PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Jenis kerusakan pada drum mesin fotocopy

Photosensitive drum ialah komponen  yang berbentuk tabung dimana ketika cahaya yang sangat terang yang dihasilkan dari lampu expose yang menyinari dokumen yang sudah diletakkan di atas kaca dengan posisi terbalik ke bawah pada kaca, gambar pada dokumen kemudian akan melalui lensa, kemudian lensa akan meangarahkan gambar tersebut ke arah tabung drum. 

Tabung drum adalah silinder dari bahan aluminium yang dilapisisi dengan selenium yang sangat sensitif terhadap cahaya . secara garis besar tabung drum ini sebagai tempat untuk menerima pantulan cahaya ldari lampu expose.

 Area yang terkena cahaya oleh laser(area putih pada lembaran kertas) akan dipantulkan ke tabung drum dan menetralkan ion ion di tabung drum menjadi ion negatif, area yang tidak terkena cahaya (area tulisan/gambar di lembar kertas yg asli di plat kaca) akan dipantulkan ke tabung drum dan tidak merubah muatan ion di tabung drum(posisif).

Toner yang bermuatan negatif akan ditarik oleh tabung drum yang bermuatan positif, sehingga toner menempel pada tabung drum,kemudian ditempelkan pada selembar kertas yang lewat dibawahnya.

Baca Juga : Tips cerdas memakai kertas buram untuk fotocopy


 Cara kerjanya hampir mirip seperti cetakan/sablon, tempat dimana dibuat pola kemudian ditempelkan pada selembar kertas sehingga duplikat cetakan terbentuk di kertas.
Karena tugasnya sebagai tempat cetak mencetak diatas kertas,maka bagus tidaknya hasil cetakan ditentukan oleh bagus tidaknya media pencetak (tabung drum).so,, apabila media pencetaknya kotor/rusak maka hasil cetakannya pun akan kotor dan rusak.
Baca Juga : Mengatasi Bunyi kasar di Drum
Dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa untuk mendeteksi masih bagus tidaknya suatu tabung drum dapat dilihat/dianalisa dari hasil print dan hasil fotocopy nya.
Dari beberapa pengalaman tentang kerusakan tabung drum, saya akan berbagi tentang menganalisa tabung drum yang sudak rusak.

1.Hasil Print out/fotocopy terdapat garis rapat

Dari hasil print out disamping, terdapat garis hitam rapat horizontal dibagian ujung atas, indikasi ini berarti terjadi kerusakan pada tabung drum dibagian ujung, coba kita buka drum unit nya, inilah tampak tabung drum telah aus dibagian ujung.jadi tabung drum mesti diganti.


2.Hasil print Out/Fotocopy terdapat garis hitam tidak rapat



Dari hasil print out disamping, terdapat garis hitam rapat horizontal dibagian tengah kertas, indikasi ini berarti terjadi kerusakan pada tabung drum dibagian tengah, coba kita buka drum unit nya, setelah tabung drum dibuka ternyata terdapat baret baret pada permukaan tabung drum dengan jarak yang agak berjauhan, tabung drum seperti ini tidak dapat dipakai kembali dan harus diganti.

3.Hasil print Out terdapat bintik bintik hitam

Dari hasil print out gambar disamping, terdapat bintik bintik kecil pada hasil print out, dapat disimpulkan bahwa tabung drum terdapat gompalan gompalan kecil yang mengelupas lapisan selenium, sehingga cahaya pantulan dari laser tidak dapat diterima oleh photosensitive drum, akibatnya area gompal tersebut mencetak bintik hitam diatas kertas.

Demikian sedikit share dari saya tentang kerusakan photosensitive drum yang pernah saya alami dianalisa dari hasil print out dan fotocopy.semoga artikel ini bermanfaat pabila ada kekurangan atau kesalahan dalam saya berbagi info, harap tinggalkan koment biar saya tindak lanjuti.
Terima kasih


Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Jenis kerusakan pada drum mesin fotocopy"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan