PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Cara setting dan mengirim fax dari mesin fotocopy canon, ternyata mudah hlo disini

Faks atau bahasa lain juga disebut Faksimile yang berarti membuat salinan yang sesuai dengan aslinya, berarti sama dengan fotocopy ya? ya benar fotocopy juga diartikan dengan membuat salinan yang sama dengan aslinya.

Namun ada perbedaannya yaitu jika fotocopy maka hasil dari salinan tersebut langsung keluar di mesin yang kita gunakan, namun jika Faksimile hasilnya akan keluar ditempat lain, entah dilantai berbeda ataupun di daerah yang berbeda yang terpaut jarak yang sangat jauh dengan menggunakan jaringan telepon.oleh karena itu faks juga disebut sebagai Telecopier karena dokumen salinan akan tercopy didaerah lain.

Karena Faks berkomunikasi melelaui jaringan telepon maka wajib bagi anda untuk memilki line telepon, bukan telepon HP namun telepon satelit seperti telepon rumah, dan juga penerima juga wajib memiliki mesin Faks juga.

Fasilitas Faks ini sudah dimiliki oleh mesin fotocopy canon IR sehingga anda tidak perlu untuk membeli sebuah mesin faks, selain fitur faks, mesin fotocopy canon juga dilengkapi dengan fitur Scan sebagai pemindai dokumen, nah silahkan baca artikel saya berkenaan dengan fungsi scan ini:

Baca juga : Cara menscan dari mesin fotocopy Canon

Selain fitur scan, mesin fotocopy Canon IR juga bisa digunakan sebagai mesin printer, lantas bagaimana instalasinya, berikut juga sudah saya tulis pada artikel yang satu ini:

Baca Juga : Cara ngePrint dari mesin fotocopy Canon

Untuk menggunkan fitur Faks ini biasanya Kit faks dijual terpisah dengan unit mesin, sehingga anda perlu untuk menanyakan saat pertama membeli mesin apakah kit Faks nya sudah ada, bila sudah terpasang maka kita bisa menggunkan fitur ini.

Berikut akan saya sharing bagaimana cara untuk instalasi serta setting fitur Faks agar dapat digunakan


Instalasi fax canon IR
Alat - Alat yang perlu anda siapkan terlebih dahulu:

1. Kit Fax/Board fax
2. Line telepon

Instalasi

1. Periksa terlebih dahulu dimesin anda apakah kit fax sudah ada atau belum dengan cara Klik Additional function -> lihat apakah ada tulisan "custom fax setting " pada menu sebelah kanan. bila menu ini ada berarti kit fax sudah terpasang.

namun bila menu tersebut tidak ada, berarti kit fax belum ada dan anda harus memasangnya terlebih dahulu.

2. Bila kit sudah terpasang, saatnya ada masukkan line telepon ke dalam soket fax pada mesin fotocopy (gambar 1) biasanya untuk area perkantoran sudah disiapkan line khusus untuk fax, namun jika anda tidak memilki soket fax, anda bisa menghubungkan langsung ke unit telepon.

3. Pasangkan ujung kabel fax ke soket mesin fotocopy dengan keterangan "Huruf L/ext"

jika sudah selesai berarti instalasi kit fax sudah selesai, saatnya untuk setting di area mesin fotocopy

Setting Fax di mesin fotocopy

1. Klik Additional function
2.Klik Custom fax setting
3.Klik User Setting
4.Klik Unit telephon
5.Masukkan nomor yang akan digunakan sebagai nomor fax ( seperti gambar 2)
6.Klik Unit name dan isi sesuai keinginan (contoh:pesancopy)

hanya unit telephon dan unit name saja yang saya rekomendasikan , karena dengan dua ini saja kita sudah bisa untuk kirim fax

Testing dan mengirim fax
Setelah semua selesai saatnya untuk melakukan testing mengirim fax,

1, Cek terlebih dahulu nomor telephon yang kita masukkan di Unit telephon (setting mesin fotocopy) adalah benar benar bisa digunkan dengan cara:

- coba anda panggil dengan menggunakan telephon anda, bila nomor tersebut bisa dihubungi berarti nomor tersebut bisa kita gunakan, juga sebaliknya, coba anda ketik nomor anda di mesin fotocopy dan klik enterr apakah telephon anda mampu menerima panggilan tersebut, bila iya berarti semua ok.


Testing dan mengirim Fax

2. Klik fitur Fax
3. Pastikan nomor tujuan fax adalah benar benar aktif
4.Masukkan kertas,bisa dari ADF maupun Plat kaca
5. Ketik nomor Tujuan (gambar 1) kemudian klik enter
6. Tunggu beberapa saat, bila terkirim maka akan ada pesan seperti gambar.3 dan bila gagal akan keluar pesan seperti gambar no.2. dalam bentuk print out.

Bila semua langkah yang saya utarakan diatas telah anda coba dan dipraktekkan dengan benar maka mesin fotocopy anda sudah bisa digunakan untuk mengirim dan menerima fax, bila ada kesulitan silahkan tinggalkan komentar anda.

Mungkin cukup sekian dulu sharing saya perihal cara setting dan mengirim fax dengan menggunakan mesin fotocopy canon, semoga bermanfaat dan membantu anda semua, terima kasih













Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Cara setting dan mengirim fax dari mesin fotocopy canon, ternyata mudah hlo disini"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan