Fungsi corona bawah serta cara untuk mengganti wire corona bawah yang putus

Secondary charging|corona bawah- didalam sebuah mesin fotocopy canon ir 5000 ataupun ir 6000 dan juga sejenisnya, paling tidak memiliki 2 buah corona , yaitu primary charging atau biasa saya sebut corona atas, letaknya di drum unit, kemudian satu lagi yaitu corona bawah/ secondary charging, letaknya ada di unit 1 didepan roller register.

Untuk topik kali ini saya akan membahas tentang corona bawah, sudah pasti saya baru menemukan kerusakan pada mesin fotocopy yang diakibatkan karena kerusakan pada corona bawah ini.

Fungsi Corona bawah

Sparepart ini mirip dengan corona atas, mirip dalam artian ada wirenya, bedanya wire pada corona bawah hanya berjumlah 3 secara normal, berbeda dengan corona atas yang banyak sekali wirenya.

Sebenarnya apa fungsi dari wire-wire ini, menurut opini saya bahwa wire ini akan mengubah elektron pada kertas agar elektron negatifnya semakin kuat, sehingga mampu menarik toner yang ada di permukaan drum,

kenapa bisa menarik, karena toner yang menempel di drum bermuatan positif jadi terdapat gaya tarik menarik, dengan adanya wire corona bawah ini maka, kertas akan semakin banyak mengandung elektron negatif membuat toner dapat dengan mudah dan cepat menempel pada kertas. Komponen ini juga salah satu penentu kecepatan sebuah mesin fotocopy.

Bagaimana jika corona bawah rusak

Seperti yang saya utarakan tadi bahwa ada effect terhadap mesin jika komponen ini mengalami kerusakan, apa saja gejala yang mungkin timbul jika corona bawah ini rusak? saya akan merangkum dari apa yang saya alami dimana kerusakan diakibatkan karena kerusakan pada unit corona bawah ini.

1. Hasil Blank Putih

Beberapa kali saya mengalami kerusakan dengan ciri hasil fotocopy blank polos, setelah diselidiki ternyata soket diujung corona bawah yang menancap ke mesin ternyata patah, saya yakin kerusakan ini karena ketidak hati-hatian saat menutup unit satu.

2. Kertas jam melipat-lipat kecil didepan corona

kertas nge-jam sebelum masuk ke corona bawah dan melipat

ada jam paper yang saya temukan selalu saja di area depan corona bawah, jadi serasa kertas ini tidak mau melewati korona bawah ini. karena kertas melipat kecil-kecil sebagai tanda bahwa roller register terus berputar namun kertas terhenti didepan korona.

Setelah saya cek dengan seksama apa kiranya yang terjadi dengan corona bawah ini, kenapa kertas tidak mau bergerak melewatinya, ternyata ada wire yang putus, seperti yang saya bilang di corona bawah terdapat 3 wire tipis paling ukurannya 0.7 mm.

Mengganti wire corona bawah yang putus

kalau mengganti wire ini bagi saya sangat sulit, karena butuh konsen dan ketelitian dalam melihat wire, seperti yang anda tau bahwa wire ini bukan hanya kecil tapi juga rawan putus jika di tarik dengan tenaga yang sedikit saja.

ketika mengganti wire ini sayapun berkali kali harus extra sabar karena berkali kali putus saat akan di pasang, lantas bagaimana sih menggantinya, baiklah kita siapkan terlebih dahulu bahannya.
Alat-alat untuk mengganti wire corona bawah
1. Wire corona
2. Cutter
3. Gutting
4. Kunci L ukuran 8, atau benda apapun yang dapat menggantikan kunci L tersebut.

Setelah alat komplit saatnya anda siapkan mental dan mata anda guna mengganti wire yang putus tadi. ikuti langkah - langkah saya berikut ini.

Cara mengganti wire corona bawah

1. Ambil ujung wire dan kaitkan ke kunci L untuk membentuk sebuah lingkaran kecil yang akan kita kaitkan pada ujung corona. putar-putarkan seperti anda memutar tali sampai wire benar-benar melilit dan tidak akan kembali ke posisi lurus lagi, potong sisa wire agak pendek saja dengan gunting tentunya.

2. Setelah ujung satu selesai sekarang anda kaitkan ujung yang tadi ke ujung corona, lihat wire disebelahnya bila anda tidak tahu dimana untuk meletakkan ujung wire tersebut, ukur kira-kira berapa panjang wire sampai ke ujung yang lain, jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh.

Ambil per yang kecil, per ini akan kita kaitkan ke wire dan ujung lainnya akan kita kaitkan ke ujung corona bawah, jadi per ini akan mengatur kekencangan dari wire, seperti yang saya bilang, ukur panjang wire jangan terlalu panjang supaya wire kencang.

kaitkan per tadi ke wire dan putar hingga wire benar-benar melilit dengan kuat, gunakan gunting saja untuk memotong sisanya.

3. Ambil cutter dan tancapkan ke per, agak ke ujung lebih saya sarankan, tarik perlahan per dengan kekuatan cutter sampai pada dudukan per, pelan-pelan dan semoga berhasil.

itulah cara yang biasa saya lakukan jika wire corona bawah putus, wire harus kencang agar dia dapat bekerja dengan baik, butuh beberapa kali percobaan sampai anda berhasil untuk mengganti wire tersebut.

Demikian kiranya yang bisa saya bagi kepada sobat semua tentang fungsi corona bawah, semoga menjadi ilmu dan bermanfaat, salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

10 Responses to "Fungsi corona bawah serta cara untuk mengganti wire corona bawah yang putus"

  1. Mohon pencerahannya gan....wayer sudah saya ganti talinya tetep ngak nyala terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang rusak apanya pak, kok tidak nyala

      Hapus
    2. Mungkin ada konsleting di bagian wayer ada percikan api di seblah dpn wayr buka tutp teliti lagi

      Hapus
    3. Mungkin ada konsleting di bagian wayer ada percikan api di seblah dpn wayr buka tutp teliti lagi

      Hapus
  2. Kunci L 8 ato 3? Klo 8 ya 8mm segede 1 batang rokok, yg pas kunci L 3 ato 4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maafkan saya mungkin kurang teliti.. kunci L hanya perantara saja. Bisa diganti dengan benda apapun

      Hapus
  3. foto copy saya merk panasonic multi fungsi (fex n scan) untuk posisi corone bawahnya dibelah mana ya mas.mohon bantuannya ya..terima kasih

    BalasHapus
  4. Setelah saya membuka wire kok gk bisa foto copy ya...ada tulisan eror nya
    Mohon bantaunya master

    BalasHapus
  5. Setelah saya membuka wire kok gk bisa foto copy ya...ada tulisan eror nya
    Mohon bantaunya master

    BalasHapus
    Balasan
    1. errornya seperti apa, karena error itu banyak sekali, salah satu yang berkaitan dengan korona biasanya e061,..note: mohon tulis namanya ya

      Hapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif