Mengatasi kertas F4 tidak terbaca

Kertas F4 - Salah satu kertas yang sering digunakan untuk kegiatan copy mengcopy, kertas ini memilki banyak panggilan seperti kertas folio, kertas U2 atau FLSC, terkadang di mesin fotocopy sendiri terbaca U2 dan ada yang terbaca FLSC.

kertas F4 memiliki ukuran 22.5 cm x 33 cm ini banyak digunakan untuk fotocopy dokumen penting semisal surat dari kelurahan, laporan pajak maupun buku lks siswa, begitu banyaknya keperluan yang menggunakan jenis kertas ini, maka pada setiap mesin fotocopy pun sudah dilengkapi dengan ukuran kertas ini, untuk memudahkan pengguna melakukan fotocopy.

Baca Juga : Mengatasi fotocopy kertas F4 yang terpotong dari ADF

untuk mesin fotocopy besar semisal ir 5000, menggunakan laci kertas no.3 sebagai tempat untuk menaruh jenis kertas ini, pada mesin yang lebih kecil dapat menggunakan semua laci kertas hanya tinggal memutar knob adjust papernya, maka kertas fLSC ini akan segera terdeteksi oleh mesin.

namun apa jadinya jika kertas yang dimasukkan F4 namun yang terbaca di monitor mesin ternyata jenis kertas lain, seperti pada kasus saya kali ini, dimana ketika kertas U2 dimasukkan yang terbaca justru LGL, bagaimana langkah perbaikannya jika kertas f4 tidak terbaca, sedangkan konsumen sudah tidak sabar menunggu.

berikut ini pesancopy coba mengurai permasalah kertas F4 yang loading namun tidak terbaca oleh mesin.

1. Menukar deck paper laci no.3 dengan laci 4
pada kasus ini coba anda tukar terlebih dahulu deck paper laci 4 ke 3 karena mereka berdua bisa untuk saling bertukar, periksa apakah masalah masih muncul, jika masih muncul berarti permasalah tidak terjadi pada deck paper, namun jika dengan mengganti deck paper masalah kelar, berarti ada kerusakan di deck paper semisal sensor.

Baca Juga : Cara Fotocopy kertas F4 menjadi A4

2. Sensor Universal Paper
pada laci 3 ada sensor yang akan mengenali jenis kertas yang anda letakkan di baki, sensor ini berada diujung dari laci, melekat pada body mesin, nah pada kasus kali ini ternyata permasalah ada pada sensor universal paper yang ada dibelakang tadi. sensor tak mampu lagi mengenali jenis kertas F4 yang berada di laci.

Cara mengatasi Kertas F4 yang tidak terbaca

universal sensor paper
 kertas F4 tidak terbaca

karena pada uraian diatas sudah ditentukan kerusakan terjadi pada universal sensor laci 3, maka mau tidak mau anda mesti menggantinya, perlu diingat untuk melepas universal sensor ini sedikit repot karena banyak part pada bagian belakang yang mesti anda lepaskan, jika tidak bisa lebih baik panggil teknisi untuk mencegah kerusakan yang lain.

Baca Juga : Langkah mudah fotocopy dengan kertas F4

Kesimpulan
pada jenis kerusakan kertas F4 yang tidak terbaca, saya tidak melakukan setting pada bagian program, karena setau saya laci no,3 tidak ada program yang mendeteksi kertas karena sifatnya universal.

demikian uraian tentang kertas F4 yang tidak terbaca di monitor, semoga membantu rekan semua, mohon ditambahkan jika ada kekurangan. terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

0 Response to "Mengatasi kertas F4 tidak terbaca"

Posting Komentar

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif