PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Mesin fotocopy canon ir 4570/3570/2270/2870 paper sensor, mengenal fungsi dan lokasinya

Bila mesin fotocopy saya ibaratkan dengan lalu lintas, maka alur kertas adalah jalannya sedangkan sensor paper adalah lampu lalu lintas/traffic light yang memberi isyarat agar kertas dapat berjalan atau berhenti.

jika pada artikel yang lalu saya sudah menulis tentang alur kertasnya maka kali ini saya akan memposting tentang sensor kertasnya. bagi anda yang belum sempat menengok tentang alur kertasnya, silahkan baca:

Baca juga : Mempelajari alur kertas canon IR 4570/3570/2270/2870

Sama halnya seperti dijalan, pada alur kertaspun ada yang namanya macet/jam,  kalau terjadi hal tersebut maka sensor akan memberi isyarat kepada monitor agar menampilkan lokasi dimana saja yang terdapat kertas macet.

Selain sebagai pemberi isyarat, sensor juga bertugas sebagai penyambung dan pemutus arus ke motor penggerak dan mengatur alur kertas agar sesuai dengan  keinginan sang pemakai mesin fotocopy.

sehingga sangatlah vital pula fungsi sensor ini, tanpa sensor ini kita akan repot menentukan dimana lokasi  kertas jam tersebut.

Namun tiada manfaat kalo cuman tau itu sensor, tapi tanpa tau nama dan fungsinya, makanya artikel ini hadir untuk memberi gambaran dimana lokasi sensor dan fungsinya.

Sensor paper canon
Nama dan Fungsinya

1. (1,2) paper level B dan A pada laci satu, sebagai sensor yang memberikan indikasi banyak atau sedikitnya kertas yang ada di laci, biasanya ditandai dengan strip-strip, semakin banyak kertas maka pada sensor dimonitor akan semakin banyak stripnya.

2. [3,4] Paper level sensor B dan A pada laci 2.

3.[5 dan 7] paper sensor sebagai pendeteksi ada tidaknya kertas dalam laci, setelah laci ada kertas maka laci akan naik dan menghitung jumlah kertas, bila dilaci tidak terdeteksi adanya kertas maka laci tetap akan naik cuma indikator level paper akan kosong tanpa strip.

4. [6 dan 8] Retry sensor, ketika pertama klik start saat memulai copy dokumen, maka roller [a] akan berputar dan menonjok sensor ini dan mengakibatkan roller [b] berputar, sensor retry atau sensor pertama yg dilewati kertas

5. [9] Sensor stack bypass, sebagai pendeteksi ada atau tidaknya kertas yang ditempatkan di stack bypass.

6.[10] Register sensor, sensor yang membuat roller [c] berputar, jika sensor ini bermasalah maka akan terjadi jam sebelum masuk ke drum, ketika kertas sudah memasuki sensor ini maka sensor [9] harus segera kembali ke posisi semula. jika sensor [9] tetap terbuka maka jam akan terjadi.

7.[12] Fixing/delivery sensor paper, setelah kertas keluar dari drum dan memasuki fixing maka giliran sensor ini yang akan bekerja, sensor ini akan menggerakkan Fixing outlet roller agar kertas dapat tertarik keatas menuju finish proses. Jika sensor ini bermasalah maka akan terjadi jam di fixing

8.[13] Delivery sensor, sensor ini akan menggerakkan roller delivery [d] dan membuat kertas mengalir keluar

9.[14] Deliery full sensor, ketika kertas telah keluar maka sensor ini kan terbuka dan membuat kertas terhitung 1 pada counter.

10 [11] sensor duplex, sensor yang akan menggerakkan roller duplex apabila fotocopy bolak balik digunakan.

Apakah anda cukup jelas dan paham dengan lokasi serta fungsi dari sensor paper, dengan modal ini saya yakin kita bisa menentukan lokasi jam serta menganalisa kerusakan yang ditunjukkan oleh indikator sensor .

Akhirnya cukup sekian artikel saya tentang paper sensor, semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mesin fotocopy canon ir 4570/3570/2270/2870 paper sensor, mengenal fungsi dan lokasinya"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan