat lemah, jadi jika kita menonjok tuas dengan tenaga tinggi maka itu bukan jawaban, berarti ada masalah dengan Gear unit tadi,

Memang benar ternyata gear pada tuas penonjok tersebut pecah, inilah yang menjadi penyebab dari masalah saya yaitu Cleaning web yang tidak berputar, ternyata dikarenakan gear unit pada tuas penonjok pecah.

2. Solenoid rusak
untuk mengetahui bahwa solenoid yang rusak maka diperlukan testing terlebih dahulu dengan cara mengganti gear terlebih dahulu, jika gear sudah baru namun cleaning masih saja tidak mau berputar maka patut dicurigai jika solenoid telah rusak.

Solenoid bekerja untuk memutar gear web dengan daya yang rendah, sehingga sangat lambat sekali Cleaning web ini berputar.

Baca Juga : Mengatasi hasil fotocopy bercak toner pada canon IR 5000- IR 6000

Harga Gear unit cleaning web


gear cleaning web
Gear dan solenoid untuk cleaning web

dari masalah cleaning web yang tidak berputar pada canon ir 6000 milik saya ini sudah terpecahkan dengan mengganti gear unit tadi, namun berapa sih harga gear dan solenoid tadi.?


untuk harga gear dan solenoid masing masing Rp.250.000 plus ongkos pasang,

Demikian kiranya yang bisa share pada kesempatan kali ini tentang Mengatasi Cleaning web yang tidak berputar pada canon IR 6000- IR 5000, semoga bisa membantu memecahkan masalah rekan-rekan semua, terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cleaning web tidak berputar pada canon IR 6000-IR 5000, Begini cara mengatasinya"

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan