PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Mengatasi Error E010 canon ir 5050

Mengatasi Error E010 canon ir 5050 – Untuk dapat mencetak dokumen, drum harus berputar saat proses copy berlangsung, drum ini berputar seiring dengan toner yang menempel di permukaannya, ketika kertas sudah mulai masuk kewilayah drum, maka toner akan menempel di atas kertas dan terus menempel seiring dengan putaran drum, berputarnya drum ini karena adanya motor penggerak drum, jika drum tidak bergerak maka error e010 muncul di layar monitor.

Seperti pada kasus yang akan kita bahas tentang error e010 canon ir 5050, dimana saat mesin fotocopy mulai dinyalakan langsung muncul kode error E010, lantas dimana letak kerusakan nya.

Penyebab kode error E010 canon  ir

Pada awalnya mesin ini tidak menandakan akan terjadi rusak atau kode error apapun, karena mesin berjalan lancar lancar saja, entah kenapa pada pagi ini ketika baru menyalakan mesin langsung muncul error e010 pada mesin ir 5050 ini.

mengatasi error e010 ir 5050
lokasi motor penggerak drum ir 5050


Setelah mencari saran kesana kemari didapat kesimpulan jika kerusakan ini berhubungan dengan motor utama penggerak drum, secara garis besar, error ini timbul karena perputaran drum yang tidak sempurna entah dia seret atau tidak berputar sama sekali.

Baca juga: cara mengatasi error e014 canon ir

Cara mengatasi kode error e010 canon ir 5050

Karena kita sudah mendapat petunjuk tentang kerusakan e010 diakibatnya dari area motor penggerak drum, maka langsung saja kita lakukan checking di area drum dengan langkah-langkah berikut

1. Membuka  tutup belakang
2. Motor penggerak drum berada di bawah box mainboard, langsung kelihatan jika anda membuka cover belakang


Belum sampai memeriksa komponen lain, penyebab e010 sepertinya sudah ketemu, ternyata kabel yang menuju ke motor drum lepas, entah apa penyebab dari lepasnya kabel ini yang pasti setelah kabel ini di colok mesin kembali normal.

Dalam kasus lain didapati penyebab dari e010  disebabkan baut utama drum lupa tidak dipasangkan, dapat dipastikan bila drum tidak ikut berputar karena tidak ada yang mengikat drum dengan As nya. Karena baut drum ini diputar oleh as, jadi penyebab e010 disebabkan tidak ikut berputarnya drum,

Dalam kasus lain mungkin saja motor drum yang mati, jadi perlu untuk memeriksa motor penggerak drum jika kedua pengalaman diatas ternyata tidak bisa membuat mesin fotocopy kembali normal, demikian ulasan cara mengatasi e010 canon ir 5050 semoga bermanfaat bagi pembaca.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Error E010 canon ir 5050"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan