Btc roulette Cara mengatasi paper jam canon IR 3570/2870/4570/2270, detail dan akurat - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Cara mengatasi paper jam canon IR 3570/2870/4570/2270, detail dan akurat

Salam jumpa kembali sobat pesancopy, kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam menangani kertas yang selalu jam di mesin canon IR 3570/4570/2870/2270 khususnya sebelum masuk drum, kenapa begitu banyak ya, karena ke 4 mesin tersebut adalah sama baik bentuk ataupun proses nya.

Secara khusus perbaikan ini saya lakukan pada mesin IR 3570, cara ini pun juga bisa diterapkan pada ketiga mesin yang saya sebutkan tadi diatas.

jam paper yang terjadi pada mesin ini adalah berada di bawah drum, artinya kertas macet sebelum masuk ke drum, menurut beberapa teman yang memiliki mesin jenis ini memang sering macet diarea ini, mereka pun sering mengeluh kenapa macet di area itu terus, susah mencari referensi termasuk saya waktu pertama menangani jam paper ini. setelah saya berhasil menemukan penyebabnya akhirnya saya share ke teman teman semua supaya menjadi manfaat.

Kertas ngejam sebelum masuk drum

Seperti gambar itulah mesin yang macet, macet ini terjadi walau hanya 1 lembar saja, benar benar tidak ada satupun kertas yang lolos di finisher.

Analisa
untuk mengetahui apa penyebabnya ada baiknya kita perlu untuk mengetahui aliran kertas dari awal sampai menuju ke finish, hal yang sangat membabi buta jika kita mengerjakan mesin tanpa kita tau arah kertas, saya yakin akan berantakan alur perbaikannya.

memperbaiki mesin perlu kesabaran dalam mencari dan menentukan titik-titik mana saja yang mempengaruhi terhentinya jalur kertas.

Baca Juga : Alur kertas canon Ir 3570/4570/2870/2270

Setelah membaca artikel saya tadi, pasti anda paham kemana seharusnya alur kertas seharusnya berjalan setelah dari laci kertas.

Selain alur kertas yang harus diperhatikan ada satu lagi yang juga sangat penting, yaitu sensor paper serta kegunaan dari sensor tersebut, karena sensor ini akan menggerakkan motor roller sebagai penarik kertas.

dengan mengetahui sensor paper anda akan paham sensor ini untuk apa dan menggerakkan motor apa, silahkan simak artikel tentang posisi sensor ini di sini:

Baca Juga : Paper sensor canon IR

Experimen dan penyelesaian
Setiap kertas macet pada lokasi tertentu pasti ada beberapa experimen yang saya lakukan sampai akhirnya dapat menemukan jalan keluar yang tepat dan masalah terselesaikan.

1.Pada kasus ini kertas macet sebelum masuk ke drum atau dibawah drum.

hal pertama yang disarankan teman-teman adalah karena sensor register yang berada tepat di bawah drum sudah pendek karena terkikis oleh kertas.

Sensor ini apabila dilewati kertas maka akan menyambungkan arus pada motor register kemudian
roller regist akan berputar menarik kertas ke dalam drum.

dalam hal ini berarti sensor tidak membuka sehingga roller regist tidak berputar, akhirnya kertas
macet dibawah drum, karena roll regist tidak berputar.

Bila sensor ini terkikis cukup tempelkan saja solasi atau plastik tebal bekas laminating, potong seukuran sensor kemudian tempelkan, agar saat kertas menyentuhnya akan segera membuka sensor dan roll regist pun berputar.

cara diatas sudah saya coba namun tidak menyelesaikan masalah, berarti sensor register pada kasus saya ini tidak menjadi penyebabnya.

2. Roller register outside

roller register
Setelah sensor register bukan penyebabnya, saya fokuskan untuk menetapkan bahwa roller register adalah penyebabnya, entah rollernya atau motornya.

Pertama harus anda ganti dulu roller register outside ini agar pasti apakah karena dia licin sehingga tidak mampu menarik kertas, roller register outside ini akan bergerak karena digerakkan oleh roller register inside.

saat saya ganti roller register ini ternyata masalah masih timbul juga.

3. Motor register
Inilah percobaan terakhir yang sangat penting dan menyelesaikan masalah macet sebelum masuk ke drum.

untuk menguji apakah motor ini berfungsi atau tidak caranya adalah seperti ini:

menguji motor roller register
- Buka pintu samping
- Colok sensor open/close door dengan obeng
- Roller register inside seharusnya berputar, kalau masih ragu restar mesin dengan kondisi door samping terbuka dan colok sensornya, roller akan berputar sebagai proses pemanasannya

Pada kasus ini roller tidak berputar sehingga dapat saya curigai kalau motor register mati. inilah sebagai penyebab paper jam sebelum masuk drum, langsung saja ke lokasi motor register.

lokasi motor register

- buka motor utama/motor pemutar drum seperti gambar.
- sesuai dugaan saya, motor register kabelnya digigit tikus
- perlu skill untuk membuka motor ini, sebaiknya panggil teknisi bila anda belum bisa membukanya.

Setelah berjam -jam mencari penyebab kertas jam sebelum masuk ke drum akhirnya ketemu kalau penyebabnya adalah motor roller register yang mati.

Seperti yang saya utarakan diatas, bahwa kertas terhenti sebelum masuk ke area drum karena roller register tidak berputar, roller register tidak berputar karena tidak ada arus yang masuk karena kabel putus.

Demikian info sederhana dari saya semoga banyak membantu bagi anda yang sedang berkutat menangani kertas jam di area drum canon ir 4570/3570 semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk menemukan dan menyelesaikan masalah anda. terima kasih.






Subscribe to receive free email updates:

29 Responses to "Cara mengatasi paper jam canon IR 3570/2870/4570/2270, detail dan akurat"

  1. Saya putri (solo)

    Kak mau tanya.. aku pnya mesin fcopy CANON IR 4570 kmrn abis di service krna paper jam / kertasnya nyangkut trs pdahal uda di service tetep aja gtu. Bahkan kmrn seminggu uda 3x service tp ga ada perubahan itu kenapa ga kak? Bisa kasi solusi ga? Pengen benerin sendiri tp takut malah tambah rusak.
    Oh iya kakak ada temen service mesin ftcopy daerah solo ngga? Klo ada boleh minta contactnya ga kak? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerusakannya disebelah manà.. bisa kirim foto via WA saya.. mungkiñ saya bisa bantu

      Hapus
  2. Pagi kak..cara mengatasi jam paper yg menurut display ps 11. Gmn y ? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. ps 11, kalau tidak salah adalah sensor duplex untuk fotocopy bolak balik, bisa di cek ke lokasi apakah pernya kendor dan juga bisa sensor sebelum masuk ke area ps11 yang jadi penyebabnya

      Hapus
    2. Sensor register longgar bisa digeser gtu apa penyebabnya?

      Hapus
  3. Balasan
    1. roll pemanas fixing unit luka pembungkus nya....saya pernah lihat dililit menggunakan seal putih yg biasa digunakan utk kran pralon air....apakah tidak bermasalah jika digunakan itu sebagai lapisan roll primery

      Hapus
  4. ir 4570 selalu paper jam di drum

    BalasHapus
  5. ir 4570 selalu paper jam di atas dan di fixing..mohon petunjuk boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. umunya karena grease dan fixing film yang sudah jelek, coba cek putaran fixing film, dengan cara di bongkar dan lihat putaran manual, lancar atau tidak

      Hapus
    2. Cuci pakai rinso filem sama fres rollnya klu gitu juga tukar fres roll yang bagus jngan yang biasa..saya jamin jos...

      Hapus
  6. kalo Motor registernya itu di area mana yah gan ?

    BalasHapus
  7. Menurut display sensor no.10 tapi kertas jam di fixing unit... Padahal lower sama fuser udah diganti baru..
    Awalnya jam untuk kertas pertama dan terakhir... Sekarang malah gak jam total.. ada solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba greasenya di campur dengan silicon oil bu, saya suka mencampur grease degan itu, ketika kertas jam terus di pemanas padahal fuser aru diganti

      Hapus
  8. Kalo kertas selalu nyangkut di finisher itu disebabkan karena apa ya pak? Mesin nya ir3045 Mohon solusinya...

    BalasHapus
  9. Kalau fixing IR4570 dipasang tuas geser sebelah kiri yg kalau ditutu jadi cantolan kawat pengait itu posisinya kedepan atau kebelakang pak.. soalnya kalau kebelakang kan ngunci antara lower roll dan fuser fixing (berhimpitan)jadi pasti seret.. jadi saya posisikan tuas ke depan yg berarti meremggamgkan lower roll dan fuser

    BalasHapus
  10. Ka mau tanya paper jam sesudah lewat pemanas itu masalah nya apa..soal nya baru pertama jam di sekitar itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapasolusi untuk macet di depan pemanas
      1. flapper pecah
      2. roll hitam, depan pemanas sudah halus
      3. sensor depan pemanas patah
      4. oneway exit rusak

      Hapus
  11. bang mau tanya, kalo finisher tidak bisa gerak naik turun dan ada notifikasi FINISHER CANNOT BE USED, itu masalahnya dimana ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukk ke common setting >> cari limited function mode >> dan off kan

      Hapus
  12. Salam kenal. Saya mau nanya.. mesin ir3235. Terus ps13. Saya uda pindahakan unit fixing yg baru dengan tipe yg sama. Tapi tetap ps 13. Mohon solusinya bang. Trimn

    BalasHapus
  13. Mesin saya ir3235. Terus ps13. Saya uda ganti 1 unit pemanas dgn tipe yg sama. Tapi tetap ps13. Mohon solusinya bang. Trima kasi

    BalasHapus
  14. Salam kenal. Mesin saya ir3235. Masalahnya selalu Ps13. Aaya uda ganti 1 unit pemanas dwngan tipe yg sama. Tapi tetap ps13. Mohon solusinya bg. Trima kasi

    BalasHapus
  15. Sore bang..Canon Ir 3045 kertas selalu macet n terlipat sprti kipas difixing(fix film,grease n lower udh baru smua to pnykitx msh sma).tu mslahx dmna bang????..thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek gaya pegas pada pelatuk ps13, sepertinya terlalu berat pak, sehingga kertas tidak kuat mendorongnya

      Hapus
  16. Ir4570, laci 1 lancar, laci 2,3,4 ngejamp. Utk laci 2,3,4 kalau mau lancar harus ditekan pintu 2 dari bawah. Kalau gak ditekan maka ngejamp utk laci 2,3,4. Mohon solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada feeder laci 1. terdapat plat tipis(jika masih ada) maka buat ia daya tekan makin kenceng dengan menariknya keluar, jika plat tadi tidak ada maka ganti dengan ganjal berupa doubletip yg agak tebal, jika bingung bisa wa ke nomor admin diatas pak

      Hapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan