Btc roulette Mengatasi lampu scanner menyala namun tidak jalan. ir 5000 - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Mengatasi lampu scanner menyala namun tidak jalan. ir 5000

Lampu Scanner - Merupakan lampu yang akan menyala dan menyinari dokumen, apabila anda melakukan fotocopy di plate kaca, tanpa adanya lampu scanner mustahil mesin fotocopy dapat bekerja.

lampu scanner
Lampu scanner tidak jalan


Lampu scanner yang bekerja terlihat ketika anda menyalakan mesin fotocopy kemudian lampu akan menyala untuk beberapa saat, ini pertanda jika lampu scanner masih bekerja, lampu scanner akan berjalan sesuai dengan ukuran kertas yang kita letakkan diatas plate kaca.

Nah pada postingan saya kali ini akan mengulas perjalanan mengatasi lampu scanner menyala namun tidak mau menyecan dokumen, artinya mesin normal saja tiada error apapun, namun ketika tombol start di tekan, lampu scanner menyala namun hanya diam saja, tidak mau berjalan menyecan seluruh kertas, alhasil mesin fotocopy menjadi ngadat.

beberapa hal dibawah ini perlu anda coba perbaiki jika mengalami kerusakan yang serupa seperti saya, pada penghujung tulisan akan saya tulis peneyelesaian masalah ini, saya yakin ada problem sama namun kemungkinan akan berbeda penanganannnya.

Beberapa Penyebab Lampu scanner tidak berjalan


1. Sensor scanner

sensor berapa diujung kiri atas, letaknya agak tersembunyi, sensor ini akan memberi sinyal adanya kertas yang kemudian membuat lampu scanner menyala dan melakukan proses scanner.. bersihkan saja atau ganti sensor scanner bila dirasa perlu dan mencurigakan untuk diganti.

2. PCB Inverter

menyalanya lampu scanner mendapat arus dari pcb inverter, karena terlihat ada kabel besar yang terhubung dan masuk ke pcb inverter ini, patut dicurigai ketika ada masalah pada lampu scanner, pcb ini perlu untuk di utak utik.

Baca juga:

Fungsi cara membuka Unit Laser ir 6000

Mengatasi hasil fotocopy berbayang

Fungsi duplex dan komponennya pada ir 6000

3. Reader Controll

ada lagi soket kecil yang berasal dari reader control yang terhubung ke inverter PCB, ada baiknya juga mengecek reader control, namun sebagai pembanding, lebih baik menggunakan reader control mesin lain agar bisa terlihat kerusakan pada reader control tersebut.

4. Motor Scanner

Motor ini yang membuat lampu scanner dapat berjalan, bisa jadi karena motor mati atau tidak dapat arus membuat motor ini tidak mampu untuk menggerakkan lampu scanner, patut pula mencoba untuk mengganti motor scanner supaya tidak penasaran.

dari ke 4 hal diatas benar - benar saya lakukan namun tidak ada satupun yang membuat perubahan, permasalah seperti ini memang sangat sukar diterka, memilih milih part mana yang mengalami kerusakan, karena notabene tidak ada kode error yang muncul dilayar monitor, sehingga untuk mengatasi masalah lampu scanner yang tidak mau berjalan membutuhkan improvisasi dari diri sendiri, memilih milih part yang berkemungkinan membuat masalah ini timbul.

5. DC Control

perbaikan berikutnya dengan mengganti DC control , siapa tau ada kerusakan dalam aliran listrik menuju Reader controll yang membuat lampu scanner tidak mau berjalan, hal terbaik hanya meminjam dc controll mesin lain, agar bisa diketahui dc control dalam masalah atau tidak.

mengganti DC controll ini juga tidak membuahkan hasil bagi mesin saya ini, tiada lagi yang tersisa kecuali hanya MainBoard.

6. MainBoard

mengganti mainboard pada awalnya sangat ragu, karena mainboard baru 2 bulan diganti, dan itu adalah mainboard baru, secara logika mana mungkin harus mainboard, kan mainboardnya baru pasti baguslah, namun hal diluar dugaan terjadi, ketika mengganti MainBoard, lampu scanner dapat berjalan dan mesin Normal kembali.

dari beberapa eksperiment yang saya lakukan diatas dapat saya simpulkan

a. Jika kerusakan lampu scanner yang tidak menyala karena kerusakan pada mainboard, mungkin saja ada kegagalan system yang tidak mampu membaca sensor

b. ketika membeli mainboard harap segera di lakukan pemgujian untuk semua fiturnya jangan sampai terjadi kesalah seperti saya dimana membeli mainboard namun baru 2 bulan di test, alhasil garansi pengembalian barang sudah hangus

Demikian kiranya pengalaman yang bisa saya bagi kepada rekan semua, harap perbaiki jika dilapangan anda menemukan penyebab lain, agar kita bisa berbagi, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Mengatasi lampu scanner menyala namun tidak jalan. ir 5000"

  1. kalo scanernya miring sehingga nggak bsa jalan itu penyebabnya apa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek kawat relnya pak. Soalnya lampu scanner berjalan sesuai alur rel kawat tersebut

      Hapus
  2. Kalou lampunya sampai tengah jalan bunyi krakkk ... kaya gir selip .. apa yg perlu di otak atik gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang perlu di utak atik yang pertama tentunya jalurnya pak, coba di jalankan manual, ditarik pakai tangan, tentunya kaca di buka terlebih dahulu

      Hapus
  3. Lampu scainer itu tegangan dc ap ac kok terang bgt, rencana mw saya pake di motor

    BalasHapus
  4. Lampu scainer itu tegangan dc apa ac kok terang bgt, rencana mw buat motor kalo dc

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan