Mengatasi Error E061 Canon IR 5000, Disini tempatnya!!!

Error E061 - Bagi seorang teknisi fotocopy menghadapi kode error E061 adalah makanan mereka sehari hari, tiada kode error yang belum pernah mereka alami, namun bagi kita seorang awam tentang mesin fotocopy bila di monitor timbul angka angka yang tak tau apa itu pasti langsung angkat tangan, seperti error E061 Canon IR 5000.

Mengatasi Error E061 Canon IR 5000.Tak semua kode error yang muncul di layar harus ditangani teknisi, ada beberapa kode error yang tingkat kerusakannya ringan tak perlu repot untuk panggil teknisi, cukup bagi anda untuk sedikit mengenal cara memperbaikinya maka selesai masalah. namun e061 ini tergolong masalah berat yang perlu penanganan cukup mendalam.namun bagi yang sudah lama berkecimpung menangani masalah mesinnya sendiri mungkin akan mengerti hanya dengan membaca tutor singkat dari saya ini.

Baca juga: Cara mengatasi canon IR error E100
Penyebab utama dari munculnya error e061 ini adalah sensor data drum membaca nilai yang tidak sesuai dengan nilai normal tegangan pada permukaan drum.Bagi orang awam ini akan sangat membingungkan, apa itu data drum,apa itu tegangan dipermukaan drum, repot bukan, disini akan coba saya jabarkan apa maksud dari kalimat tersebut.

secara garis besar bahwa permukaan drum di aliri tegangan lewat primary charger yang berada tepat diatasnya, mungkin kerusakan ini karena tegangan terlalu besar atau terlalu rendah,

Dari beberapa pengalaman teman-teman dilapangan cukup dengan mengganti primary charger maka permasalahn ini akan terselesaikan, atau kalo tidak punya gantinya biasanya kita akali dengan memutar baut warna putih yang ada di kanan kiri agak keatas menjauhi permukaan drum dan kebanyakan memang cukup dengan mengganti primary charging maka mesin normal kembali.

Cara memperbaiki E061

sayapun kemarin baru saja mengalami masalah error e061, sesuai anjuran master-master saya berusaha untuk membongkar primary charger saya bersihkan dan saya stel baut warna putih agar tidak terlalu kebawah, alias stelan saya keataskan  menjauhi daripada permukaan drum, selesai semua kemudian saya pasang kembali, namun masih muncul e061, berarti bukan primary yang bermasalah.
Baca juga : Mengatasi e085 pada mesin canon IR 5000

Kemudian saya coba solusi kedua yaitu sensor open close door, switch untuk buka tutup yang ada disamping, saya coba bongkar dan bersihin sana sini, selesai semua saya pasang kembali, namun tidak membuahkan hasil, pikiran mulai ribet,penat, apalagi yaa.

teringat bahwa teman yang pasang switch dibelakang unit 1 kemarin apa mungkin salah, saya tidak tau apa nama switch tersebut, saya coba bongkar dan ternyata benar, switchnya terbalik cara memasannya, langsung saja bongkar dan dibalik saja, selesai semua siap untuk di testt dan jrengggg mesin normal kembali.
Baca juga : Mengatasi E733 disini tuntas habis
untuk switch seperti gambar ini, maaf saya tidak tau apa namanya
Switch

Solusi terakhir mengatasi E061
Hvt IR 5000

Jika kedua hal diatas sudah dilakukan namun masih saja muncul errornya, maka langkah terakhir yang saya tawarkan adalah mengganti HVT, tercatat sudah 3x saya menemui error E061 canon ir 5000 yang selesai dengan mengganti hvt, saat memutuskan mengganti hvt, coba anda ganti angka pada PO CONT, jika dirubah ke angka 0 atau 1 malah e061, atau malah hasilnya kosong, maka dapat saya simpulkan anda harus mengganti hvt agar error e061 ini dapat hilang.

demikian sobat pengalaman soal mengatasi error e061 canon ir 5000 semoga membantu teman teman yang sedang mengalami masalah yang sama.

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

2 Responses to "Mengatasi Error E061 Canon IR 5000, Disini tempatnya!!!"

  1. Kalo mesin ny udah ready trus mau kopy satu lembar aj langsung error 061 apa ng ya gan...

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif