Mengatasi hasil fotocopy garis hitam Vertikal pada canon IR 5000/ IR 6000

Hasil Fotocopy Bergaris- Mesin Canon IR 5000 meruapakan mesin fotocopy yang memiliki kecepatan tinggi, mudah digunakan dan ramah lingkungan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pada akhirnya mesin fotocopy ini akan mengalami kerusakan seperti yang saya alami dan yang akan saya tulis pada artikel ini tentang cara untuk mengatasinya.

Hasil Fotocopy bergaris hitam vertikal


Hasil fotocopy bergaris hitam baik tipis atau tebal, baik vertikal maupun horizontal merupakan kerusakan yang serius karena hasil fotocopy tidak akan bisa digunakan, walaupun disekeliling kertas bersih namun hal ini sangat-sangat tidak bagus. ada beberapa komponen yang dapat mengakibatkan terjadinya hal ini, bila anda saat ini mengalaminya ada baiknya anda kontrol komponen-komponen berikut ini.

Hasil fotocopy bergaris hitam vertikal

1. Cleaning blade Bocor

cleaning blade merupakan komponen yang bekerja untuk membersikan drum dari sisa-sisa proses pencetakan, blade ini menjada agar permukaan drum tetap bersih agar proses pencetakan berikutnya tetap bagus, jika blade ini bocor di titik tertentu membuat sisa toner yang ada di drum tidak seluruhnya dapat dibersihkan, maka pada satu sisi drum masih ada sisa kotoran toner, sisa kotoran toner ini akan ikut tercetak di atas kertas sehingga akan menimbulkan garis hitam pada hasil fotocopy.

anda bisa membersihkan blade ini atau dengan membaliknya, jika dengan membaliknya saja belum mampu mengatasi masalah ini ada baiknya anda mengganti dengan blade yang baru.

Baca juga : mengatasi masalah Cleaning web canon ir 5000

2. Primary Charging Kotor

primary charging mengubah ion ion yang ada di permukaan drum, primary ini berujud wire-wire tipis dan banyak, kerusakan yang mungkin dialami charging ini bisa karena wire-wire tertutup toner mengakibatkan beberapa titik di permukaan drum tidak mampu dirubah ion/elektronnya, sehingga hasil fotocopy akan timbul garis hitam.

bersihkan saja wire-wire yang ada di primary ini dengan alkhohol atau tiner sampai bersih, kemudian pasang kembali.

Baca Juga : Mengganti wiper blade canon ir

3. Drum

Komponen berikutnya yang perlu untuk dicheck adalah drum, drum merupakan komponen yang melakukan pencetakan terhadap kertas, jika permukaan drum ini terdapat cacat seperti baret sepanjang permukaan drum, maka hasil fotocopy akan timbul garis hitam disepanjang kertas.

drum yang mengalami baret tidak dapat untuk diperbaiki, satu-satunya jalan dengan mengganti drum ini.

Baca Juga ; Membersihkan Drum Ir 5000 dengan mudah dan cepat

4. Roller magnet

Roller magnet yang ada di unit develop, roller ini akan mensupplay toner untuk drum, jika permukaan roller ini kotor seperti terdapat gumpalan toner yang panjang sepanjang roller magnet maka akan menyebabkan hasil fotocopy terdapat garis hitam,

toner yang menggumpal pada permukaan roller magnet ini bisa diakibatkan karena lamanya mesin tidak digunakan, atau bisa saja ada cairan tiner atau alkhohol yang masih tersisa di permukaan roller saat membersihkannya.

5. Kaca dan lensa kotor

Kaca pada platen glass merupakan media pantulan untuk kertas yang ada diatasnya, bila kaca ini kotor berupa bekas bolpen yang tergores di atas kaca, atau kotoran yang mempel pada kaca, maka bekas kotoran tersebut akan ikut tersinari oleh lampu yang akhirnya akan ikut tercetak diatas lembaran kertas berupa garis hitam.

anda hanya perlu untuk membersihkan permukaan kaca ini dengan cairan pembersih kaca yang biasa anda gunakan untuk membersihkan kaca, serta bersihkan juga lensa yang ada dibawah kaca tersebut jumlahnya ada sekitar 3 buah, untuk membersihkan lensa ini anda harus terlebih dahulu mengangkat platen glass. keringkan kaca hingga benar benar kering kemudian anda bisa melakukan testing kembali.

Hasil fotocopy bergaris hitam Horizontal

cara yang sama seperti diatas bisa anda aplikasikan pada hasil fotocopy yang bergaris horizontal, karena penyebabnya hanya seputar komponen-komponen diatas.

Bagaimana dengan mesin canon ir 6000?

Mesin Canon IR 6000 memiliki bentuk serta arsitektur yang sama dengan canon IR 5000 sehingga jenis kerusakan yang terjadi seperti judul saya diatas dapat pula digunakan untuk mengatasi hasil fotocopy yang bergaris hitam pada mesin canon ir 6000.

Demikian yang bisa saya informasikan perihal Mengatasi hasil fotocopy garis hitam vertikal pada canon ir 5000, semoga bermanfaat dan membantu masalah anda. salam sukses

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

2 Responses to "Mengatasi hasil fotocopy garis hitam Vertikal pada canon IR 5000/ IR 6000"

  1. Ir6000 saya hasilnya ada garis vertikal,udah berbagai cara di lakukan mulai dari membalikan karet Blade,mengganti wayer atas bawah,cleaning dram,juga cleaning roller magnet dvloping tp tetep aja bergaris,apa yg harus saya cek selanjutnya pak?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang bulan lalu saya temui pak, langkah terakhir jika semua hal diatas tidak berpengaruh adalah mengganti laser unit, mesin saya juga ganti laser unit pak, baru beres masalahnya

      Hapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif