Btc roulette Mesin fotocopy canon IR 2870/3570 , Hasil fotocopy belang hitam - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Mesin fotocopy canon IR 2870/3570 , Hasil fotocopy belang hitam

Fotocopy belang-belang - Salam jumpa lagi dengan Pesancopy, baiklah kali ini saya akan posting mengenai hasil fotocopy yang belang-belang hitam, kalau belang-belang berarti ada lebih dari satu garis hitam yang timbul, postingan ini tepatnya terinspirasi rekan dari makasar yang berbagi pengalaman dalam mengatasi masalah garis hitam ini.

Tepatnya hasil fotocopy belang ini terjadi pada mesin fotocopy type ir 2870, namun saya rasa apa yang akan saya bahas ini bisa diterapkan pada mesin type ir 3570 serta sejenisnya yang memiliki type alur kertas vertikal.
Baca juga : Mempelajari alur kertas mesin fotocopy

Analisa kerusakan

Sebelum melangkah dan menentukan perbaikan apa yang diperlukan,kita mesti melihat hasil fotocopy terlebih dahulu kemudian kita harus analisa dari mana kerusakan ini timbul, baiklah hasilnya tampak pada gambar dibawah ini;

Hasil fotocopy belang-belang hitam


Dari gambar diatas tampak blok hitam pada hasil fotocopy  ada beberapa garis yang timbul dan menurut saya memiliki spasi atau jarak yang sama antara garis hitam yang satu dengan yang satunya lagi.

Setelah kita memahami kerusakan pada hasil fotocopy tersebut maka saya-pun menyimpulkan bahwa kerusakan terjadi pada area drum unit, namun agar kita tak salah menerka terlebih lagi guna menghindari salah beli sparepart ada baiknya kita perlu tau terlebih dahulu faktor apa saja yang bisa menimbulkan hasil fotocopy belang hitam ini;

Penyebab hasil Fotocopy belang-belang hitam

Dari analisa yang kita kumpulkan, dapat kita simpulkan terlebih dahulu bahwa penyebab hasil fotocopy belang bisa karena;

1. Primary atau roller charging

Primary yang sudah aus juga terkadang menyebabkan hasil fotocopy belang seperti ini, roller yang masih bagus akan terlihat sangat mengkilap hitam jika telah dilap dan dibersihkan, 

2. OPC Drum

Drum merupakan komponen utama yang bertugas mencetak hasil diatas kertas, sangat dimungkinkan untuk mencurigai drum atas kerusakan belang hitam seperti diatas.

Mengatasi hasil belang-belang hitam pada IR 2870/IR 3570 

Ok baiklah akhirnya kita sampai pada pokok masalah yaitu bagaimana untuk mengatasi masalah ini serta agar tidak salah dalam membeli sparepart nya.

dari hasil fotocopy belang hitam pekat dapat saya tarik kesimpulan jika roller charging bukanlah penyebabnya , karena jika roller yang rusak hasil belang yang ditimbulkan tidak speerti ini, hasil hitam ini lebih seperti gosong, sedangkan jika roller yang rusak hasilnya hanya akan terlihat blok hitam namun sedikit samar.

maka kesalahan patut ditujukan pada opc drum, dan memang benar saat membuka unit drum terlihat beberapa bagian drum telah terkikis, dan bagian terkikis inilah yang menimbulkan hasil belang hitam pada fotocopy, setelah mengganti drum memang benar hasil langsung bagus kembali.

Kesimpulan

perlu untuk diingat tentang masa guna opc drum, drum yang bagus hanya mampu bertahan dalam 15.000- 20.000 lembar, diatas pemakain tersebut maka drum akan mengalami kerusakan, maka perhatikan usia pakai drum dan lakukan pengggantian tiap 20.000 lembar.

akhir posting terima kasih telah menyimak posting saya tentang cara mengatasi hasil fotocopy belang-belang hitam, serta khusus terima kasih kepada rekan di makassar.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Mesin fotocopy canon IR 2870/3570 , Hasil fotocopy belang hitam"

  1. punya saya ir3045 belang putih/pucat agak tengah sudah saya ganti drum,cleaning blade dan roler charg tetep hasilnya belang ditengah kira2 kerusakannya dimana ya
    saya juga sudah cek kurah deploping dan cek mgnet rool masih bagus hasilnya msh belang
    tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mugkin bisa dicoba ini gan
      1. bersihkan mirror dibawah plate kaca
      2. bersihkan mirror di laser
      3. dan terakhir coba mainin angka di setting develope gan, agak hitam gitu,

      ditunggu hasilnya ya

      Hapus
    2. Pengalaman saya sensor develop jg mempengaruhi. Cek dulu mungkin ada kerusakan yg menyebabkan arus
      tidak normal

      Hapus
  2. Mas maaf mau nanya kalau tiap kali copy selalu ada garis hitam. Penyebabnya apa ya? Mesin saya ir 3045

    BalasHapus
  3. Maaf mas mesin saya pnya kndala spti gambar d atas apa solusinya harus ganti opc drum kah

    BalasHapus
  4. Pengalaman saya sensor develop jg mempengaruhi. Cek mungkin ada penyebab kerusakan yg berakibat arus ke sensor tdk normal

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan