Cara test motor fixing bekerja atau tidak di IR 3300

Cara kerja motor fixing mesin fotocopy – Motor fixing berarti motor yang memutarkan unit fixing atau lazim kita kenal sebagai unit pemanas, motor ini bertugas untuk memutarkan fixing namun tidak secara langsung, ada gear perantara yang berada diantara kedua komponen tersebut, motor ini bisa kita lihat secara langsung apakah bekerja atau tidak, seperti yang akan saya paparkan dibawah ini berbekal pada pengalaman yang saya lalui.

Singkat cerita postingan ini sebagai kelanjutan atas Error e0007 terus menerus yang telah saya posting terlebih dahulu, dimana penyebab dari masalah itu adalah karena gear yang berada di antara motor fixing dan fixing unit ternyata gompal, namun untuk sampai kepada kesimpulan bahwa ternyata motor fixing tidak bekerja, melalui beberapa uji coba yang mungkin bisa anda tiru, jadi mari simak baik-baik pengalaman saya ini,hehehe

Saya anggap ada sudah membaca artikel tentang e0007, jadi setelah semua komponen fixing saya ganti dan ternyata e0007 masih saja muncul, saya mulai mengarahkan kecurigaan kepada motor fixing, karena e0007 seharusnya hilang jika semua komponen bahkan satu unit fixing saya ganti, namun saya masih ragu karena jika motor fixing mati maka mesin akan mengeluarkan error E014, namun yang ini tidak ada pesan error sama sekali, maka saya langsung mencoba untuk melihat apakah gear fixing berputar atau tidak, karena ketika mesin dalam tahap pemanasan, motor fixing seharusnya berputar.

Berbekal kepada sistem kerja mesin fotocopy, saja putuskan untuk melihat kinerja motor fixing dengan cara berikut ini.

Cara melihat kinerja motor fixing


1. Buka saja tutup cover samping kiri, atau cover fixing, lepaskan seperti gambar, tapi posisikan mesin dalam keadaan off.



Check motor fixing bekerja atau tidak


2. Hidupkan mesin, saat mesin melakukan warming up maka secara normal motor fixing akan berputar dan fixing unit pun akan berputar, anda bisa melihat gear fixing dengan menggunakan senter.

3.Ternyata fixing memang tidak berputar, jika anda masih ragu, silahkan coba cara diatas kepada mesin yang normal, secara normal saya pastikan fixing unit akan berputar.

Itu adalah cara singkat dan paling jitu yang sering saya gunakan untuk melihat apakah putaran motor fixing sampai kepada fixing unit.

Nah karena karena motor fixing tidak mampu memutarkan fixing unit, sedangkan jika motor fixing mati akan mengeluarkan kode error e014, untuk langkah selanjutnya silahkan anda buka unti motor fixing dan periksa bagian mana yang rusak, untuk cara membuka motor fixing pada IR 3300 anda bisa melanjutkan membaca di artikel dibawah ini.

Baca Juga : Cara mengganti Motor Fixing Assembly ir 3300
Demikian sedikit pengalaman lanpangan yang bisa saya bagi kali ini kepada rekan fotocopy semua terima kasih.



Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Cara test motor fixing bekerja atau tidak di IR 3300"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif