PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Mengatasi motor delivery (M13) tidak berputar IR 6000.

Motor delivery (M13) adalah motor yang berada di unit satu yang terlihat paling besar dan berfungsi untuk memutar roller delivery, agar lebih jelas gambar motor seperti pada gambar di bawah ini.

penampakan m13 pada unit satu

pada kasus yang saat ini saya tangani, dimana motor ini tidak berputar, membuat kertas tentu saja akan selalu jam di posisi exit, atau ketika kertas hampir mau keluar, seharusnya ketika kertas sudah sampai pada posisi ini, motor delivery harus berputar untuk menarik kertas agar keluar, namun tidak untuk mesin fotocopy ir 6000 ini, motornya mati, tidak ada kode error dilayar.

dari mana kita tau indikasi jika motor ini tidak berputar?

saat mesin sedang melakukan pemanasan, motor ini akan berputar sebentar kemudian berhenti, jika kurang yakin silahkan check pada mesin anda dengan cara on/off kan, kemudian lihat pada sisi samping, motor terlihat berputar, namun tidak pada mesin ir 6000 ini,motor delivery tetap tidak berputar.

apalagi indikasi untuk melihat bahwa motor ini tidak berputar?

coba masuk ke save mode >> function >> part-chk >> MTR >> isi 21 >> klik ok >>  MTR ON >> ok.

saat program diatas anda jalankan, motor delivery (M13) harus berputar, jadi fix, mesin ini motor delivery (M13) nya mati.
Baca juga :

Fotocopy bolak balik macet terus menerus.

Jam paper hanya kertas A4 sedangkan F4 tidak.

Mengatasi motor delivery tidak berputar padair 6000

lantas dari mana kita harus melangkah, sedangkan parameter kerusakan amat minim, dari mana harus memulai untuk memetakan part yang harus kita check? berikut ini adalah pengalaman saya untuk memetakan kerusakan yang harus di tangani.

1. Mengganti unit 1
karena ada dua mesin di lokasi maka sangat membantu untuk menukarp art terutama unit satu, unit satu dari mesin yang bagus coba dipasangkan dengan mesin yang saat ini rusak, namun di sini tetap motor delivery tidak berputar.

dari percobaan diatas dapat diambil kesimpulan jika semua komponen pada unit satu tidak ada masalah, masalahnya diluar unit satu. ok masalah sudah dipetakan untuk lebih menjurus kepada kemungkinan yang lain.

2. Motor Drive
sebagain orang percaya jika motor drive adalah part yang berfungsi untuk memutarkan motor yang ada di mesin fotocopy, tidak salah memang, namun ketika saya mulai menelusuri alur kabel yang terhubung ke motor drive, tidak satupun kabel yang langsung terhubung ke motor delivery ini, karena memang lokasi motor drive yang berada di unit 1. hasilnya saat mengganti motor drive pun, motor delivery tetap tidak berputar.

3.Soket unit satu ke body
setelah motor drive tidak berhasil, kemudian beralih ke Soket yang menghubungkan unit satu dengan DC control yang terhubung melalui kabel yang menempel di body.

soket ini yang saya maksud, ada di balik kipas keong

ini sangat pantas dicurigai karena aliran listrik dari unit satu berasal dari soket ini, sangat mungkin jika ada kabel yang putus, check satu persatu kabelnya dan membersihkan pin pin nya dengan WD,

dengan cara inipun motor delivery belum juga berputar, sampai pada akhirnya mengganti satu set soketpun juga tidak mengatasi masalah ini.

3.Mengganti DC Control
Motor drive tidak bepengaruh, soket juga bukan, apalagi ya, bisa jadi ini DC Controlnya rusak, karena dia yang mengatur arus dan memberi perintah untuk semua proses, dari pada berspekulasi langsung eksekusi agar kelihatan effectnya.

benar saja, masalah belum juga selesai, sampai pada titik ini saya hampir kehilangan akal untuk melanjutkan perbaikan, karena saya rasa semua kemampuan sudah dikerahkan,

berhenti sejenak untuk melihat alur kabel dan proses berputarnya motor seperti apa, setelah mencatat semua alur kabel motor drive yang saya rangkum pada E-Book 1, maka masih ada satu jalan untuk mengatasi masalah motor delivery yang tidak mau berputar.

4. Check alur kabel dari motor drive ke DC Control
ada 3 soket kabel yang terhubung ke dc, check semuanya, ternyata ada satu slot kabel yang tidak terhubung, alias kabel ini putus ditengah jalan, namun tidak ada tanda digigit tikus, kabel ini putus di tengah jalan. kabel apakah itu yatu soket J2107.

alur kabel dari motor drive ke motor

soket ini putus 3 biji, setelah mengganti kabel yang putus ini, jrenggg ternyata motor delivery mampu berputar, dan jam paper pada exit ini teratasi sudah.

hampir satu bulan saya megerjakan mesin ini dengan berbagai kemungkinan dicoba semua dan juga karena terbatasnya waktu hingga molor berminggu minggu, jika anda ingin tahu alur kabel dari motor drive ke DC control silahkan baca artikel ini E book alur kabel dari motor drive ke DC Control.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi motor delivery (M13) tidak berputar IR 6000."

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan