Hasil Fotocopy kotor bercak toner, disini solusinya

Hasil Fotocopy kotor bercak toner - Hasil Fotocopy kotor mungkin sudah sering saya alami, beberapa penyebab hasil fotocopy kotor yang paling umum karena usia Drum yang sudah lama sehingga muncul baret baret pada drum dan hasil fotocopy menjadi jelek, bisa juga karena plat kaca yang kotor sehingga kotoran ikut ke scan dan tercetak dalam hasil copy.

Baca Juga : Fotocopy buku dengan mudah

Namun kotor ini berbeda dari kotor kotor yang biasa karena kotor ini karena toner ikut turun ke kertas sehingga kertas penuh bintik bintik.masalah ini saya jumpai pada mesin canon IR3300. Beberapa perbaikan yang sudah saya lakukan namun hasilnya nihil

1. Menganti Drum
Saat hasil copy kotor ini sudah pasti saya langsung menuju pada drum, memang kondisi drum amat kotor oleh sisa toner .coba untuk dibersihkan namun selang 3 hari hasil kotor ini muncul lagi.

2. Mengganti Blade
Saat item drum saya ganti memang terlihat kondisinya kotor oleh toner sisa, saya mencoba untuk mengganti blade siapa tau si blade ini tidak mampu untuk membersihkan sisa toner yang menempel pada drum sehingga toner bekas ikut berceceran di kertas. namun blade ini juga cuma mapu bertahan 3 hari, hasil fotocopy kembali ke asal, kotor, penuh bercak toner

3. Membuang Bekas toner di unit drum
Saya mencoba untuk membuang sisa toner yang ada di unit drum,siapa tau dia mengeras sehingga tak mampu menampung sisa toner dari hasil pembersihan blade sehingga berjatuhan di kertas.toner memang banyak namun tidak mengeras, hal ini pun tak mampu bertahan lama

Hasil fotocopy kotor karena feed srew tidak berputar
Penyebab Kertas kotor penuh toner
Setelah beberapa item diganti namun hasilnya tetap sama saja, terakhir waktu membuang sisa toner yang ada di drum unit, terlihat toner begitu banyak menumpuk sampai drum tidak mampu berputar, serta banyak sekali bercecran bekas toner dibawah drum sampai ke bagian bagian lain, setelah saya selidiki ternyata toner yang berada di unit drum tidak didistribusikan ke waste toner, karena gearnya tidak berputar sehingga waste toner feedsrew tidak berputar sehingga toner mengendap hanya di unit drum. lama kelamaan toner bekas akan memenuhi unit drum dan akhirnya tumpah ke kertas yang lewat dibawahnya.

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Kotor bercak toner
Setelah menemukan penyebab dari toner yang menempel di kertas karena waste toner feedsrew yang tidak mau berputar maka langsung saja kita harus membuka gear yang memutarnya, gear ini menjadi satu dengan gear drum yang berada di motor M1. untuk membuka amat sangat susah karena harus dicopot semua, maka saya sarankan bilamana anda mengalami masalah ini lebih baik panggil teknisi saja.


Baca Juga : Hasil fotocopy kurang hitam


Demikian saja info dan pengalaman saya menangani hasil fotocopy yang kotor karena bercak toner semoga bermanfaat dan membantu anda semua.

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

1 Response to "Hasil Fotocopy kotor bercak toner, disini solusinya"

  1. Untuk Brother MFC-8910 DW bagaimana pak? Soalnya Drum dan roler sudah saya bersihkan, tetapi toner masih berceceran di sekitar drum.

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif