Sabtu, Mei 28

Pentingnya Stabilizer untuk mesin fotocopy


Pentingnya Stabilizer untuk mesin fotocopy - Stabilizer merupakan sebuah mesin yang berguna untuk menstabilakan arus listrik,kalau anda ditanya seberapa penting stabilizer ini bagi mesin fotocopy maka jawabannya adalah sangat penting, karena di beberapa wilayah tegangan listriknya masih tidak stabil, maka dengan stabilizer ini tegangan yang keluar akan menjadi relatif stabil.

Seperti pengalaman saya saat memasang mesin fotocopy Canon Ir 5000 dan beberapa mesin canon IR 3300 di sebuah pabrik,mesin ditempatkan diarea office dan diarea dekan dengan mesin produksi yang begitu banyak mengkonsumsi listrik. selang tiga hari selepas pemasangan tiba tiba hampir semua unit film canon IR 3300 terbakar muncul Error E0000-0000, karena belum begitu mengenal tegangan listrik di wilayah tersebut maka saya lanngsung saja untuk mengganti unit film yang harganya relatif mahal, selesai penggantian tidak beberapa lama lagi film unit tersebut terbakar lagi dan keluar error E000-0000,namun untuk mesin canon IR5000 dan beberapa mesin IR3300 yang berada di Office tidak mengalami masalah hanya mesin yang berada didekat mesin produksi yang mengalami masalah tersebut.ternyata tegangan listrik di pabrik tersebut tidak stabil alias naik turun.

Baca Juga : Mengatasi Error E000-0000

Setelah usut sana sini  mengapa hanya mesin IR 3300 saja yang mengalami maslah sedangkan mesin IR500 tidak mengalami masalah apapun,? ternyata memang mesin canon IR 5000 lebih tahan terhadap tegangan listrik yang turun naik, tapi tidak sebaliknya dengan mesin Canon IR 3300, mesin ini tidak tahan dengan kondisi tegangan yang naik turun sehingga bagian pemanas/Fixing unit yang mengalami kerusakan, karena memang bagian ini yang menurut para master fotocopy yang menjadi kelemahan dari pada mesin fotocopy canon ir3300.

Akhirnya saya disarankan untuk menggunakan stabilizer bagi mesin yang berada di dekat mesin produksi, kapasitas daya listrik yang diperlukan untuk sebuah mesin fotocopy ir3300 adalah berkisar 450-950 watt, maka saya menggunakan stabilizer dengan daya 2000 watt untuk mesin IR 3300 yang memilki daya 950 dan stabilizer 1000 watt untuk mesin dengan daya 450 watt, saya gunakan stabilizer dengan daya yang berlipat daripada kapasitas mesin fotocopy agar stabilizer tidak mengalami shott.Perhatiakn cara pemasanhannya karena mesin fotocopy memiliki tegangan 110V dan 220V, kesalahan dalam pemasangan akan membuat mesin anda terbakar.

Baca Juga : Mengatasi Error E051

Setelah pemasangan stabilizer inipun mesin saya menjadi lancar jaya, saya sarankan untuk mengunakan stabilizer untuk wilayah yang dirasa tegangan listriknya naik turun, karena itu lebih hemat dari pada kita harus mengganti fuser film yang harganya pun relatif mahal.selain harus mengganti sparepart,kitapun masih dibebani denga biaya transport jadi berlipat kerugian kita.

Cara memasang Stabilizer pada mesin fotocopy

Cara memasang stabilizer pada mesin fotocopy

pada bagian belakang stabilizer terdapat 4 terminal, 2 terminal(+ dan -) dengan output 110 volt dan 2 terminal untuk output 220 volt, biasanya hanya ada socket saja tanpa ada tambahan colokan untuk memasukkan stop kontak mesin fotocopy, namun ada juga stabilizer yang sudah dilengkapi dengan colokan stop kontak, sehingga memudahkan dalam pemakaian.

unutk stabilizer yang tidak dilengkapi colokan, cara yang biasa saya pakai adalah dengan memotong kepala kabel fotocopy kemudian langsung saya pasangkah ke terminal stabilizer tadi,

bila anda merasa ragu untuk memotong kabel fotocopy anda bisa terlebih dahulu membuat stop kontak tambahan yang terlebih dahulu kita sambungkan ke stabilizer kemudian baru kabel dari mesin fotocopy bisa langsung kita tancapkan tanpa perlu memotongnya.

Demikian sobat fotocopy info dan sharing saya seputar pentingnya stabilizer untuk mesin fotocopy smeoga menambah wawasan dan pengetahuaan kita semua. terima kasih

berkomentar lah sesuai topik posting
Komentar tanpa nama tidak akan saya tanggapi
terima kasih
EmoticonEmoticon