PENJUALAN SPAREPART DAN SERVICE KE LOKASI


HUB: 0812 8466 9334

Cara menggunakan kertas bekas untuk fotocopy

Cara menggunakan kertas bekas - Banyak sekali cara untuk menghemat pemakaian kertas, mulai dari membeli kertas dengan kualitas rendah sampai menggunakan kertas buram sebagai medianya, namun pada artikel kali ini saya ingin membagi trik menggunakan kertas bekas untuk fotocopy.

Kertas bekas yang saya maksud kali ini bukanlah kertas daur ulang atau kertas buram, namun kertas yang secara kualitas masih bagus namun sudah ada cetakan pada sisi yang satu, artinya pada sisi yang lain masih berupa lembar putih polos, kertas inilah yang akan kita manfaatkan untuk fotocopy,
Baca juga : tips cerdas memakai kertas buram untuk fotocopy

Alur kertas pada mesin fotocopy

untuk menggunakan kertas bekas serta menaruhnya di laci maupun di stack bypass perlu untuk anda pelajari terlebih dahulu soal alur kertas yang ada di mesin tersebut. secara garis besar saya membedakan alur kertas pada mesin fotocopy menjadi 2 yaitu.

Alur kertas pada proses mendatar dan vertikal

1. Alur kertas secara mendatar

mesin fotocopy yang memiliki alur kertas secara mendatar ini, cara melakukan pencetakan saat kertas dalam posisi mendatar. alur kertas mendatar ini dimiliki oleh type mesin canon IR 2200, IR 3300 , IR 5000, IR 6000, IR 5075 dan setingkat dengannya.

Mesin fotocopy yang menganut pola seperti ini kertas akan melewati 2x belokan sebelum sampai ke unit drum dan akhirnya terjadi proses pencetakan disana. belokan pertama terjadi ketika kertas ditarik oleh roller feed dan diteruskan ke roller sparator, diproses ini kertas dalam posisi vertikal sampai kemudian di belokkan lagi oleh roller pre-register agar kertas menuju ke unit drum dalam posisi mendatar.

saat dibelokkan oleh roller pre- register, kertas dalam posisi mendatar dan punggung kertas akan berada diatas, nah punggung kertas inilah yang akan menerima cetakan dari drum.

2. Alur kertas secara Vertical

mesin yang menganut pola alur kertas vertical adalah Canon IR 3570,IR 4570 dll, pencetakan dilakukan saat kertas dalam posisi vertikal.

Beda halnya dengan proses yang terjadi pada pola vertikal, kertas hanya akan mengalami satu kali belokan sebelum akhirnya tercetak oleh drum, yaitu dibelokkan oleh  vertikal path roller untuk terus berjalan menuju unit drum, ketika memasuki unit drum kertas tetap dalam posisi vertikal, dan bagian yang tercetak adalah bagian muka dari kertas, berbeda dengan proses mendatar/ horizontal dimana bagian punggung kertas yang tercetak oleh drum.

masing -masig dari pola vertikal maupun mendatar memiliki kelebihan dan kekuranganya sendiri,

Cara menempatan kertas yang benar

Setelah anda mengerti dan memahami alur kertas dari masing-masing mesin fotocopy, sekarang saatnya untuk menempatkan kertas yang benar dilaci, saya akan mengambil satu contoh mesin untuk mewakili dari masing masing alur kertas.

1. Cara menempatkan kertas di mesin IR 3300 ( alur kertas mendatar )

a. Menempatkan di laci

 karena pada proses mendatar adalah bagian punggung yang akan tercetak maka tempatkan kertas dilaci dengan cara bagian yang ada tulisannya/bagian yang sudah digunakan menghadap ke atas seperti pada gambar
cara menaruh kertas bekas di laci pada proses mendatar


b. Menempatkan di stack bypass

berbeda dengan menempatkan kertas di laci, cara menempatkan kertas di stack bypass akan berbeda, karena stack bypass akan langsung mengumpan kertas menuju ke unit drum, maka kertas tidak akan mengalami perbelokan sebelum masuk ke unit drum, oleh karena itu cara menempatkan kertas disini adalah dengan menaruh muka kertas yang polos berada diatas/menghadap ke atas

menempatkan kertas di stack bypass pada proses mendatar

2. Cara menempatkan kertas di mesin IR 4570 ( alur kertas vertikal )


cara menaruh kertas pada proses vertikal

a. Menempatkan di laci

 karena pada proses vertikal adalah bagian muka yang akan tercetak maka tempatkan kertas dilaci dengan cara bagian yang polos/ tidak ada tulisannya berada di atas, seperti pada gambar diatas
Baca juga : Paper sensor ir 4570,fungsi dan lokasinya

b. Menempatkan di stack bypass

berbeda dengan cara menempatkan kertas di stack bypass pada mesin dengan pola vertikal, karena kertas pada stack bypass akan dibelokkan terlebih dahulu oleh roller vertikal path sebelum menuju ke unit drum maka itu cara menempatkan kertas disini adalah dengan menaruh muka kertas yang ada tulisannya berada diatas/menghadap ke atas seperti pada gambar diatas.

Demikian info dari saya tentang cara menggunakan kertas bekas untuk fotocopy, saya berharap setelah membaca artikel ini anda bisa paham untuk mnempatkan kertas yang benar pada proses fotocopy

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara menggunakan kertas bekas untuk fotocopy"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan