PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Mengatasi Hasil Fotocopy Bercak toner Canon IR 5000 - IR 6000

Fotocopy Bercak Toner - Salam jumpa kembali dengan Pesancopy disini, seperti akhir- akhir ini saya sedikit jarang update artikel tentang perbaikan, nah kali ini saya akan membagi kisah tentang memperbaiki hasil fotocopy yang kotor oleh limbah toner.

posting ini saya ambil dari pengalaman pribadi dalam mmeperbaki hasil fotocopy yang terdapat ceceran toner yang menempel pada kertas hasil fotocopy, bercak toner ini banyak sekali berada di lembar kertas yang tercopy, sangat mengganggu sekali, hampir kertas tidak bisa digunakan karena gangguan bercak toner ini.

bercak toner
Ilustrasi kertas bercak toner



masalah ini tidak sesegera saya temukan penyebabnya, hampir 3 bulan lamanya melakukan test tentang penyebab masalah ini, karena saya tidak mau buru-buru dalam melakukan pergantian sparepart karena belum pasti item mana yang menyebabkan bercak toner ini.

pada artikel terdahulu saya pernah menulis tentang mengatasi hasil bercak toner pada mesin kecil, bila belum membacanya baiknya simak dulu disini;

Baca Juga ; Mengatasi Hasil fotocopy bercak toner pada canon ir 3300
Beda type mesin beda pula cara menanganinya, maka saya angkat topik ini pada artikel saya kali ini yaitu mengatasi hasil fotocopy bercak toner pada mesin canon ir 5000.

Analisa Kerusakan


berdasar pada hasil fotocopy yang dihasilkan tadi, maka saya yakin jika kotoran ini berasal dari limbah toner yang jatuh dari drum, benar saja ketika saya membuka unit drum, ternyata banyak sekali toner yang mengendap di area Feedscrew, Feedscrew merupakan part yang bertugas untuk menarik limbah toner hasil proses cetak agar mengalir ke waste toner.

Namun pada kasus ini limbah toner tidak bisa mengalir ke waste tank, sehingga limbah toner lama kelamaan memenuhi area dibawah wiper blade, ketika limbah sudah penuh maka tidak ada jalan lain kecuali limbah toner tersebut tumpah kemana-mana, salah satunya tumpah pada area kertas yang sedang melakukan proses fotocopy.

Langkah Perbaikan


Alur limbah toner canon IR 5000-IR 6000


1. Pada awal perbaikan saya mengabaikan untuk memeriksa bagian belakang dari alur limbah toner, karena pekerjaan tersebut sangat berat karena mesti membuka semua unit dibagian belakang, untuk mengatasi hasil fotocopy bercak toner pada awal perbaikan ini, saya hanya membersihkan area di bagian bawah wiper blade dan juga menganti wiper blade.

Baca juga : Cara Mengganti Wiper Blade

Hasil test sesaat setelah repair sangat bagus dan normal, saya anggap masalah ini selesai karena bisa jadi toner yang menggumpal tadi di area feedscrew menghalangi alur limbah toner menuju waste tank,

2. Langkah perbaikan kedua, selang 3 bulan dari perbaikan awal, muncul kembali masalah serupa, yaitu hasil fotocopy bercak toner terulang lagi, awal perbaikan berat mulai membayangi bahwa saya mesti membongkar area belakang, mau tidak mau mesti dicheck agar tidak penasaran, namun langkah terhenti ketika tidak disengaja saya mencoba mempelajari langkah kerja Gear pemutar Feedscrew, karena ketika diputar-putar gear feedscrew ternyata ulir tidak berputar.

perlu diingat ulir feedscrew harus terus berputar seirama dengan perputaran drum, karena ulir ini harus terus menarik limbah toner dari drum agar lancar mengalir ke waste tank, jika ulir tidak berputar maka limbah toner akan mengendap seperti pada kasus diawal.

fotocopy bercak toner
Unit Gear feedscrew


Benar saja, salah satu gear feedscrew ternyata rontok giginya, tepatnya gear no.1 dan no.2, gear ini yang akan memutarkan ulir feedscrew, pantas saja hasil fotocopy selalu bertabur dengan bercak toner, karena limbah toner tidak mengalir, dikarenakan gear pemutarnya tidak berfungsi.

Langsung saja ganti gear feedscrew agar aliran limbah toner kembali lancar.

Posisi Gear feedscew


Posisi unit gear ini ada didepan dari unit drum, tanpa harus menarik keluar unit drum maka penyebab bercak toner pada hasil fotocopy ini akan langsung terlihat, cari saja gear yang mirip seperti gambar diatas, jika anda menemukan salah satu gearnya tidak berfungsi maka anda mesti menggantinya.

Harga Unit Gear Feedscrew


Harga gear ini tergolong murah, maka lebih baik diganti saja daripada mengorbankan hasil fotocopy yang sangat jelek, untuk harga sendiri saya beli dengan Rp. 150.000 sudah termasuk pasang, murah bukan...

Kesimpulan

Untuk mengatasi hasil fotocopy bercak toner seperti posting ini, tidak akan selalu sama penyebabnya, anda mungkin menemukan penyebab yang hampir sama dengan apa yang saya utarakan diatas, namun pasti dilapangan akan anda temui penyebab lain selain dari yang saya tulis, bisa saja karena ;

Baca juga : Mempelajari Alur pembuangan limbah toner

1. Ulir Spiral yang menuju waste tank patah
2. Saluran limbah terhalang benda asing, seeprti toner yang menjadi batu

nah maka anda perlu ketelitian untuk secara urut mencari penyebab lainnya,

sepertinya sampai disini dulu posting tentang Cara mengatasi hasil fotocopy bercak toner, semoga membantu bagi anda yang sedang mengalami masalah serupa dengan yang saya alami kali ini. terima kasih

Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Mengatasi Hasil Fotocopy Bercak toner Canon IR 5000 - IR 6000"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan