Senin, Januari 18

Cara Menghubungkan mesin Fotocopy dengan Komputer


Mesin fotocopy sebagai printer - Mesin fotocopy era modern tidak hanya befungsi sebagai pengganda dokumen saja, meski masih mengusung nama mesin photocopy,namun sejatinya mesin juga juga bisa difungsikan sebagai mesin printer, mesin scan serta mesin fax, sehingga tak perlu lagi banyakk peralatan elektronik dikantor sobat cukup 1 mesin saja yaitu mesin pgotocopy all in one.

Cara print lewat mesin fotocopy sesuai judul artikel diatas. Untuk menggunakan fitur ini kita perlu menghubungkan mesin fotocopy ke komputer kita, nah untuk menghubungkan mesin ini ke komputer ada berbagai jalan yang dapat kita pakai,sesuai dengan fitur yang disematkan dalam mesin tersebut.biasanya jalan yang bisa kita pakai adalah melalui wireless,bluetooth,kabel LAN dan juga soket LTPI, jadi anda tinggal pillih ni tinggal peralatan apa yang anda punya dikantor.
Baca Juga : cara menscan dari mesin fotocopy canon

Dari berbagai cara yang bisa dipakai untuk menghubungkan mesin fotocopy ke komputer, disini saya akan berbagi terlebih dahulu dengan memakai kabel LAN (Local Area Connection). Dengan menghubungkan mesn menggunakan kabel LAN, kita bisa menginstall ke beberapa komputer yang ada dikantor atau diruangan kerja tanpa perlu banyak kabel yang tentunya akan bikin semrawut, hal ini dimungkinkan apabila komputer – komputer tersebut berada di Range IP Adress yang sama, Bagaimana cara menghubungkannya mari kita simak step by step nya:

Sebelumya kita siapkan dahulu perlengkapan yang dibutuhkan :

1. Router/wifi


Menghubungkan mesin fotocopy ke komputer


Yang pertama dan harus ada adalah router/wifi karena ia adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network. Artinya router ini akan menerima alamat ip adress yang ada di mesin fotocopy ( Setting manual ) untuk dihubungkan ke jaringan, sehingga komputer lain dapat mendeteksi ip adress dari mesin fotocopy tersebut.

2. Kabel LAN/UTP.


Unshielded Twisted Pair atau UTP adalah kabel sebagai media transmisi dalam jaringan Local Area Network atau LAN. Ada 2 type yang sering gunakan dalam dunia jarinagn komputer yaitu type cross dan straight, namun untuk menghubungkan mesin fotocopy dengan router wifi kita akan memakai type straight karena type ini memang digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang berbeda.

3. Software fotocopy


Untuk peralatan yang terakhir adalah software dari mesin fotocpy tersebut disesuaikan dengan operating system yang sobat pakai serta bit yang digunakan biasanya 32 bit dan 64 bit,karena sudah barang tentu software 32 bit tidak akan available bila diinstall di komputer 64 bit, sobat bisa check di menu my komputer trus klik propertise.

Baiklah setelah alat telah terkumpul saatnya kita melakukan penyetelan,penyetelan kita lakukan di kedua perangkat mesin fotocopy dan komputer, mari kita stteing untuk di mesin fotocopy terlebih dahulu

Baca Juga : Menghubungkan fotocopy Canon IR ke komputer dengan kabel USB

A. Setting disisi mesin fotocopy


Penyetelan dimesin fotocopy adalah untuk menyetting IP address, Subnet mask dan DNS kita sesuaikan dengan jaringan yang ada di ruangan kantor tersebut, sebelum melangkah ke mesin fotocopy, sobat check dulu detail jaringan yang ada di komputer yang nantinya akan kita isikan ke mesin. Caranya ikuti gambar berikut:


Settingan Network di komputer



1. Klik Open Network and sharing center ->wireless network connection->Klik Detail kemudian catat getway, DNS dan Subnet mask serta sekunder DNS (kalau ada)

2, Setelah settingan di komputer di catat saatnya kita menuju ke mesin fotocopy


Setting di are mesin fotocopy


Klik additional function -> klik System Setting -> klik Network Setting -> IP Address ,isikan gateway ,DNS yang anda catat tadi dan isikan IP address nya tapi jangan sama dengan IP Address yaang ada di komputer

3. Setelah IP Addres dan DNS serta Gateway anda masukkan seperti pada gambar diatas, saatnya kita PING IP addres dan Gateway nya, gunakanya untuk mengetahui apakah nomor IP yang Kita masukkan bisa diterima oleh Jaringan dan juga apakah Gatewaynya sudah di respon oleh Host.



Cara Ping


masukkan nomor gateway pada kolom "a" sampai keluar tulisan "Respon From the Host" seperti kolom "b" itu berarti mesin fotocopy sudah masuk ke jaringan. setelah itu masukkan Ip adress yang tadi kita masukkan diawal, masukkan di kolom "a" pada gambar 2, kemudian klik START, sampai keluar tulisan "Respons from the host" seperti kolom "b".bila muncul tulisan "not repons from host", coba ganti IP addres dan kemudian masukkan lagi sampai keluar tulisan "respon from host." masalah IP address biasanya karena nomor IP tersebut sudah dipakai oleh perangkat lain, jadi anda harus merubah IP address mesin.

B. Setting disisi Komputer


Setelah semua setting di mesin fotocopy telah selesai dan semua nomor telah Respon from host, berarti mesin anda telah masuk ke jaringan dan nomor IP address juga sudah bisa dideteksi oleh perangkat lain, maka untuk langkah terakhir yaitu INSTALL sofware di komputer yang ingin anda Install.

Klik Device and printer -> Add Printer -> Pilih add a network,wireless or bluetooth Printer ->

maka System akan mencari IP Addres dari mesin fotocopy tersebut, Pilih Have a disk dan cari lokasi dimana sofeware anda simpan, kemudian install maka selesai disini pengaturan di komputer, anda sudah bisa untuk memakai mesin photocopy sebagai printer.

Namun ada kalanya ketika semua langkah diatas sudah benar, saat di PING juga sudah Respon, namun ketika di browse dari komputer, IP adress mesin tetap tidak terdeteksi, bagaimana tu? baca aja artikel yang satu ini supaya dapat jalan keluarnya

Baca juga : Mesin fotocopy tidak terdeteksi jaringan

deikian artikel saya tentang cara print lewat mesin fotocopy, Semoga menjadi pembelajaran bagi anda yang saat ini ingin nge print via mesin fotocopy




berkomentar lah sesuai topik posting
Komentar tanpa nama tidak akan saya tanggapi
terima kasih
EmoticonEmoticon