Lokasi motor duplex canon ir 6000

Motor Duplex - banyak sekali motor yang menggerakkan unit 2, namun kali ini saya hanya ingin mengulas tentang motor vertical path duplex feeding atau saya singkat saja motor duplex, dalam buku manual motor ini memiliki nomor kode m25, selain menggerakan duplex dia juga menggerakkan roller vertikal path, itu hlo karet hitam 2 biji yang berada di atas paper feed laci 1, seperti gambar ini sobat.

roller vertikal path
kenapa saya ingin mengulas motor ini? karena kali ini hasil service berhubungan dengan kondisi dari motor duplex ini, mesin yang kita hadapi kali ini selalu jam di ujung duplex, artinya hampir keluar dari unit 2, namun benar-benar terhenti diroller terakhir dari unit 2, namun untuk fotocopy satu sisi atau satu lembar, tidak menjadi masalah, lancar- lancar saja. selain dari pada nge-jam diduplex, mesin juga kadang kala mengeluarkan bunyi yang berisik.

secara garis besar masalah kali ini adalah fotocopy bolak balik nge jam namun fotocopy satu lembar lancar dan juga mesin mengeluarkan bunyi kasar, kadang kadang.

Bunyi dari motor duplex

saya dengarkan dengan seksama dari mana asal dari bunyi yang menyakitkan telinga tersebut, serta tiap kali bunyi itu datang pasti kertas akan nyangkut, telisik punya telisik bunyi berasal dari paper feeding unit satu, lantas bagaimana mesti menentukan darimana spesifik bunyi ini berasal.


Langkah perbaikan

guna memastikan bunyi apa ini sebenarnya maka perlu saya lakukan langkah eksperimen dengan cara 

1. saya buka tuutp samping dan mengganjal sensor dengan kertas.

2. Matikan mesin lantas hidupkan kembali, tunggu sampai proses pemanasan

3. dalam proses pemanasan, roller vertikal path diatas harus berputar sebentar.

4. Ternyata ketemu, roller vertikal path tidak berputar, namun terdengar seperti berputar didalam namun tidak sampai memutar gear, mirip seperti "as" motor macet.

Lokasi motor duplex
ketemu penyakitnya, penyebabnya motor m25 tidak mau berputar, namun terkadang ia berputar dan ini jelas adalah masalah, tapi saya masih penasaran untuk menentukan motor ini benar-benar mati atau gearnya saja yang terganjal, lebih baik kita menuju kelokasi dari motor vertical duplex feeding ini yang tentunya bukan pekerjaan ringan, ini adalah pekerjaan berat.

1. anda mesti membongkar semua cover belakang

2. lepaskan mainboard berikut plat besinya

3. lepaskan waste toner berikut platnya sampai terlihat jelas bagian belakang mesin, inilah motor yang akan kita oprek.
lokasi motor duplex

apakah jelas? kalau belum jelas lihat nomer serinya seperti ini.
nomor seri motor duplex

Cara test motor Duplex

Ok jika anda sudah menentukan motor mana yang mesti dilepas, saatnya kita untuk menguji apakah motor ini yang rusak atau ada suatu benda yang menghalangi motor ini untuk berputar.

1. Coba anda cek gear-gear yang diputarkan oleh motor duplex ini, mungkin saja ada yang gompal, namun di kasus saya ini tidak terjadi, semua gear terlihat bagus dan tidak ada benda apapun yang menghambat jalannya gear.

2, Berarti kita harus melakukan test terhadap motor duplex dengan cara lepaskan saja, sambil anda on off mesin, untuk melihat putaran saat mesin melakukan warming up.

mengetest motor duplex

3. Ternyata memang benar, motor milik saya terkadang berputar dan terkadang mati, 

gerakan yang tidak konsisten inilah yang menyebabkan fotocopy bolak balik terkadang lancar dan terkadang macet namun lebih banyak macetnya, namun gerakan yang tidak konsisten dari motor duplex ini tidak berpengaruh pada fotocopy untuk satu sisi saja alias bukan bolak balik, karena saat fotocopy satu sisi kertas masih dibantu dorongan dari roller sepong dan juga ditarik oleh roller register.

demikian kiranya pengalaman hari ini yang bisa saya bagi, semoa bermanfaat bagi anda. terima kasih




Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Lokasi motor duplex canon ir 6000"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan