Alur pembuangan toner bekas serta kerusakan yang ditimbulkannya pada canon ir 2200-ir 3300

Pembuangan toner- maksud dari pembuangan toner disini adalah toner bekas fotocopy bukan toner yang masih baru. serta dimanakah toner bekas ini mengalir serta dimana tempat pembuangannya.

Oke, setelah anda paham maksud dari judul saya diatas semoga tidak menimbulkan perbedaan tafsir.

Setiap mesin pasti menimbulkan limbah. seperti motor menimbulkan asap sebagai limbah dari proses kerjanya, begitu pula dengan mesin fortocopy, limbah yang dihasilkan berupa sisa toner bekas.

Warna maupun sifatnya masih sama persis dengan toner asli. namun dia sudah kehilangan kandungan besinya, jadi tidak mungkin bisa dipergunakan kembali.

Bagaimana mesin fotocopy menghasilkan limbah?


pada saat proses cetak telah kita ketahui bersama bahwa bubuk toner terlebih dahulu menempel pada permukaan drum sesuai dengan bentuk asli dokumen.

Kemudian akan mencetak diatas kertas yang melewatinya. saat proses cetak ini ternyata tidak semua toner dapat menempel pada kertas, ternyata masih ada toner yang tidak menempel yang langsung jatuh serta ada yang masih menempel pada permukaan drum. toner ini akan tersapu bersih oleh wiper blade, toner yang tersapu oleh wiper inilah yang akan menjadi limbah dari mesin fotocopy.

Bagaimana alur pembuangan toner bekas ini?


Alur toner bekas menuju waste toner tank


1. Toner bekas yang disapu oleh wiper blade jatuh tepat berada dibawah drum. pada lokasi itu terdapat feedscrew yang selalu berputar seiring dengan putaran drum, karena diujung feedscrew terdapat gear yang juga diputar oleh motor utama (M1). putaran tersebut guna menarik toner menuju pipa, jika saja putaran feedscrew terhenti maka toner akan menumpuk pada ruang feedscrew yang bisa berakibat toner tumpah ke area kertas yang sedang di cetak oleh drum.

2. Waste toner akan menampung tinta-tinta bekas yang telah ditarik masuk ke pipa pembuangan. pipa tersebut terhubung dari ruang feedscrew menuju langsung ke waste tank dengan memanfaatkan gaya grafitasi,

Banyak sedikitnya limbah toner bekas ini sangat tergantung oleh kualitas dari toner itu sendiri, semakin bagus kualitas toner maka semakin sedikit limbah yang dihasilkannya begitu juga sebaliknya. Waste toner sensor akan mengirimkan sinyal jika titik maksimal daya tampung sudah melampaui batas.

Baca juga : Cara mengatasi Error E019

Dimana letak waste toner pada canon IR 3300 series?


Posisi waste toner tank canon ir 2200-ir 3300

Waste toner tank terdapat disebelah kanan, tepat berada disamping unit fixing, hanya ada satu baut yang mengunci cover serta kuncian cover saja, jadi sangat mudah untuk melepasnya,

ketika anda membuang toner bekas, bersihkan leher dari tanki tersebut sampai bersih bener dan jangan lupa pula untuk membersihkan sensornya juga, karena sensor yang tertutup oleh toner akan menyebabkan error , letaknya tidak terlihat, namun bisa dirasakan jika anda mencoba untuk merabanya agak kedalam, seperti tonjolan lampu disisi kanan dan kiri.

Baca Juga : Mengatasi Error E020 canon IR

Beberapa kerusakan yang ditimbulkan akibat sistem pembuangan toner

Proses pembuangan toner juga bisa memicu timbulkan error dan hasil fotocopy yang jelek, apa saja kerusakan yang ditimbulkan akibat proses ini:

1. Muncul Error E019
anda bisa membacanya pada postingan saya yang lain

2. Muncul Error E020
Saya pun sudah menjabarkannya pada postingan yang lain

3. Hasil fotocopy kotor bercak toner
kerusakan seperti ini tidak menimbulkan error pada layar, namun mengakibatkan hasil fotocopy kotor sekali akibat ceceran toner bekas yang jatuh, akibat pembuangan toner bekas yang tidak lancar, anda bisa membaca lebih lanjut pada postingan yang dibawah ini

Baca juga : hasil fotocopy kotor bercak toner, temukan jawabannya disini

Warning !!: Limbah toner bekas ini tergolong sampah B3 jadi buanglah ia ditempat yang sesuai

Demikian kiranya yang bisa saya tulis dan saya informasikan tentang alur pembuangan toner bekas semoga menambah wawasan anda, terima kasih.

Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

1 Response to "Alur pembuangan toner bekas serta kerusakan yang ditimbulkannya pada canon ir 2200-ir 3300"

  1. Bagus bos untuk blognya rapih cuma dikit tidak ada iklan d tengah

    ReplyDelete

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan