PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Mengatasi Error E020 Canon IR

Mengatasi Error E020 Canon IR -  Sebuah mesin fotocopy pasti akan mengalami jeda penggunakaan yang cukup lama semisal saat libur lebaran , hampir satu minggu mesin tidak akan dipakai. seperti halnya dengan mesin yang saya gunakan di kantor selepas lebaran mesin fotocopy tidak saya gunakan hampir satu minggu alhasil ketika baru saya nyalakan terpampang error E020.

Apa sebab munculnya error ini ternyata toner yang berada di dalam bak develope mengeras, alhasil sirkulasi toner tidak lancar untuk di teruskan ke drum, secara garis besar memang kerusakan ini diakibatkan karena supply toner atau sirkulasi toner yang tidak lancar. selain dari pada toner yang mengeras di bak develope ada beberapa penyebab yang mungkin akan menimbulkan error E020 diantaranya :

1.Gear Motor Hopper pecah.
Hopper adalah tempat pertama toner ditampung, hopper akan mengalirkan toner ke Develope melalui putaran gear hopper, bilamana gear Hopper patah/rusak maka toner pun takkan mengalir ke develope dan akan mengendap saja di Hopper.

2.Sensor toner rusak
sensor yang berapa di hopper ataupun yang ada di develope kemungkinan rusak, sehingga toner tidak mengalir.

3.DC Control Rusak
Bisa juga error E020 dikarenkan DC control rusak, biasanya yang berhubungan dengan soket penggerak motor dinamo Hopper, sehingga motor menjadi mati.menganti DC control adalah pilihan terakhir dan sebisa mungkin jangan dulu, sampai anda benar benar menyerah dan tidka ada jalan lagi.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya, bila tidak segera di atasi bisa saja mesin belum mengeluarkan error namun hasil fotocopy sudah terlihat agak buram,bahkan blank karena box develope kosong.

Baca Juga : mengatasi hasil fotocopy blank putih

Cara mengatasi E020

1.Kuras Hopper 
Lepaskan Hopper dan kuras tonernya perhatikan setiap komponen yag ada di hopper bila ada yang rusak ganti saja.

2.Kuras develope
Kuras juga Develpe agar tinta yang mengeras dapat diganti dengan toner yang baru.didalam develope terdapat semacam baling baling yang akan terus bekerja mengaduk aduk toner agar supaya tidak mengeras, sehingga bila toner yang mengeras tidak di kuras, maka baling baling pun tidak mampu berputar dengan lancar.

3. Cek kabel kabel konektor yang berhubungan dengan Hopper dan develope bersihkan juga konektor konektor tersebut.terutama konektor yang menggerkakan motor hopper.Konektor kadang kotor tertutup debu ataupun toner sehingga menghambat arus listriknya.

4. Selalu gunakan toner dengan kualitas bagus agar mesin anda serta hasil fotocopy selalu maksimum.toner merupaka ujung tombak dari pada hasil fotocopyan, semakin bagus toner semakin maksimal hasil akhirnya.

Baca Juga : Cara merawat mesin fotocopy agar awet

Demikian Onformasi Mengenai cara Mengatasi Error E020 Canon IR ini saya begikan. semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih






Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

9 Responses to "Mengatasi Error E020 Canon IR"

  1. gan saya mau tanya.
    kenapa tabung toner sudah terpasang tapi tidak terbaca oleh mesin. tetap aja mintak masuki tabung tonernya. kira-kira apa gan kerusakanya gan...
    sebulumnya terimakasih..
    Ttd(tono)

    ReplyDelete
  2. maaf dan itu utk mesin ir3045. tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tono: apakah tulisannya "add toner"?. Kalo tulisan nya suruh masukin tabung toner belum pernah nemuin bang.. kalo add toner.. bisa karena soket sensornya rusak atau kendor bang

      Delete
  3. Botol toner td berputar..dan ada error 020 pada mesin canon ir 3045...solusi dan cara betulinya bgaimana?

    ReplyDelete
  4. Bisa tampilkn gamvar hopper, develooer dan drum?

    ReplyDelete
  5. rror 020 pada mesin canon ir 4570...solusi dan cara betulinya bgaimana?
    Padahal sudah resep eror. ..
    Mohon infonya sobat jika ada yang tahu. .
    Wslm

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di ganti dulu sensor tonernya gan

      Delete

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan