Btc roulette Jam Code 0A11 Ir 6000: contoh kasus - Pesan Copy

SPESIALIS TUKAR TAMBAH MESIN FOTOCOPY,JUAL BELI MESIN LOKAL REKONDISI


HUB: TELP DAN WA 0812 8466 9334

Jam Code 0A11 Ir 6000: contoh kasus

Jam Code 0A11 Ir 6000.- setiap kali kertas tersendat di tengah jalan alias nyangkut atau paper jam, pasti di posisi dimana kertas tersebut berhenti akan mengeluarkan yang namanya Jam Code atau kode jam paper yang berupa angka-angka yang mengarah ke posisi sensor, dari setiap jam pasti dan umumnya ada kertas yang tersendat, ketika kertas diambil maka sensor akan kembali normal dan kode jam akan hilang, itu pada jam paper yang paling mudah, namun ada hlo jam paper yang meskipun diambil kertasnya, kode jamnya masih nongol, seperti jam code 0A11 ir 6000 ini.

kode jam paper OA11. nah pada kasus yang akan kita kupas kali ini, berdasar pengalaman nyata serta berbagai prediksi solusi terbaik untuk mengatasinya, cukup rumit pada awalnya ketika jam code 0A11 ini muncul, meskipun pada monitor sudah di tunjukkan posisi kertas yang nyangkut. tampak seperti gambar.namun ternyata ketika diambil dan bahkan mesin di matikan, jam tersebut masih saja muncul.

tampilan layar jam di bagian ujung exit

 jam code 0A11 tergolong sebagai Power on jam code, jadi walaupun mesin dihidupkan atau dimatikan tetap akan muncul sebelum masalah anda pecahkan, lantas apa saja yang perlu di perbaiki guna mengatasi kode jam 0A11 ini.

kronologi yangterjadi pada mesin ini adalah

untuk fotocopy 1 lembar jam kertas mampu keluar kemudian kode jam paper muncul. untuk fotocopy 10 lembar kertas keluar 1 lembar,kode jam muncul,kemudian ilang sendiri dan kertas mampu keluar lagi, begitu seterusnya sampai kode jam paper benar benar tidak mau hilang.

kalau di prediksi seperti arus yang putus kemudian nyambung, ciri seperti kabel yang hampir putus, namun ini hanya persepsi awal, dari pada terus berspekulasi langsung saja kita eksekusi seperti percobaan dibawah ini.


Langkah Perbaikan jam code 0A11 ir 6000.

saya sendiri melakukan beberapa percobaan untuk memetakan dan memperkecil wilayah kerusakan, seperti apakah ini.

1. Mencari arti kode jam 0A11.
Untuk menentukan area sensor yang bermasalah,sudah pasti harus tahu dulu ini kode jam nya apa. buka di SAVE MODE >> DISPLAY >> JAM.nah distu ada kode jam paper, yang tertera adalah 0A11.

Kode Jam paper pada menu Jam

telisik punya telisik kode jam ini menuju ke External Delivery sensor(PS36), sensor yang berada di ujung exit ini.

Baca Juga : Kumpulan kode jam paper IR 5000 dan IR 6000.

2. Membongkar sensor dan membersihkannya.
setelah tau inilah sensor yang dimaksud oleh mesin, maka langkah awal adalah membersihkannya terlebih dahulu dengan pembersih, siapa tau ini sensor terhalang oleh kotoran, serta cek kondisi pegasnya, siapa tau ini sensor tidak mau kembali karena pegasnya rusak.

setelah di pasang lagi ternyata bukan ini penyebabnya.

3. Mengganti Sensor
mengganti sensor juga saya lakukan karena sewaktu membersihkan sensor ini tidak mengalami perubahan, jadi inisiatif saya, ini mungkin sensor mati, sebagai bahan percobaan cukup di tukar dengan sensor yang disebelahnya. karena untuk beberapa kasus jam paper yang tidak ada kertasnya biasanya sensornya mati,

waduh dari lokasi sensor yang ditujukkan jam code 0A11 ini kok tidak ada yang berhasil, akhirnya ada solusi lain, apakah mungkin bukan sensor ini yang dimaksud, langsung saja

4. Sensor PS35 (internal delivery sensor)
sensor ini berada tepat didepan roller upper fixing, saya lihat dari fisik, ini sensor sudah di tambai sedotan, sebagai tanda ini sensor pernah patah,, jangan-jangan ini penyakitnya, walaupun dari bahasa code jam tidak menunjukkan sensor ini yang bermasalah, namun harus dicoba supaya tahu effectnya.

Sebenarnya PS35 ini tidak ada hubungannya dengan kode jam 0A11, namun karena hilang akal saja saya mencoba untuk menggantinya, pada mesin 6570 memang kode 0A11 ini mengarah ke sensor PS35 namun di mesin IR 5000 sensor yang ditunjuk oleh kode jam 0A11  adalah sesor PS36.

benar saja mengganti sensor ini pun bukan solusi.

5. Membongkar dan mengganti sensor external delivery sensor (PS36) dan PS46
kedua sensor ini menjadi satu, jadi mesti sepasang kalo menggantinya, langsung saja, nanti kita lihat effectnya, ingat membongkar sensor ini ribet karena ada di bagian dalam.

wujud sensor 36 dan 46

namun saat mengganti sensor ini pun kode jam paper masih saja muncul, tiada kesalahan lain ini, harus cek kable, pencarian penyebab jam paper di ujung exit ini berlanjut dengan melakukan pengecheckan pada kabel kabel yang ada di unit satu.

6. Check kabel yang menghubungkan sensor PS36 dan PS46
saya membagi menjadi 3 bagian kabel pada unit 1.

  • 1. kabel yang menghubungkan bagian paling ujung atau ps 36 dan 46 berikut dengan solenoid
  • 2. kabel bagian tengah yang menghubungkan PCB fixing dan juga motor Fixing
  • 3. bagian terakhir yang menuju ke area pinggir, seperti sensor register, serta solenoid
pada pengecheckan pertama, saya mengganti kabel yang menghubungkan dengan ps 36 dan 46, tentu saja saya akan mengganti kabel ini, karena langsung berhubungan dengan sensor yang ditunjuk pada layar, mengganti kabel yang ini tidak cukup sulit kelihatan dari luar,

kabel yang menghubungkan ps 36 dan ps46 ke PCB Fixing

saya berharap bahwa ada satu atau beberapa kabel yang putus pada area ini supaya jam paper tidak ada kertas di ujung ini bisa segera di atasi, kalao saya lihat secara fisik tidak ada kabel yang putus, mungkin kasusnya adalah kabel putus di tengah namun masih dalam balutan kulit kabel yang luar.

namun lagi lagi saya kecewa, mengganti kabel yang ini pun bukanlah solusi, kode jam paper pada ujung exit masih saja ada, hufff.

7. Mengganti Kabel tengah
kabel yang berada di tenagh ini paling susah berapa tepat di dalam body unit satu, untuk membongkarnya butuh waktu yang lama karena memang mesti di cabut semua.

seperti yang tadi saya bilang kabel ini menghubungkan unit satu dengan DC control melalui soket yang paling besar yanga da dibelakang unit satu dengan soket yang ada di body mesin.

kabel yang menghubungkan Unit 1 dengan DC Kontrol

untuk urusan mengganti kabel terlalu rumit jika harus melakukan testing satu persatu untuk mencari kemungkinan kabel yang putus, mau tidak mau harus diganti dulu dengan kabel dari mesin yag bagus agar ketahuan penyakitnya.

apakah ini berhasil? yuppp benar sekali, mengganti kabel di area tengah ini berhasil mengatasi kode jam paper 0A11, masalah yang besar sudah terselesaikan dengan berbagai macam percobaan.

Baca juga : Mengatai Fotocopy bolak balik jam terus menerus.
saya hampir lupa ada satu percobaan lagi yang terlewatkan yang juga tidak mamapu mengatasi kode jam paper ir 6000 0A11 ini yaitu PCB fixing juga saya ganti, namun tidak berhasil.
 

Tonton juga video hasil fotocopy belang dibawah ini




Kesimpulan
dari sekian banyak percobaan yang dilakukan diatas semata mata hanya untuk memetakan dan mempersempit area perbaikan, seperti yang kita tahu, sebagai teknisi mesti mencari solusi dengan harga yang paling murah terlebih dahulu, bisa saja anda bilang "cukup ganti semua unit 1",, saya rasa ini bukan solusi, siapa coba yang mau membeli satu set unit satu dengan harga yang lumayah mahal ini.

jadi percobaan diatas hanya salah satu contoh kasus dilapangan, untuk kode jam yang serupa mungkin tidak perlu sampai ke percobaan ke 7, karena semua hal bisa saja menjadi penyebab, semoga pengalaman mengatasi kode jam paper 0A11 ini bisa memberi manfaat kepada anda, terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jam Code 0A11 Ir 6000: contoh kasus"

Posting Komentar

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan