PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Cara perbaiki sensor toner poto copy

Cara perbaiki sensor toner poto copy Anda bisa membayangkan bagaimana repotnya ketika Toner yang ada di hopper tidak secara otomatis di turunkan ke developing, anda harus mengisi manual dan pasti sering lupa untuk mengisi tonernya, untung nya ada sensor toner yang berada di developing yang membuat  mekanisme otomatis yang memeberi sinyal ke hopper, sehingga toner bisa turun ke developing .akhirnya kota  tidak direpotkan dengan pekerjaan mengisi toner di develope.

hopper ialah tempat penampungan toner sementara, yang mana ia akan menyupply ke developing dengan menggunakan mekanisme sinyal dari sensor toner di develop , sensor hopper dan motor hopper, melalui mekanisme sensor developing maka secara otomatis mesin fotocopy akan segera mensupply toner dari hopper menuju ke developing ketika kondisi toner di develope mulai berkurang.

anda bisa membayangkan bagaimana repotnya jika sensor toner bermasalah di salah satu bagian, maka mekanisme kerja toner akan terganggu, cara memperbaiki sensor toner yang bermasalah kita akan coba ulas dari berbagai macam pengalaman, namun perlu di ketahui terlebih dahulu mekanisme kerja supply toner agar tidak salah membongkar.

cara kerja supply toner tersebut di tangani oleh sensor toner yang berada di develope, sensor hopper yang ada di hopper dan juga motor hopper, secara garis besar begini cara kerjanya menurut pesancopy.

memperbaiki sensor toner
sensor toner yanga da di develop

Cara kerja Supply Toner dari Hopper ke Develope


ketika kondisi toner di developing berada pada batas minimum maka sensor toner developing akan mengirim sinyal ke DC control dengan angka {0},

DC control akan menerima sinyal tersebut dan meneruskan ke motor hopper untuk berputar dan menurunkan toner yang berada di hopper,

sensor toner developing akan mengirim sinyal kembali ke dc control berupa angka [1] ketika level toner pada developing sudah mencapai batas maximum. dc control akan mengirim kembali sinyal dari sensor toner tersebut ke motor hopper agar berhenti bergerak.

nah ketika kondisi toner di hopper mulai berkurang dan mencapai batas minimum maka sensor toner hopper akan mengirim sinyal ke Dc control, Dc control kemudian akan mengirim sinyak ADD TONER ke layar monitor, agar kita bisa mengisi kembali toner di hopper.

Baca juga : memperbaiki hasil fotoocpy yang kotor toner banyak sekali

Cara memperbaiki sensor toner poto copy

memperbaiki sensor toner
menguras develope dan membersihkan senstor toner 

adapun error yang terjadi ketika ada masalah dengan supply toner ini adalah E020 dan E024, error ini disebabkan karena sensor toner developing membaca jika kondisi toner di develope kosong, bisa jadi error ini juga disebabkan oleh rusaknya sensor toner develope.beberapa cara untuk mengatasi kerusakan sensor toner sebagai berikut;

1. Kuras Developing

hal pertama ketika menemukan ada indikasi sensor toner rusak yang diawali dengan munculnya kode error pada layar monitor adalah dengan meguras toner yang ada di developing sampai bersih, bersihkan semua toner yang ada didalam agar toner yang menggumpal bisa hilang, biasanya kondisi toner yang membeku memnyumbat aliran sinyal dari sensor toner sehingga sensor toner tidak bsia bekerja.

2. Membersihkan soket sensor

sensor toner rentan dengan kotoran toner yang bisa saja masuk ke sela - sela soket, lepaskan sensor toner dan semprot denga cairan pembersih aga rkotoran bisa benar benar hilang dari lubang soket.

3. Check kabel sensor toner

sensor toner sering sekali di cabut karena untuk menarik develop keluar harus dengan mencabut soket ini, seringnya mencabut sensor ini terkadang membuat kabel sensor toner, putus di bagian dalam, dalam beberapa kasus kabel ini putus didalam namun dari luar masih nampak tersambung, jadi cara memperbaiki sensor toner poto copy adalah dengan menggunakan multitester untuk mengecheck koneksi kabenya.

4. Mengganti sensor toner

ketika semua hal diatas tidak membuahkan hasil maka salah satu cara terakhir adalah dengan mengganti sensor toner, bisa jadi usia pakai dari sensor toner sudah melampaui batas.

Demikianlah ulasan cara untuk memperbaiki sensor toner poto copy semoga bermanfaat bagi pembaca

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara perbaiki sensor toner poto copy"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan