Btc roulette Mengatasi kertas jam di fixing canon IR 4570 - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Mengatasi kertas jam di fixing canon IR 4570

PesanCopy- Salam jumpa kembali dengna kami, kali ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman mengatasi kertas yang selalu macet di Fixing khusus untuk IR 4570, namun sebenarnya cara yang akan saya utarakan juga bisa diterapkan pada jenis mesin fotocopy sejenis IR 4570 yang memiliki system dan kontruksi fixing yang sama seperti ir 3570 atau ir 3300.

Kertas macet di fixing unit

System fixing yang ada di mesin IR 4570 masih menggunakan pemanas thermistor serta keramik dan fuser film, hampir sama dengan mesin-mesin fotocopy canon yang memeiliki kecepatan antara 33 lembar sampai 40 lembar/menit.
Baca juga : Mengatai paper jam sebelum masuk drum pada ir 4570
Pada cerita kali ini ialah kertas selalu macet di fixing, kertas sedikit muncul namun sebagian masih terjepit di fixing, hampir selalu begini jika mengcopy dalam jumlah yang banyak, namun ada kalanya kalau cuma satu lembar mesin masih lancar, namun bukan mesin fotocopy namanya jika hanya mampu mengcopy selembar-selembar, berarti ini adalah masalah serius yang mesti dicari jalan keluarnya.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kertas macet di Fixing

1. Setting kertas di laci / Tray

Biasanya ir 4570 yang saya temui sering sekali macet di fixing jika posisi kertas adalah A4, namun ketika dirubah ke posisi A4R jalan kertas menjadi lancar.

jadi anda bisa meniru cara saya jika kertas selalu jam di pemanas, coba putar knob setting kertas ke posisi A4R, posisi ini juga bisa anda gunakan untuk fotocopy dengan kertas 60gram.

menurut saya pribadi ada kemudahan dalam menarik kertas A4R dibanding dengan kertas A4 karena perbedaan lebar dari kertas, ketika posisi A4 roller akan lebih keras berusaha menarik kertas karena bidang lebarnya lebih panjang, namun jika kertas tersebut posisi A4R bidang lebar yang ditarik menjadi lebih kecil, mungkin ini yang terkadang membuat kertas A4 sering nyangkut di pemanas.
Baca Juga : Cara memperbaiki fixing yang rusak fotocopy canon

2. Grease fixing sudah kering

pada komponen keramik pemanas sering di beri grease tahan panas agar putaran fuser film menjadi lembut dan lancar, ketika grease ini terbakar dan menguap maka fuser fixing hanya mengandakan daya putar dari roller lower fixing, karena hilangnya lapisan grease membuat putaran fuser film menjadi berat, ditambah dengan kertas yang melewati menambah berat lagi putaran fuser, sehingga tak jarang kertas menjadi berhenti di pemanas.

langkah mengatasi jam di pemanas ini adalah dengan membongkar fixing kemudian bersihkan permukaan keramik sampai bersih, kemudian berikan grease tahan panas khusus untuk fixing, lalu pasang kembali fuser film.

Sebelum anda memasang kembali unit fixing, coba anda pancing terlebih dahulu putaran fuser film dengan memasukkan kertas buffalo atau kertas apa saja secara manual ke alur fixing dan putar secara manual, hal ini bertujuan untuk meratakan grease agar merata ke permukaan dalam film, supaya putaran kembali lancar dan halus.

3. Keramik sudah terlepas dari dudukannya

Keramik yang sudah lepas dari dudukannya

Keramik yang terlepas lemnya dari dudukannya tidak akan menimbulkan kode error namun kertas akan sering jam di fixing, keramik ini langsung menempel pada thermistor jadi bisa saya simpulkan panas yang dihasilkan oleh thermistor tidak merata ke seleruh permukaan keramik, sehingga hal ini sering membuat kertas jam di pemanas.

salah satu langkah yang bisa anda lakukan disaat genting adalah menempelkannya kembali dengan lem dexstone/lem besi, hal seperti ini sering saya lakukan karena lem khusus untuk menempelkan keramik ke permukaan plastik susah didapat, cara ini terkadang ampuh sampai berbulan-bulan.
Baca Juga : Cara mengganti roller lower fixing canon IR
anda juga bisa menonton video perbaikannya disini



Sampai disini kiranya ulasan kasus mengatasi kertas jam di fixing canon IR 4570 kali ini, semoga membantu yang sedang mengalami hal serupa dengan saya. salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

31 Responses to "Mengatasi kertas jam di fixing canon IR 4570"

  1. gan saya mau tnya msin sya sering masalha seperti ini juga, anehnya kalo fc kertas kosong dia g nyangkut,tpi klau ad tulisan baru 3 lmbar az sdah nyangkut ad sarankh,tinta yg saya pake biasa yg buat ir6570 cman kta mekaniknya gpp, mhon pencerahannya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. penyakit yang memang sering terjadi pak, umumnya karena grease film pak, coba grease filmnya yang sedikit licin, karena masalah bapak juga saya lami persis, saat fotocopy kertas kosong,film tidak bekerja seberat jika ada tulisannya, mohon ganti grease saja dan liat perkembangannya, soal toner sepertinya bukan masalah

      Hapus
    2. Buat Ir4570 jika masalah demikian tidak usah cari ini itu yang beramasalah. itu permasalah pada termistor. saya pernah mengalami hal yang sama.

      Hapus
  2. Mohon solusi. Mesin saya ir4570. Masalahnya paper jam, jika mengkopy kertas kosong hasilnya lancar jika sebaliknya tersangkut. kode error pada layar tidak ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyangkut dimana ya bang, kalo di film, coba bongkar film ,bersihkan elemen heater dan kasih grease

      Hapus
  3. Mohon maaf Pak minta bantuan dan pencerahannya. Mesin IR4570 saya terus nyangkut di fixing unit padahal sudah ganti fixing film & di kasih grease. Gmana solusinya Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dibongkar lagi unit fixingnya pak, dan coba ce putaran fil terlebih dahulu, dengan cara gear warna putih samping kanan diposisikan keatas, dan putar gear fixing, kalo film dapat berputar dengan lembut berarti bagus, menurut saya film bapak tidak berputar dengan baik, sehingga mesin masih jam terus,, ganti greasenya saja atau campurkan sedikit silicon pada grease filmnya.

      Hapus
  4. gan klo macet setelh fixing unit apanya mesin saya ir4570 kertas ga mau keluar malah keatas lg,

    BalasHapus
  5. #ask gan klau kertas jumpaper terus menerus di fixing bagian bawah gmna min saya sudah bongkar pasang udah ada 2minggu tetep nyangkut ,habis ganti fuser filmnya mlah nyangkut terus ,baru 7 blan yg lalu juga min saya bli mesin ini ir3245 baru saya gnti part fuser fiom .trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya jika film baru. Grease di film juga baru. Film tidak masalah.. mungkin motor register tidak berputar.. roller dibawah film itu adalah roller register..ketika dia tidak berputar maka kertas tidak akan naik ke atas

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. bukan fixingnya itu sensornya telat baca,kalau fixing sangkut-sangkut cuci saja pakai rinso saya jamin jos.....

      Hapus
  6. Bos sy punya canon ir4570 dilayar ada ket kertas nyangkut di pintu samping tp stlah diperiksa tidak ada kertas. Apa penyebabnya?

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Bos sy punya canon ir4570 dilayar ada ket kertas nyangkut di pintu samping tp stlah diperiksa tidak ada kertas. Apa penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa pengalaman yang sudah saya temui berkenaan denan masalah agan.
      1. sensor lever tidak kembali sempurna , alias masih sedikit menggantung
      2. per lever sensor sudah lemah
      3. sensor kertas ada kerusakan antara kabel atau sensor warna hitam
      4. pintu perlu dibuka dan ditutup kembali, kemungkinan kurang kencang

      Hapus
    2. APTnya rusak itu, tukar saja aptnya saya jamin jos.....

      Hapus
  9. Guru mohon pencerahan .. canon ir 3045 saya macet terus kertasnya di pemanas . Sudah saya bongkar saya kasi silicone 2 kali masih tetep nyangkut kertasnya .. kertas nya melipat di dalam pemanas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum memasang fixing, coba check putaran manualnya, apakah fixing film nya berputar atau tidak, biasanya kalo di putar manual dia berputar maka kertas akan lewat.
      yang kedua coba check sensor delivery fixing yang ada di fixing, check tuas dan kekuatan pegas nya, pegas harus lembut dan cepat kembali keposisi semula,

      Hapus
    2. cuci aja pakai rinso,,,saya jamin jos,,,,

      Hapus
  10. Pak. Saya punya jam paper sebelum pemanas. Pelatuknya kdng keras,tiap awal mau copy pasti jam paper, setelah saya buka geser pelatuknya, btu bisa. Itu kira2 apanya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti pernya pak, atau lever sensor plus pernya, biar joss

      Hapus
  11. apa nama satu set fixing dan pemanas

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4570 kuncinya di fres roll,,pakai merek mizu punya,,, kalau minyak kering jarang sangkut dia paling hasilnya berbayang,,,

      Hapus
    2. fres roll = Presure roll, roller yang ada di bawah fixing film

      Hapus
  12. Mas ada jual dudukan elemen pemanas ir4570

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemesanan sparepart bisa langsung WA di nomor diatas bang, supaya fast respon

      Hapus
  13. min mau tanya mesin 4570 sering paperjam disensor ps13 & ps14, sensor sudah saya ganti dan per udah saya ganti tapi tetep aja sering jam, dan hasil copy kertasnya sering keriting dibagian bawah kertas, mohon pencerahanya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek film nya berputar ringan atau tidak pak? kemacetan di PS13 biasanya karena grease film kurang bagus, dan lever sensor ps 13 kadang juga aus,

      Hapus
  14. Min mau tanya, mesin saya IR4570 saat beroperasi berbunyi kretek kretek. Kira2 masalahnya dimana ya ? Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunyi kretek kretek kemungkinan besar dari mekanis developing, gear gear nya seret

      Hapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan