Hasil Fotocopy Blank Putih!! disini di bahas habis

Hasil Fotocopy Blank Putih - Sesuai dengan Judul artikel saya kali ini tentang hasil fotocopy yang hasilnya blank polos putih pada mesin fotocopy canon IR 5000, semestinya saat mengcopy maka hasilnya akan keluar sesuai dengan aslinya, namun kali ini saya bingung karena yang keluar justru kertas polos putih tanpa hasil sama sekali. namun tidak ada indikasi atau kode error yang muncul dilayar monitor.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu untuk memeriksa beberapa item terlebih dahulu

Item dan part yang harus diperiksa


1. Lampu exposure

perhatikan apakah lampu exposure menyala selama proses pengcopy an, namun apabila lampu ini mati kemungkinan ada indikator error, jadi kemungkinan lampu ini sangat kecil, dalam kasus saya lampu ini menyala normal.

Posisi dari lampu exposure ada disamping wiper blade, jadi letaknya agak kedalam, perlu untuk membongkar wiper blade untuk mengecek kondisi lampu exposure ini.

2. Primary Charging

Lepaskan primary charging, posisi yang ada diatas Drum, periksa apakah kotor dan coba bersihkan dengan lap atau alkohol, bilamana wire di primary ini rusak,atau putus biasanya akan didahului oleh indikator error di layar monitor, jadi anda bersihkan dahulu wire-wirenya dan pasang kembali. Primary charging yang tidak bisa bekerja juga bisa sebagai penyebab dari kesalahan ini, karena elektron yang ada di atas permukaan drum tidak mampu diubah oleh primary charging.

3.Transfer sparator Corona

Letaknya ada di laci satu, bersihkan dengan alkohol sampai bersih dan pasang kembali, wire yang kotor dan putus bisa juga sebagai penyebab dari masalah ini.

4. Putaran Drum

Coba anda putar dengan obeng apakah drum dapat berputar dengan sempurna,atau seret, drum yang tidak berputar bisa sebagai penyebab dari hasil fotocopy yang blank polos putih.
Baca juga : Membersihkan Drum canon IR 5000 dengan mudah

5. Magnet Develope

Bersihkan magnet develope dan perhatikan apakah semua dalam kondisi yang hitam pekat atau sudah ada belang belang putihnya, jika ada kemungkinan itu magnet yang ada di roll tersebut sudah terkikis sehingga toner tidak mampu menempel dengan baik di roll magnet, sehingga saat proses copy tidak ada toner yang menempel di drum, so hasilnya adalah blank putih.

pengelaman saya untuk mengetahui apakah roller magnet ini berputar adalah dengan mekukan proses copy, hasilnya polos, namun ketika develop saya tarik keluar, ada wilayah putih pada permukaan magnet yang berarti toner pada area tersebut ditarik oleh drum, namun karena develop tidak berputar maka hanya diarea tersebut saja yang tonernya habis.

Develope yang tidak berputar dikarenakan timing belt putus ketika saya hendak memeriksa motor develop ternyata saya mendapati belt sudah terurai keluar. cara checcking timing belt saya tulis pada post yang satu ini
Baca Juga : Mengganti tensioner belt canon ir 5000 yang putus

6. HVT (High Voltage Tranformer)

yang terakhir bilamana semua item diatas sudah diperiksa maka coba cek HVT, HVT ini terkoneksi dengan Primary charge, bila hasilnya polos bisa jadi short atau konslet pada item ini,ganti dengan yang lain.

mengambil pengalaman dari seorang teman yang hasil perbaikan blank putih berbeda dengan cara saya, waktu itu dia sudah mengecek semua yang saya tulis diatas serta connector sparator charging masih bagus, namun hasil tetap saja polos putih.

cara terakhirnya adalah dengan mengganti komponen HVT ini, setelah item tersebut diganti hasilnya menjadi normal kembali, jadi perlu untuk pengecekan satu-persatu untuk mendapatkan hasil akhir yang baik.
Baca Juga : Mengatasi hasil Fotocopy miring

Cara mengatasi hasil fotocopy blank putih

Untuk hasil fotocopy blank polos pernah juga saya alami, cek berkali kali hasilnya blank polos, operator bilang ini habis tonernya pak, toner saya isi kembali dan ternyata hasilya juga tetap polos, kemudian saya coba cek ricek sesuai dengan anjuran master master fotocopy untuk melakukan pengecekan pada item item tersebut diatas, namun semua sudah saya lakukan termasuk dengan mengganti HVT.namun hasilnya masih nihil.

Sepertinya harus ngopi dulu, berpikir sejenak, saya buka lagi UNIT 1 ,saya lihat dan saya bersihkan lagi sparator corona dan tanpa sengaja ada item yang tidak ada, yahh ternyata ini penyakitnya SOKET Sparator corona yang letaknya di ujung tidak ada alias patah. senangnya hati ketemu penyakitnya. langsung diganti dan jeeng jeeeengggg hasilnya normal kembali.

Gambar 1: Conector Sparator Charger patah penyebab hasil fotocopy blank putih
Baca juga : Mengatasi Error e020
Jadi sparator charger ini tidak teraliri listrik sehingga dia tidak berfungsi, yang mana item ini mengubah elektron elektron pada kertas sehingga toner dapat melekat pada kertas, jadi bilamana item ini tidak berfungsi artinya semua proses fotocopy normal dari atas, toner sudah melekat pada DRUM namun dia tidak dapat ditarik oleh kertas karena gagalnya fungsi sparator charger, sehingga keluarlah kertas dengan kondisi polos tanpa ada cetakan text sama sekali.

demikian sharing pengalaman saya soal Hasil fotocopy Blank Putih, terima kasih sudah menyimak.


Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

10 Responses to "Hasil Fotocopy Blank Putih!! disini di bahas habis"

  1. gan.. kalo mau setting kertas A4R pada casset di bak 2 mesin IR6020 gimana cara nya gan.. soal nya ir6020 pada *28* - option -cst,, sewaktu input angka 5 gak bisa tetap muncul angka 6.. karena range nya dari 6~18.. MOHON SOLUSI

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ir 6020, laci 2 tidak bisa untuk setting A4r, perlu diingat bahwa kertas dengan posisi A4r harus diletakkan secara Horizontal, sedangkan laci 2 pada ir 6020 posisi kertas hanya bisa Vertikal, jadi bila mau setting A4r hanya bisa di laci no.4 saja

      Hapus
  2. Saya mau tanyak misal ny lampu expose berhenti di tegah setela mengcopy masalah ny dimna ya ?

    BalasHapus
  3. Saya mau tanyak misal ny lampu expose berhenti di tegah setela mengcopy masalah ny dimna ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lampu scanning nya berhenti ditengah? bisa dicoba alur rel yang bertugas menarik lampu, mungkin saja ada hambatan, kalo masalah lampu scanner paling parah kerusakan mengarah ke mainboard

      Hapus
  4. Gan sy dah ganti hvt nya tapi tetap tidak nyala sy coba pasang di mesin lain normal hvtnya tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Corona atas bawah pak.. note.. yang tidak menyala apa ya?

      Hapus
  5. Permisi gan Mau Tanya ... Kalau permasalahannya hasil foto copy nya ngeblank gmna ???? Ditunggu balasannya via email ya gan di mempercantikblog@gmail.com trma masih .....

    BalasHapus
  6. Ngeblank hitam gan ... Sihasil fotocpynya ....

    BalasHapus
  7. Terimakasih pak atas infonya. Semoga barokah

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif