Mengganti Element Heater Canon Ir 3300.

Mengganti elemen heater Canon IR 3300.Elemen heater atau biasa saya menyebutnya keramik pemanas adalah komponen yang ada di unit Fixing. Sesuai dengan namanya komonen ini menghasilkan dan menyalurkan panas yang kemudian digunakan untuk memanaskan kertas dengan toner yang melewatinya, kemudian mendorongnya ke proses finishing, ketika keramik ini bermasalah biasanya akan mengeluarkan kode error E0000, dari berbagai pengalaman yang saya alami pada error e000 ini biasanya diakibatkan oleh elemen heater yang rusak.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari E000 sudah pastilah kita harus mengganti elemen heater ini sebagai langkah awal untuk perbaikan agar kita tahu e000 ini memang diakibatkan oleh keramik pemanas, dalam sedikit kasus bukan hanya heater Element yang menjadi penyebabnya.

Element Heater IR 3300

Berbicara mengganti elemen heater canon IR 3300 kita harus berhubungan dengan unit fixing kemudian membongkarnya, apakah anda belum bisa membongkar fixing Ir 3300 jika belum sebaiknya ada baca artikel yang satu ini. Cara membongkar unit fixing Ir 3300.

Element Heater pada Ir 3300 memiliki dua jenis sesuai dengan penggunaannya 110V dan 220V, sesuai dengan tipenya, ini merujuk kepada penggunaan arus listriknya jangan sampai tertukar ya apalagi elemen Heater 110 v . Anda pasang pada mesin dengan tegangan 220 V. Sudah pasti akan terbakar.Baca Juga : Membedakan element Heater Canon IR 3300.

Selain dari mengetahui jenis elemen Heater Anda pun harus tahu cara untuk memasangnya jangan sampai terbalik. Jika terbalik untuk membongkar nya lagi akan susah ditambah lagi harga dari heater Element ini tidak murah jadi harus benar-benar tepat cara pemasangannya.


Cara pasang heater Element Canon ir3300

Nah sebelum anda melangkah untuk membongkar Sendiri Lebih baik simak tips dari saya sehingga tidak salah dalam memasang heater Element ini.

#Pertama: Bongkar heater element yang rusak


dudukan element heater

Setelah anda membuang dan membongkar elemen heater yang lama kemudian bersihkanlah sampai bersih saya biasa menggunakan thinner untuk membuang sisa sisa lem yang melekat pada dudukan dari heater Element ini karena kalau tidak bersih heater Element tidak akan bisa menempel dengan erat kedudukannya.

#Langkah kedua : Lem Heater element dengan dudukannya
Saya biasa menggunakan silikon rubber untuk merekatkan keramik dengan heater Element. Dari beberapa percobaan yang saya lakukan silikon rubber ini ternyata bagus menghandle panas dari fixing.

Ada beberapa lem khusus yang mesti anda perhatikan untuk mengelem atau melekatkan keramik dengan dudukannya, harus ada perekat yang tidak pecah saat terpapar panas yang tinggi.

#Langkah ketiga:Perhatikan Posisi element Heater
point dalam memasang keramik heater

Inilah langkah yang paling penting posisi dari elemen heater ini jangan sampai terbalik biasanya saya menggunakan tanda yang ada di elemen heater supaya tidak terbalik saat memasangnya Dan inilah cara yang saya gunakan agar saya tidak salah dalam memasang elemen hitam anda pun bisa jika memang perlu.

#Langkah keempat : Tindih agar keramik tidak lepas


menindih element heater agar tidak menganga

Setelah heater element sudah menempel pada dudukannya saatnya untuk memberikan tekanan diatas permukaannya agar lem benar-benar merekat, saya biasa menggunakan roller pressure atau press roll kemudian saya ikat dengan kabel ties atau karet untuk menahan posisinya, karena dalam beberapa kasus, keramik akan menganga jika tidak di tindih.

Nah elemen heater sudah selesai pada tahap ini namun anda tidak bisa langsung memasangnya tunggu selama 2 jam sehingga silicon rubber benar-benar mengikat elemen heater dengan kuat.

Setelah dua jam berlalu silahkan memasang kembali komponen kedudukan fixing dan melakukan pengetest san .

Demikianlah cara saya untuk mengganti elemen heater Canon IR 3300 ini yang terbukti berhasil Selamat mencoba.

Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Mengganti Element Heater Canon Ir 3300."

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan