Mengganti tensioner belt Canon IR 5000 cepat dan akurat

Banyak hal yang bisa menjadi sebab hasil fotocopy blank putih pada mesin fotocopy. sama seperti kasus yang saya temui pada proses perbaikan mesin fotocopy ir 5000. kali ini saya mencoba untuk menuliskannya ke dalam artikel ini yaitu perjalanan dalam memperbaiki hasil fotocopy yang blank.

Pada artikel saya yang lampau telah pula saya tulis tentang penyebab hasil fotocopy blank putih.

Baca juga : Penyebab hasil fotocopy Blank putih

Pada kesempatan ini saya akan mengatasi hasil yang blank namun dari penyebab yang lain, yang belum saya temui pada kasus-kasus kerusakan sebelumnya.

Indikasi
Tidak ada yang salah dengan mesin, semua berjalan normal, mulai dari mesin dihidupkan, proses pembacaan data, proses pemanasan sampai proses meng-copy dokumen semua berjalan normal, tanpa jam paper tanda kode error.

Hanya satu yang salah, yaitu tidak ada hasil copy-nya, semua blank polos putih.

Analisa kerusakan dan langkah perbaikan

1. Jika anda telah membaca artikel saya yang pertama, cara itu tidak bekerja, karena sparepart yang lepas pada kasus ini, tidak ada yang lepas atau patah.

2. Analisa dilanjutkan menuju korona atas, berikut membersihkannya serta drum dan wiper blade saya ganti, namun tidak ada perubahan.

3. Saya berlanjut menuju ke magnet develope, saya lihat dan periksa ternyata magnetpun masih bagus, masih hitam semua. secara normal magnet develope ini tidak ada masalah.

dari ketiga analisa diatas tidak ada satupun yang dapat memperbaiki masalah ini,secara normal ketika korona atas bawah bagus,drum juga bagus,wiper blade bagus serta magnet develope juga masih bagus maka mesin akan berjalan normal.

Baca Juga : Mengatasi hasil fotocopy blok hitam.

Akhirnya ada sebuah percobaan terakhir untuk mengetahui apakah magnet ini berputar,
4. saya putar magnet develope kemudian saya pasang kembali, cek copy ternyata ada hasilnya, namun lama kelamaan hasilnya menjadi kabur dan hilang, kembali blank putih lagi.

dari analisa diatas saya mulai percaya kalau motor develope tidak berputar karena percobaan ke.4 sudah cukup jelas untuk mengganti motor develope.

Langsung saja membongkar bagian belakang, membongkar main board beserta chasingnya, namun bukan motor develope yang rusak, justru TENSIONER BELT yang putus karena bekas putusnya sudah terurai keluar.


Timing belt putus 
.Pantas saja motor develope tidak berputar karena belt yang memutarnya putus. langsung saja saya ambil belt baru dan memasangnya, setelah semua bagian yang dilepas terpasang kembali, di cek dan mesin telah normal kembali

WARNING!!! Begitu banyak part yang harus dilepas guna mengganti tensioner belt ini, harap teliti dan berhati hati.

Demikian kiranya sedikit info sederhana dari pesancopy, semoga bermanfaat dan membantu anda semua. terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

1 Response to "Mengganti tensioner belt Canon IR 5000 cepat dan akurat"

  1. Gan minta info jasa service buat ke daerah sukabumi?

    BalasHapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif