PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Cara menggunakan mesin fotocopy :Memahami fungsi dasar

Cara menggunakan mesin fotocopy - Bagi pemula rasanya terlihat sulit untuk langsung mengoperasikan mesin fotocopy dengan baik dan benar, berbagai komponen yang berfungsi untuk menjalakan mesin fotocopy terasa begitu rumit.

untuk memulai cara menggunakan mesin fotocopy, kita harus mulai dengan mengenal berbagai komponen fungsi yang menjalankan mesin fotocopy agar perintah yang kita inginkan dapat diterjemahkan oleh mesin.

mesin fotocopy juga tidak akan bisa mengeluarkan hasil yang sesuai jika perintah yang kita kirimkan melalui tombol tombol yang ada di mesin tidak secara benar kita input, pada artikel cara menggunakan mesin fotocopy ini kita akan mempelajari terlebih dahulu fungsi dasar yanga da di mesin fotocopy.

Memahami beberapa komponen dasar fotocopy dan fungsinya

beberapa komponen dasar dan fungsi dasar dari komponen yang digunakan untuk menggunakan mesin fotocopy seperti beberapa hal dibawah ini

1. Memahami fungsi dasar tombol

tombol pada mesin fotocopy menjadi interaksi awal untuk menggunakan mesin fotocopy, terdapat beberapa tombol berikut dengan fungsinya yang perlu untuk anda ketahui,

menggunakan mesin fotocopy
fungsi dasar tombol mesin fotocopy
keterangan gambar tentang fungsi tombolnya

(1). Deretan angka-angka
 yang digunakan untuk mengiput jumlah dokumen yang akan ada copy, contoh: tekan angka 1 untuk mengcopy 1 lembar saja, atau ada bisa mengkombinasikan sampai 999 lembar.

(2). Tombol start
tombol ini digunakan untuk memulai proses kerja fotocopy, setelah angka atau jum;ah lembar yang anda inginkan sudah di masukkan maka tinggal tekan tombol start ini, maka mesin akan mulai memproses.

(3). Tombol fungsi
fungsi dasar yang cukup anda ketahui untuk pertama kali adalah COPY, tekan knob COPY maka mesin akan memfungsikan dirinya untuk fotocopy.

(4).Tombol ON OFF
tombol ini bukan untuk mematikan mesin secara permanen ya, ini hanya tombol untuk menonaktifkan mesin saat tidak digunakan saja, ketika mesin tidak digunakan dalam beberapa jam cukup tekan tombol ON OFF ini agar mesin mati dan menghemat listrik. dan ketika ingin menggunakannya lagi cukup tekan lagi maka mesin akan cepat dalam mode SRANDBY

(5).Mencerahkan layar
tombol ini bukan ditekan,namun diputar dengan ujung jari, fungsinya agar tampilan monitor menjadi lebih terang atau gelap, istilahnya setting contras,

Baca juga: Cara fotocopy bolak balik dengan mudah

2. memahami fungsi Plat kaca

plat kaca adalah area tempat kita meletakkan dokumen untuk di fotocopy, apapun ukuran kertas anda letakkan di area kaca ini dan akan dicopy untuk langkah-langkah detailnya bisa seperti ini.

menggunakan mesin fotocopy
meletakkan kertas di plat kaca

a. Letakkan kertas di kaca
b.Tutup cover
c.Tekan tombol start
d. Proses fotocopy akan dimulai

hanya dengan prises simpel seperti diatas maka hasil fotocopy akan keluar, namun mungkin saja tidak sempurna karena ukuran kertasnya mungkin tidak sesuai dengan aslinya, agar hasil yang keluar sesuai dengan aslinya maka anda perlu untuk mengatur ukuran kertas agar sesuai.

3. Memahami fungsi laci kertas

Laci kertas berfungsi untuk menyimpan kertas yang akan digunakan untuk fotocopy, untuk bisa menggunakan mesin fotocopy anda juga harus tahu cara untuk meletakkan kertas di laci kertas, jangan sampai dokumen yang akan di copy menggunakan kertas A4 kemudian memilih kertas di lacinya adalah A3 maka hal tersebut tidak bisa bekerja, cara untuk meletakkan kertas seperti berikut ini.

salah satu contoh laci kertas mesi fotocopy


1. Atur posisi adjuster pada laci kertas sesuai dengan kertas yang akan di taruh, contoh A4
2. Letakkan kertas di laci kertas
3. Putar knob atau atur posisi pembatas kertas yang terdapat tulisan A4, agar monitor mampu membaca kertas.

benar dalam memposisikan kertas di laci akan mempengaruhi hasil akhir dari dokumen yang anda copy.

4. Mengenal Fungsi ADF

ADF adalah cover yang paling atas, yang biasa di buka tutup, adf ini berfungsi hampir sama dengan plat kaca, bedanya adf ini akan menarik kertas yang diletakkan di atasnya secara otomatis, cara mudah menggunakan ADF seperti ini:

Cara memposisikan kertas di adf agar hasilnya sesuai


a. Letakkan kertas di dudukan ADF yang sudah disiapkan
b. Posisikan dokumen yang ada Tulisannya menghadap keatas, jangan terbalik ya, kalo terbalik nanti hasilnya akan kosong.
c. Tekan deret angka untuk menentukan jumlah yang ingin dicopy
d. Pilih kertas outputnya
e. Tekan START
f. proses selesai

dengan memahami ke 4 fungsi dasar diatas anda sudah bisa menggunakan mesin fotocopy secara baik dan benar, untuk lebih jauh mengenal fungsi yang lainnya anda mesti belajar pelan pelan, demikian artikel pembelajaran cara menggunakan mesin fotocopy ini semoga bermanfaat bagi pembaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara menggunakan mesin fotocopy :Memahami fungsi dasar"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan