Menggunakan menu Collate dan Group? disini ilmunya

Hasil fotocopy terpisah rapi - Ada banyak fitur yang disediakan oleh sebuah mesin fotocopy all in one, tidak hanya sekedar mengcopy 1 atau dua lembar saja namun dia juga bisa memisahkan lembar demi lembar atau menggabungkan lembar demi lembar sesuai dengan keinginan anda. bila anda seorang operator mesin fotocopy di kantor anda atau anda seorang pengusaha fotocopy maka fitur ini akan sangat membangtu anda dan sangat bermanfaat untuk menghemat waktu.bila anda baru dalam mengenal mesin fotocopy ,anda bisa baca artikel saya yang ini:

Baca Juga : menggunakan mesin fotocopy bagi pemula

dimesin fotocopy khususnya canon yang selalu jadi pembahasan saya dalam setiap artikel telah di sediakan suatu fitur yang bernama FINISHER, fitur ini untuk memanipulasi hasil akhir dari proses mengcopy dokumen. ada beberapa fitur didalam menu FINISHER ini dan anda akan segera mempelajarinya disini, agar hasil akhir menjadi rapi, indah dan hemat waktu. mari kita berkenalan dengan yang pertama:

1. Mode Collate 

Menu collate ini akan menghasilkan hasil akhir berupa ABC artinya jika anda memiliki 10 lembar dokumen dengan nomor 1- 10, anda ingin mengcopynya menjadi masing masing 10 lembar yang ingin anda bagikan kepada 10 orang, tentun anda akan susah dan lama apabila menghunakan fungsi yang biasa biasa saja. dengan menu collate ini dokumen ini akan langsung dipisahkan per 10 lembar dari nomor 1 ke 10, dan berlanjut terus sampai selesai, di kahir proses anda tinggal mengambil 10 lembar untuk di steples tanpa harus mengurutkan nomornya. mudah bukan, silahkan di coba

Baca Juga :Posisi kertas saat fotocopy


2. Mode Group
menuju ke mode berikutnya dari menu finisher adalah group. sebagai gambaran saya asumsikan anda adalah seorang guru, anda memiliki 5 lembar dokumen yaitu soal matematika,fisika,ipa,ips,ppkn. anda ingin mengcopy masing masing menjadi 30 lembar untuk masing masing murid anda, mode yang cocok untuk ini adalah mode group, ya kenapa harus group karena anda harus menumpuk per soal menjadi 30 lembar, jika anda menggunakan menu collate maka 5 lembar akan diselesaikan dulu oleh mesin fotocopy sampai 30x. diakhir proses anda harus memisahkan tiap soal, merepotkan bukan. maka anda harus menggunakan mode GROUP, klik menu finisher dan pilih mode GROUP. maka dihasil akhir 1 soal akan ditumpuk menjadi 30 lembar kemudian sola yang berikutnya juga sama.

Jadi mode group akan memisahkan tiap soal sebanyak 30 lembar, akan sangat membantu sekali bukan

3. Mode Rotate
pada mode ke tiga ini terbagi menjadi 2 lagi yaitu rotate collate dan rotate group. inti dari mode rotate adalah memutar, untuk memakai menu rotate ini anda harus menyiapkan 2 jenis kertas yyang pertama anda susun dengan tipe A4 dan laci kedua anda susun dengan Tipe A4R karena rotate ini akan bergantian menggunakan kedua tipe kertas tersebut.

contoh : saya memiliki 3 lembar dokumen a,b dan c. akan saya fotocopy sebanyak 5 lembar, saya akan memngunakan rotate dengan collate, sudah paham donk hasil akhir mode collate langsung saja klik menu finisher pilih rotate dan pilih collate.
hasil akhirnya akan tertata seperti ini, 3 lembar a b c akan terususn dengan kertas A4 dan diatasnya 3 lembar a b c akan tersusun dengan kertas A4R jadi akan terlihat seperti zigzag akan semakin memudahkan anda untuk memisahkannya enak bukan.

demikian artikel tentang hasil fotocopy terpisah rapi , bila anda kurang jelas simak saja langsung videonya di sini.

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

2 Responses to "Menggunakan menu Collate dan Group? disini ilmunya"

  1. artikel yang sangat bagus dan membantu bagi saya sebagi pemula,beberapa permasalahan yang pernah saya temui solusinya ada disini,sehingga gak perlu repot panggil teknisi...(sibuk terus teknisinya )
    cuma saata ini saya lg ada masalah dengan mesin ir 5000,dimana hasil copy nya ada garis hitam,padahal udah sy bersihkan mulai dari wire sampai ke drumnya (sy bongkar aja padahal gak tahu apa2,bermodalkan dari internet aja.Awal permasalahannya ada tinta yang sering keluar dan terbawa sama kertas sehingga hasil copian jadi hancur karena ada tinta yang ikut terbawa,setelah di cek ternyata di tempat penampungan tinta dekat drum sebelum tinta di buang (gak tahu namanya) tintanya sudah mengeras dan gak ketampung lg sehingga tinta jadi tumpah keluar dan kena sama kertas,jadi sy bongkar dan kuras,cuma sekarang ini hasil fotocopian jadi ada garis hitamnya,minta solusi dan pendapatnya pak?

    BalasHapus
  2. terimakasih mas dani sobirin atas komentnya. coba ganti wiper blade nya pak. semoga membantu

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif