Hasil fotocopy terang sebelah, inilah beberapa penyebabnya

Hasil Fotocopy terang sebelah - Hasil fotocopy menunjukkan kualitas dari mesin itu sendiri, terlepas dari dia itu mesin baru atau rekondisi, selama hasil yang keluar adalah bagus, maka mesin tersebut masuk kategori baik, walaupun mesin baru kalau hasilnya tak karuan maka mesin tersebut takkan bisa digunakan.

Hasil Copy terang sebelah

Sehingga dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa baik dan buruknya suatu mesin sangat ditentukan dari hasil akhir yang ia hasilkan, semakin mendekati aslinya berarti semakin baguslah peringkat mesin tersebut.

Seperti pada kasus yang akan kita bedah pada artikel kali ini yaitu hasil fotocopy menunjukkan hasil yang terang sebelah, maksudnya ada sisi kertas yang tercetak terang dan ada sisi yang tercepat suram/kurang jelas.

Adapun penyebab-penyebab yang membuat hasil fotocopy terang sebelah


1. Roller magnet develope

Banyak atau sedikitnya toner yang menempel pada roller ini akan mempengaruhi hasil pencetakan pada kertas, karena roller ini adalah tempat menempelnya toner yang akan didistribusikan ke drum, semakin bagus kondisinya maka semakin banyak toner yang menempel, maka hasilnya juga akan semakin terang.
Baca juga : Mengatasi hasil fotocopy bergaris hitam
Disekujur permukaan roller ini dilapisi oleh magnet tipis, fungsinya jelas agar toner menempel,ada kalanya lapisan magnet pada roller ini akan mengalami pengikisan, dan pengikisan tersebut terkadang tidak rata, ada bagian yang masih terlihat tebal namun ada sebagian yang sudah memutih karena lapisan magnet sudah hilang.

Kondisi roller magnet yang terkisis tidak rata inilah yang menyebabkan hasil fotocopy menjadi terang sebelah, karena ketebalan toner yang menempel pada roller magnet menjadi tidak sama.

cara untuk mengatasi roller magnet seperti ini adalah dengan mengganti roller yang baru, atau jika anda belum memiliki sparepartnya anda bisa mencoba untuk mengamplas permukaan roller agar terlihat sama putih saja, kemudian anda perlu untuk menyetel doctor blade pada stelan boros.

2. Doctor Blade

kalau toner saya ibaratkan air maka doctor blade ini adalah pintu airnya, pintu air membukanya adalah keatas dan menutup air adalah kebawah. jadi dapat saya katakan semakin tinggi stelan doctor blade maka toner yang mengalir ke roller magnet akan semakin banyak, jadi doctor blade ini mengatur banyak sedikitnya toner yang akan dialirkan ke roller magnet.
Posisi doctor blade

letak kerusakan pada doctor blade bisa karena ada sisi dari doctor blade kotor karena toner menggumpal atau tersumbat kotoran, sehingga aliran toner menjadi tidak sama rata antara sisi yang kotor dengan sisi yang bersih, ini menjadi penyebab dari hasil fotocopy yang terang sebelah.

cara mengatasi masalah ini cukup dengan anda membersihkan permukaan doctor blade sampai benar- benar bersih, anda juga bisa menyetel tinggi rendahkan permukaan doctor blade melalui baut yang mengikatnya, perlu settingan yang sama jika anda hendak mengubah setelan doctor blade agar toner tidak meleber karena terlalu boros.

3. Wire corona primary dan sparator ( untuk mesin IR 5000, IR 6000 dan setingkatnya)

Kesalahan yang mengakibatkan hasil copy terang sebelah juga bisa dikarenakan kondisi wire yang kotor, ada kalanya permukaan wire tertutup oleh toner yang mengeras, membuat kinerjanya menjadi tidak stabil. guna mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh wire ini, cukup dengan membersihkannya saja dengan alkohol, bila perlu anda bisa mengganti wirenya, namun mengganti wire bukan perkara mudah, jika anda tidak bisa mendingan jangan dulu, lebih baik dibersihkan saja.
Baca juga : Mengatasi kerusakan pada primary charging

4. Drum

Kondisi drum juga berperan dalam timbulnya masalah hasil fotocopy terang sebelah, drum yang lembab bisa menjadi penyebabnya, untuk melakukan kinerjanya, drum perlu untuk mencapai suhu kerjanya, agar toner dapat maksimal menempel pada permukaannya, drum yang lembab bisa menyebabkan toner yang menempel hanya sedikit bahkan tidak mau menempel.

Untuk mengatasi masalah drum ini anda hanya perlu membersihkannya dengan brasso serta mengeringkannya dengan menuangkan bedak diatas permukaannya kemudian gosok sampai benar-benar kering.
Baca juga : Cara membersihkan drum IR 5000 dengan mudah dan cepat
Sampai disini dulu apa yang bisa saya jelaskan tentang cara mengatasi hasil fotocopy yang terang sebelah, semoga bermanfaat dan mohon ditambahkan jika anda menemukan penyebab lain dilapangan, terima kasih

Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Hasil fotocopy terang sebelah, inilah beberapa penyebabnya"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif