Lampu Power menyala namun LCD mati canon ir 5000

Lampu Power menyala namun LCD mati - kalau mesin Fotocopy kita ibaratkan manusia maka LCD merupakan wajahnya, dimana semua fitur dapat dilihat di LCD dan sebagai media untuk berkomunikasi dengan Mesin, namun bagaimana jika media ini mati? maka kita otomatis tidak akan bisa menggunakan mesin tersebut,karena kita tidak bisa berkomunikasi dengan mesin.

Adapun hal hal yang membuat LCD ini mati adalah tegangan listrik yang naik turun dan tiba tiba listrik mati, bila anda menemukan hampir semua mesin anda LCD nya bermasalah, lebih baik anda mulai menggunakan stabilizer guna menstabilkan tegangan.

Penyebab kedua yang membuat LCD cepat rusak adalah pemakaian yang kasar seperti menekan layar dengan menggunakan obeng ,menekan dengan keras, menekan dengan bollpoin,dapat dipastikan LCD anda akan segera wasalam.

LCD mati namun lampu power hidup, kasus seperti ini pernah saya alami pada mesin saya IR 5000, yang mana ketika mesin di hidupkan lampu power langsung menyala namun LCD mati, ditunggu beberapa menit proses pemanasan dapat berjalan dengan lancar, artinya mesin ini tidak ada masalah karena mampu melakukan proses awal dengan baik.Analisa pertama, pasyi ini mesin tidak masalah, yang masalah pasti di sekitaran jalur arus ke monitor.

Baca juga : Mengatasi error E225

Mulailah langkah untuk mencari penyebab kerusakan ini, dari beberapa diskusi di internet didapat suatu petunjuk bahwa power supply LCD yang ada di bawah tombol sudah mati, cobalah langsung ke TKP copot monitor dan menganti apa yang disarankan sobat sobat yang lain, selesai penggantian langsung di test , ternyata hasilnya masih sama.

Sedikit bingung dan coba tanya lagi sana sini, ada yang punya saran untuk mengganti PCB yang ada di belakang DC Control, bagi sobat yang masih awam tentang nama nama bagian mesin fotocopy sobat buka saja tutup mesin belakang dan disana akan ada tulisan DC Control, buka satu blok platnya jangan dibuka DC Controlnya saja, karena PCB ini menempel pada plat DC Control.

Pcb monitor di DC Control


langsung saja saya ganti dan pasang kembali, agak merepotkan memang karena banyak yang mesti di copot, setelah semua beres benar saja LCD normal kembali dan dapat digunakan lagi.
Baca Juga : Mengatasi LCD mati namun lampu power menyala pada canon IR 3035
Biaya yang harus anda keluarkan untuk mengganti LCD ini sangat mahal maka dari itu gunakan dan rawatlah dengan hati hati agar umur dari mesin anda menjadi panjang.Demikian sobat artikel saya tentang Lampu Power menyala namun LCD mati semoga membantu bagi sobat sobat yang sedang mengalami kesulitan seperti saya.

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

17 Responses to "Lampu Power menyala namun LCD mati canon ir 5000"

  1. lcd saya pertama hidup tapi gak keliatan logonya, cuma tulisan wait aja, trus dimatiin dan dihupkan kembali ternyata lcd gak nyala lagi,, mohon petunjuk dan terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk langkah aawal bisa dilepas RAM dan dibersihkan, masukkan kembali dicoba slot RAM yang lain

      Hapus
    2. Ramnyaa didalam menbord dicpot bersihkan sama stip potelot

      Hapus
  2. mesin saya ir5000 redy bisa mencapai panas yang normal layaknya mesin lagi bekerja tpi masalahnya panel lcd wait terus garis udah sampe di ujung tpi ga keluar tampilan menu utama seperti biasa.. tolong masukannya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wait terus biasanya Harddisk yang kena gan, coba di lepas dulu dan disemprot, trus pasang lagi

      Hapus
    2. lepas hardisk sama ram udah gan udah di bersihin...mesin awalnya klo lgi nyetak dia ngeheng trus tiba2 mati sendiri.. udah di coba pake hardisk yg waras dia wait di tengah gan... mesin sih bunyi bisa redy gan. cuma wait doank.. pake hardisk bawaan wait di ujung klo pake hardisk yg lain wait di tengah

      Hapus
    3. Langkah berikutnya, ganti main Board

      Hapus
    4. Ramnya bisa gan hadist biasanya kluar kode 602

      Hapus
  3. Harga pcb monitor dibelakang dc control itu berapa ya pak?

    BalasHapus
  4. kalau punya saya mesin nya tidak ready gan.. layarnya mati... hanya power aja... ditunggu mesinnya tak bekerja gan.. tenang aja tanpa ada kepastian.. apa tu gan... trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atasi dulu monitor yg mati.. langkah awal bisa cek ram dan ganti monitor pakai mesin lain dulu.

      Hapus
  5. mesin saya ir5050 layar monitornya mati...powernya menyala...mesinnya tetap bekerja kira-kira apa penyebabnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah cara diatas sudah di coba..termasuk mengganti RaM.

      Hapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif