Btc roulette Fotocopy Vertikal putih IR 5000/6000/5020/6570 - Begini mengatasinya - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Fotocopy Vertikal putih IR 5000/6000/5020/6570 - Begini mengatasinya

Bergaris Putih - Siapa yang pernah mengalami hasil fotocopy bergaris putih vertical atau horizontal, jangan pernah mau disinggahi kerusakan macam begini, hampir 1 bulan saya berkutat dengan masalah hasil copy bergaris putih ini.

hasil fotocopy bergaris putih

garisnya sih tidak lebar, cuma kecil namun membuat hasil copy tidak berguna, siapa coba yang mau menggunakan dokumen yang terpotong, hasil cetaknya tidak sempurna, mesin sih normal-normal saja, mengcopy lancar tanpa hambatan, cuma garis putih kecil yang membuat mesin tak bisa digunakan.

mencari jawaban kesana sini, masuk forum kesana kesini, sedikit ada gambaran tentang langkah perbaikan yang belum saya lakukan. banyak sekali saran masuk seperti

1. Bersihkan korona atas bawah bang

korona atas bawah sudah saya bersihkan 10x mungkin ampe kinclong dengan tiner, sampe posisi wire saya stel menjauhi drum, namun garis putih tetap membandel, ada lagi yang menyarankan

2. Ganti plate kaca besar dan kecil

namanya saran karena saya juga udah lama mencari sebab ini garis putih tidak hilang, tanpa pusing copot dulu plat kaca mesin sebelah, masang dan jreeengg hasilnya masih sama.

setelah kedua hal diatas tetap tak berbuah hasil lagi-lagi numpang mencari ilmu siapa tau ada yang pernah mengalami masalah serupa dan siapa tau ada yang berbaik hati menuntun kearah perbaikan hasil fotocopy bergaris putih. akhirnya dapat lagi masukan.

3. Mungkin HVT konslet

karena saya sendiri tidak bisa memperbaiki HVT ya jadi langsung saja mesin sebelah lagi jadi tumbal, copot HVT kemudian pasang, lanjut test, la ini garis putih masih saja ada ya, ampun dahh

4. Mengganti Pre-Exposure lamp

pre-exposure adalah lampu yang akan menyala pertama kali dalam proses fotocopy, letaknya ada disamping wiper blade berwarna putih memanjang, ada saran untuk mengganti lampu ini, mungkin asumsinya adalah ada lampu yang mati pada salah satu titik, hingga hasil copy menjadi bergaris putih pada area tersebut.

memang ada sedikit perubahan ketika mengganti lampu ini, garis putih menjadi semakin kecil namun tetap terlihat oleh mata saya, jadi saya simpulkan ini kurang bagus.

mengganti HVT dan pre-exposure lamp-pun tidak mampu menyelesaikan masalah hasil fotocopy bergaris putih, ampun deh gerangan penyakit apa yang menghinggapi mesinku ini, hampir seminggu tak terjawab setelah mengganti HVT  dan exposure namun cara yang terakhir ini ternyata ampuh memperbaiki hasil vertikal putih, cekidot.
Baca juga :

Mengatasi hasil fotocopy bergaris hitam vertikal

Cara menggunakan kertas bekas untuk fotocopy

5 Keuntungan print via mesin fotocopy dibanding mesin printer

5. Setting PO-CNT

Potensial Control sebenarnya juga sudah saya ganti pada drum , namun hasilnya tetap bergaris putih, namun kali ini adalah setting yang ada di mesin fotocopy, setelah melakukan setting PO-CNT ini ternyata penyakitnya sembuh, langkah untuk menyetting ke arah PO -CNT adalah

Mengubah setting Po-CNT

a. Service mode *28*
b. Copier
c. Option
d. Body
e. PO-CNT, pada mesin saya default ada di angka "1", saya rubah ke angka "0", karena range adjustnya ada di "1 dan 0".
f. Reset 2x

hasil uji coba ternyata bagus. hasil yang bergaris putih sudah tidak ada, namun didalam hati jujur saja tidak merasa lega, karena saya masih yakin ada part yang pasti sudah rusak, namun untuk sementara saya akan memakai cara yang ini sambil mencari penyebab partnya.

karena pernah ada post yang mengulas tentang PO-cnt, bahwasannya ia berhubungan dengan DC control, ketika DC sudah rusak maka untuk menyiasati agar mesin tetap bisa berjalan dengan menyetting PO-CNT ke angka "0". karena ketika Po-CNT dikembalikan ke angka 1, hasilnya bergaris putih kembali

sehingga kemungkinan DC Contrl mesin saya sudah rusak, namun jika dengan setting PO-CNT mesin sudah normal menurut saya buat apa harus mengganti DC Controlnya, hanya buang uang saja kan,

Ketika nanti saya sudah mengganti DC Cont saya akan membagi hasilnya di post ini juga, supaya rekan rekan bisa tepat membeli sparepart.

6. Mengganti Clucth Drum


gambar clutch drum
Posisi clutch drum
seperti janji saya diatas, bahwa mengganti nilai PO-CNT sebenarnya bukanlah solusi, hingga saya temukan penyebab utama yang membuat hasil vertikal putih ini benar-benar hilang namun tetap dengan nilai Po-Cnt Normal, part yang saya ganti adalah Clucth drum,

Perlu untuk melakukan banyak pembongkaran hingga anda bisa menemukan clucth drum ini, menurut beberapa master fotocopy clutch ini mengalami selip sehingga menggangu putaran drum.

Mesin sayapun kembali ke hasil yang normal tanpa ada vertikal putih pada hasil fotocopynya setelah mengganti clucth drum ini.

terima kasih sudah menyimak curhatan perbaikan hasil fotocopy yang bergaris putih, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Fotocopy Vertikal putih IR 5000/6000/5020/6570 - Begini mengatasinya"

  1. Kl garis putih y horizontal dmn kr2 mslh dmn ya kang?
    Dan gtu kl utk print data yg SDH tersave gris ptih itu gk muncul. Mhon bgi2 slusi y...

    BalasHapus
  2. Kl garis putih y horizontal dmn kr2 mslh dmn ya kang?
    Dan gtu kl utk print data yg SDH tersave gris ptih itu gk muncul. Mhon bgi2 slusi y...

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya trouble ada di area atas,yaitu plate kaca berikut mirrornya, coba dibersihkan baik kaca yang besar kecil dan juga mirrornya, jika dari data yang disave tidak timbul garis putih. terima kasih

      Hapus
  3. Lokasi clutch drum itu dimana ya?
    Apa benar harga clutch drum sekitar 200 ribuan?
    Apakah benar nama lain nya Clutch Electomagnetic?

    BalasHapus
  4. Mohon bantuannya..kl hasil fotocopy garis2 hitam di ujung kertas seperti gambar logo listrik gt gimna ya..apa penyebabnya..

    BalasHapus
  5. Beli Clucth drum dimana ya gan..?

    BalasHapus
  6. Klo blank putih pada Canon IR 5050 apa lg ys

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan