6 Tips cara fotocopy.

Cara Fotocopy yang Anda harus kuasai-Anda berada dihalaman ini berarti sedang mencari referensi tentang cara fotocopy yang baik dan benar agar bisa mendapatkan hasil terbaik dari setiap hasil fotocopy yang anda buat. Pilihan anda memang sangat tepat, karena dalam artikel ini, saya akan membahas secara tuntas tentang segala hal yang berhubungan dengan fotocopy.

Silahkan simak baik-baik...

Ada 6 cara fotocopy yang wajib anda kuasai kalau anda ingin jadi seorang tukang fotocopy yang profesional dan selalu siap ketika dihadapkan dengan pekerjaan yang berhubungan dengan jenis-jenis fotocopy. 6 (enam) cara fotocopy yang wajib anda kuasai diantaranya:
  1. Cara fotocopy dari ADF.
  2. Cara fotocopy dari flat kaca
  3. Cara fotocopy bolak balik
  4. Cara fotocopy buku bolak balik
  5. Cara fotocopy KTP bolak balik
  6. Cara menyeting ukuran fotocopy

Dari 6 (enam) cara fotocopy yang akan saya jelaskan, sangat penting anda kuasai, karena pada saat anda berniat membuka usaha fotocopy, keenam cara tersebut akan sering anda kerjakan. Mengingat penguna baru belum mengetahui cara fotocopy yang benar tidak ada salahnya mencoba tips yang saya bagikan agar anda sukses dan mengelelola bisnis

Berikut penjelasannya....
 cara fotocopy
cara fotocopy 



1.  Cara Fotocopy dari ADF
Apa itu ADF? ADF ( Automatic Document Feeder ) adalah bagian dari mesin fotocopy yang mampu untuk melakukan penarikan kertas secara otomatis, sehingga sangat menguntungkan dan memangkas banyak waktu jika anda mampu menguasainya.

lantas bagaimana caranya? berikut pesancopy coba menjabarkannya...

  • Letakkan kertas ditray yang tersedia, dengan posisi file yang ada tulisan menghadap ke atas.
  • Tunggu sampai indikatornya menyala, yaitu lampu yang ada di samping, lampu ini mengindikasi    ada atau tidaknya kertas.
  • Pilih kertas outputnya, jika kertas dan posisi anda fotocopy di ADF adalah A4, maka pilih juga kertas output A4 juga, agar hasil sesuai, begitu juga dengan jenis kertas yang lain, intinya input  kertas harus sesuai dengan out put nya.
  • Pilih jumlah yang akan di copy dengan menekan angka pada tombol monitor.
  • Tekan ENTER.
2. Menguasai Cara Fotocopy dari Plate Kaca
Plate kaca adalah bagian dibawah ADF, berupa bidang kaca lebar, fotocopy via plate kaca digunakan untuk melakukan fotocopy yang tidak mampu di lakukan oleh ADF, seperti cara fotocopy buku , KTP dan lembaran file yang tipis. cara nya adalah seperti berikut.

6 cara fotocopy yang harus anda kuasai
6 cara fotocopy yang harus anda kuasai

- Buka ADF
- Letakkan file diatas kaca, dengan posisi file yang ada tulisannya menghadap kebawah/menghadap  kekaca.
- Pilih output kertas sesuai dengan input kertas yang anda gunakan.
- Tentukan jumlah yang akan di copy
- Tutup ADF
- Tekan ENTER


3. Menguasai Cara Fotocopy Bolak Balik

Fotocopy bolak balik mungkin tidak asing bagi anda, fotocopy bolak balik adalah cara peng copyan dokumen dimana kedua sisi kertas terdapat tulisannya, Cara fotocopy bolak balik mutlak harus anda kuasai, semua trik dan tips fotocopy bolak balik mesti anda pelajari, karena fotoocpy bolak balik bisa jadi paling banyak akan anda temui setiap harinya, akan sangat lucu jika pengusaha fotocopy tidak menguasai cara fotocopy bolak balik ini. cara fotocopy bolak balik bisa anda baca pada artikel saya yang lain:

Baca juga : Cara fotocopy bolak balik manual tanpa terbalik.

4.Menguasai Cara Fotocopy Buku Bolak Balik

jika anda membuka usaha di sebelah sekolahan, maka fotocopy buku akan juga anda temui setiap harinya, basic fotocopy buku mesti menguasai fotocopy bolak balik terlebih dahulu, karena anda tau buku itu bolak balik, jadi kebanyakan konsumen mau hasil fotocopynya juga sama seperti dokumen aslinya,, bedanya ketika akan mengcopy buku anda tidak bisa mengurai buku tersebut, jadi fotocopy buku masih dalam keadaan dalam bandle nya, bagaimana caranya


  • Aktifkan menu two sided (2-2 sided)
  • Lebih baik buka ADF, jika sudah rusak bisa diganjal dulu supaya tidak jatuh ADF tersebut
  • Aktifkan Menu Finisher Collate, agar out putnya keluar setelah selesai pen-scannan.
  • Lebih baik dicoba 2 lembar dulu supaya tahu contoh outputnya, guna menghindari kesalahan yang berlanjut
  • Mulai mengcopy halaman pertama dilanjutkan dengan lembar kedua.
  •  Sedikit berikan tekanan pada buku agar menempel pada kaca.

Baca juga : Menggunakan menu two sided

5. Menguasai cara Fotocopy KTP Bolak balik
KTP adalah jenis kartu identitas yang paling banyak dicopy, akan sangat lucu jika anda tidak bisa melakukan fotocopy KTP ini, dan pastinya orang fotocopy KTP maunya hasilnya juga sama seperti KTP alias Bolak Balik, akan lucu kan jika anda tidak bisa melakukan fotocopy KTP ini. bagaimana caranya?
cara fotocopy
cara fotocopy 



  • Aktifkan menu two sided (2- 2 sided)
  •  Letakkan KTP dipojok kiri atas
  • Pilih kertas A4
  • Tekan ENTER
  • Pindah posisi KTP keujung tulisan A4,di white plate, balik KTP serah jarum Jam
  • Tekan ENTER
  • Lihat Hasilnya

Baca juga : cara fotocopy KTP bolak balik

6. Menguasai Cara Menaruh Kertas dilaci dan setting Ukuran
Hal utama dan pertama yang harus anda kuasai adalah menaruh kertas di laci sesuai Ukurannya, akan sangat lucu jika anda tidak tau bagaimana cara membuka laci kertas, melakukan setting ukuran dan memasukkan ukuran kertas sesuai dengan ukurannya, jika hal ini saja tidak anda kuasai maka kelar usaha anda, tidak jadi fotocopy jika menaruh kertas saja begitu merepotkan.

untuk mesin kecil penting dan harus dikuasai cara setting knob ukuran kertas, agar output fotocopy anda sesuai dengan file asli, untuk mesin besar ukuran sudah sesuai dengan bentuk kertas, kecuali di laci no.3,, bagaimana cara menaruh kertas di laci


  • Tekan knob pembuka kertas
  • Masukkan kertas
  • Adjust setting ukuran kertas
  • Putar knob ukuran kertas sesuai dengan jenis kertas
  • masukkan kembali laci kertas dan lihat ukuran apa yang terbaca, jika tidak sesuai dengan jenis kertas , anda bisa adjust lagi knob tersebut.


Demikian 6 Tips cara fotocopy yang wajib anda kuasai sebeluh melanjutkan usaha fotocopy anda, semoga membantu dan terima kasih.




Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "6 Tips cara fotocopy."

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan