PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Ciri-ciri HVT mesin fotocopy rusak

HVT mesin fotocopy - High Voltage Tranformer atau biasa disingkat HVT, merupakan komponen penting dalam sebuah mesin fotocopy, berfungsi sebagai salah satu faktor penentu kualitas hasil fotocopi, karena kualitas hasil fotocopy juga ditentukan oleh part ini, maka kerusakan hvt dapat dilihat dari ciri ciri awal dari bagus tidaknya hasil fotocopy tersebut.

menjadi seorang teknisi fotocopy tidaklah seinstan membuat mie rebus, bagi saya sendiri,menjadi paham dan mengerti beberapa part yang rusak karena berasal dari berbagai pengalaman, semakin banyak mengalami trouble semakin banyak yang saya pahami, termasuk memahami cara kerja dari HVT ini sendiri, pengalaman ini saya dapat dari berbagai pengalaman menghadapi kualitas hasil fotocopy.

kerusakan hvt tidak terlihat secara fisik, selama kerusakan tersebut tidak disebabkan oleh pihak ketiga seperti tikus yang suka mengigit kabel, namun untuk menunjuk hvt sebagai penyebab kerusakan merupakan pilihan terakhir setelah anda melakukan beberapa analisa dan langkah-langkah perbaikan yang semestinya, namun belum mampu menemukan penyebab kerusakan kualitas hasil fotocopy.

Posisi HVT
bagi anda yang baru mengenal dan berkenalan dengan mesin fotocopy, mungkin belum paham apa itu HVT,seperti apa HVT itu dan dimana letak HVT itu?, tenang saja, saya kan memberikan gambaran dimana dan seperti apa letak hvt tersebut, hvt terletak dibawah DC kontrol, pcb kotak plastik sangat terlihat dan mudah ditemukan, seperti inilah gambarnya.

hvt mesin fotocopy
hvt mesin fotocopy



Alur Supply arus HVT
seperti yang saya utarakan diatas bahwa hvt memiliki peran penting dalam menentukan bagus tidaknya hasil fotocopy, untuk melakukan peran tersebut ternyata hvt memiliki peran untuk mensupply beberapa bagian pada unit drum agar mampu bekerja, salah satu saja komponen di drum unit yang tidak mampu disupply arusnya oleh hvt maka proses print akan terkendala bahkan hasilnya kosong, beberapa part yang disokong kinerjanya oleh hvt adalah

1. Primary Charger/wire corona
2. Pre-Tranfer wire
3. Dust colecting
4. Tranfer guide
5.Transfer charging
6.Sparation charging

itulah beberapa komponen yang disupply arusnya oleh hvt.

Baca juga :

Mengatasi Error E302 pada ir 5000.  
Mengatasi lampu scanner menyala namun tidak mau jalan. 
Mengatasi kertas F4 tidak terbaca.

Ciri-ciri Kerusakan HVT

saya ambil dari beberapa pengalaman, dari kesemua itu saya baru bisa menyimpulkan dua saja ciri kerusakan hvt yang pernah saya temui dan teratasi, apa sajakah itu

1. Hasil fotocopy blank putih
iniah salah satu ciri hvt mesin fotocopy anda sudah rusak, anda perlu melakukan pengecekan secara menyeluruh terlebih dahulu atas semua komponen yang disupply arusnya oleh hvt, setelah itu jika kesemua hal sudah dilakukan patut untuk mengambil kesimpulan kalao hvt yang rusak, beberapa pengalaman rekan fotocopy juga pernah mengalami hal fotocopy putih dan hanya mampu berhasil diatasi dengan mengganti hvt.

2. Hasil fotocopy buram hampir tidak kelihatan
untuk ciri yang kedua ini saya pribadi memerlukan banyak experimen untuk menentukan kalau hvt sudah rusak, karena ciri hasil fotocopinya sangat membingungkan, hasilnya ada, mesin normal, namun hasilnya ada yang buram sekali dan ada satu baris yang terlihat jelas, namun semua itu selesai dan teratasi dengan mengganti HVT.

hanya dua pengalaman ini yang saya miliki untuk menentukan jika hvt sudah fix rusak, anda bisa menambahkan jika memiliki pengalaman sendiri.

Bagaimana jika HVT rusak
pertanyaan selanjutnya bagaimana jika hvt ini rusak, ada beberapa langkah yang bisa anda ambil sebagai solusi

  • Memperbaiki
jika anda terlalu berat untuk mengganti sudah barang tentu memperbaiki adalah pilihan yang bagus, namun ada beberapa hal yng perlu juga untuk dipertimbangkan, bahwa memperbaiki hvt terkadang tidak memuaskan, faktanya banyak tukang service yang tidak memberikan garansi atas part ini, alasannya di test ditempat dia bagus, mereka beralasan jika arus di mesin anda tidak stabil. tidak adanya garansi ini membuat anda perlu untuk berpikir ulang untuk menservicenya.

  • Beli baru
saya rasa perbedaan membeli dan menservice terpaut tidak cukup banyak, pilihan membeli kedalanya ada di part yang tidak baru, biasanya part yang ada adalah copotan dari mesin yang sudah terpakai juga, artinya sparepart bekas.

demikian rekan sedikit info saja soal ciri-ciri hvt mesin fotocopy anda rusak semoga bisa menjadi tambahan ilmu bagi anda, terima kasih.




Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Ciri-ciri HVT mesin fotocopy rusak"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan