PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Posisi kertas saat fotocopy

Berbagai macam ukuran kertas yang digunakan dalam urusan pengganda dokumen baik diperkantoran ataupun di tukang tukang fotocopy pinggir jalan, sampai para penerbit besar diantaranya A4,A4r,Legal,F4/Folio dan banyak lagi yang lainnya. Dari bebrbagai jenis kertas tersebut masing masing memiliki cara tersendiri dalam penggunaanya khususnya cara untuk mengcopy dokumen. Apa saja perbedaannya mari kita simak.

1. Kertas A4
Kertas ini memiliki ukuran 21x29,7 cm, familiar bukan dengan kertas ini, iya memang kertas ini paling banyak kita gunakan dalam kegiatan sehari hari.bila anda menggunkan kertas ini untuk mengcopy dokumen baik dari platen glass ataupun feeder baiknya anda perhatikan hal-hal berikut:

Gambar 1 : Cara menempatkan kertas A4 di plate dan feeder


a. Cara menempatkan kertas di tray/laci kertas.

Tempatkan kertas A4 di laci secara Potrait atau vertikal,serta ubah size paper yang bulat berwarna hijau ke arah A4.ini sangat penting guna menghindari hasil fotocopy/print out terpotong.

b. Posisi di platen glass maupun feeder

Bila dokumen original anda adalah A4 maka posisikan lembar kerja secara face down/lembar kerja menghadap ke kaca,serta posisi kertas juga potrait. Ini penting guna menghindari hasil fotocopy terpotong.

2. A4r,Legal
Gambar 2: Cara menempatkan kertas A4r/legal

Kertas A4r atau orang awam mungkin familiar dengan kwarto,memiliki ukuran yang hampir sama dengan kertas A4 namun berbeda perlakuan dalam penggunaannya, saya biasanya menggunakan ukuran A4r, apabila laci kertas A4 saya rusak. Perbedaan dengan kertas A4 adalah,bila tadi A4 dilaci kertas penempatannya secara potrait maka kalau di A4r diposisikan secara landscape dan juga putar knob size paper ke arah A4r, begitu juga penempatan di platen glass ataupun feeder juga secara landscape.

Sama halnya dengan penggunaan kertas Legal, sama persis jika kita memakai A4r, tinggal diputar knob size paper kearah Legal. Ingat pengaturan pada knob size paper bisa menyebabkan hasil fotocopy menjadi terpotong.

3. F4 atau Folio


Kertas F4 ini sering digunakan untuk print out dokumen-dokumen perusahaan dan juga paling sering digunakan untuk print out laporan pajak. Saat pertama kali mendengar nama dari kertas ini yaitu folio pikiran saya tertuju pada kertas yang biasa digunakan untuk menulis surat lamaran kerja, namun ternyata beda.

Jenis kertas ini memang membutuhkan settingan sendiri baik dari sisi mesin fotocopy maupun sisi komputer,kalau tidak kita setting maka hasil print out ataupun fotocopy akan terpotong, seperti konsumen saya yang bingung kenapa print out laporan pajak selalu terpotong dibagian bawahnya , padahal dilaci sudah ditaruh kertas F4.ternyata masalahnya ada di pengaturan ukuran kertas. maka dari itu kita perlu mengatur kertas yang ada dilaci/tray, caranya coba anda cari huruf “U2” yang ada di knob paper size, putarlah ke arah tersebut, bilamana di knob paper size tidak terdapat tulisan “U2”, kemungkinan laci kertas sobat sudah ditukar, tapi jangan kuatir, tetap masih bisa kok, coba sobat putar-putar ke arah semua huruf yang awalnya “U” sambil dilihat di layar monitor kertas apa yang terbaca, coba satu persatu sampai dilayar monitor terbaca kertas ukuran “U2”.bila sudakh terbaca “U2” maka sobat sudah bisa menggunkan jenis kertas ini.

Demikian info dari saya seputar penggunaan ukuran kertas untuk fotocopy, semoga membatu dan selalu check update terbaru saya.

Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

6 Responses to "Posisi kertas saat fotocopy"

  1. Malam gan...lampu adf berkedip ir 6000...mohon pencerahhannya...trimakasih.

    ReplyDelete
  2. Malam gan...lampu adf berkedip ir 6000...mohon pencerahhannya...trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkedip yang seperti apakah? jika berkedip terus menerus, bisa di cek area sensor kertasnya, urut sampau pcb adf, periksa satu satu dengan cermat

      Delete
  3. Gan,gmn cara mengganti letak kertas dari stack by pass k"posisi kertas yg ad dilaci?

    ReplyDelete
  4. Gan,gmn cara mengganti letak kertas dari stack by pass k"posisi kertas yg ad dilaci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal di taruh saja, seperti posisi kertas di laci, karena bypass tidak perlu settingan lagi

      Delete

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan