Tips jitu memperpanjang umur Drum Fotocopy

Mesin fotocopy yang kita gunakan sehari hari membutuhkan perawatan berkala dan teratur guna memperpanjang umur komponen-komponen didalamnya. Salah satunya adalah bagian DRUM, consumable part yang satu ini memang perlu mendapatkan perawatan berkala karena drum unit ini merupakan bagian yang sangat vital dan harganya juga sangat mahal.

Tips jitu memperpanjang usia Drum Fotocopy
Tips jitu memperpanjang usia Drum Fotocopy

Untuk kali ini pesancopy membahas bagaimana cara perawatan spare part drum fotocopy agar lebih lama masa pakainya, khususnya adalah untuk mesin-mesin type besar seperti Canon iR5000 atau Canon iR6000. Tindakan apa saja yang perlu kita lakukan agar terhindar dari kerusakan yang fatal baik itu kesalahan dari kelalaian operator maupun dari sisi usia pakai drum itu sendiri.

Tips ampuh memperlama usia Drum Fotocopy

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar umur drum anda lebih awet masa pakainya dan ini bisa anda lakukan sendiri.

  • Rajin membersihkan dan mengganti wire corona baik itu di bagian atas atau yang biasa disebut primary maupun yang di bagian transfer ( bawah ). Bersihkan senar wire minimal satu bulan sekali, terkadang wire corona kotor akibat sisa toner yang menempel pada wire-wirenya,, bersihkan dengan alkhohol atau tiner, jika merasa perlu dan senar sudah terlihat hitam lebih baik diganti.
  • Membersihkan permukaan DRUM mesin fotocopy secara berkala baik itu menggunakan Brasso atau cairan sejenisnya, kemudian bersihkan hingga benar-benar kering, lantas drum bisa anda pasang kembali.
  • Hati-hati saat melepas bagian Developing, jangan meletakkan dilantai, lebih baik letakkan ditempat yang steril dari benda-benda besi semisal steples, karena developing pada bagian roll magnetin mampu untuk menarik steples atau benda-benda besi yang kecil, jika anda tidak teliti saat memasangnya kembali, bisa saja benda besi tersebut ikut terbawa oleh roll magnet yang akhirnya akan menggores permukaan drum.
  • Gunakan Cleaning Blade ( karet pembersih ) yang berkwalitas baik karena karet ini bersentuhan langsung dengan permukaan luar Drum anda.segeralah mengganti karet blade ini jika sudah terlihat ada sedikit kebocoran, jangan sampai menunggu sampai blade menggores drum, karena kebanyakan kerusakan drum diakibatkan oleh kerusakan cleaning blade yang tidak segera diganti. selalu perhatikan kondisi cleaning blade agar usia drum fotocopy lebih panjang.
Baca : Cara mengganti Cleaning blade
  • Gunakan tinta atau toner yang sessuai dengan type mesin fotocopy anda dsesuaian kwalitasnya bagus, jangan terlalu sering gonta-ganti toner, setiap toner dirancang  dengan type mesin, usahakan menggunakan toner yang terdapat type mesin anda pada keterangan dibungkus toner tersebut.
Baca : Alur pembuangan Toner fotocopy
  •  Hindari fotocopy kertas yang terlalu tebal dari bypass. karena jika kertas terlalu tebal akan menabrak permukaan DRUM mesin fotocopy anda. Perhatikan pada saat fotocopy dari bypass jangan sampai ada biji atau isi stapler yang ikut masuk.
  • Jika and amenggunakan kertas bekas untuk fotocopy, perhatikan dan pastikan tidak staples yang masih melekat pada bandle kertas bekas, serta isolasi yang mungkin masih tertinggal.

Itulah beberapa tips yang bisa anda praktekkan sendiri untuk memperpanjang usia drum fotocopy anda, semakin lama usia drum maka semakin baik untuk usaha anda, terima kasih.

Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait