Tips Cerdas Fotocopy Kertas Tipis

Kertas Tipis - Salam jumpa kembali dengan pesancopy, disini saya mencoba untuk membagi pengalaman dalam menggunakan kertas tipis sebagai media fotocopy.

Cara fotocopy dengan kertas tipis

Kertas dikategorikan tipis jika memilki berat kurang dari 70 gram, berat ini adalah minimal stadard yang bisa digunakan untuk mesin fotocopy, namun bagaimana jika anda terlanjur membeli dan ternyata anda salah membeli kertas dengan berat 60 gram, apakah mesti dibuang, padahal sudah dibeli dengan harga yang mahal.

tentu sayang bukan kalau dibuang,memang menggunakan kertas tipis akan sedikit mengalami kendala dalam pengoperasian mesin, adapun beberapa kendala yang mungkin timbul adalah;
Baca juga : Posisi kertas saat Fotocopy

1.Jam papers

sudah pasti roller akan sedikit kesulitan menarik kertas yang tipis dan tentunya kertas tersebut juga akan sulit mendorong lever sensor, akibatnya sudah pasti akan sering nyangkut.

2. Hasil fotocopy tergulung

hasil fotocopy akan tergulung sepeti roll, ini saya alami dengan mesin ir 5000, hasil fotocopynya tergulung dan tidak tersusun rapi, ketika pengatur lower fixing dikendorkan dengan harapan tidak akan menjepit kertas terlalu rapat namun malah tintanya bleber, kertas tergulung ini karena panas yang dihasilkan mesin besar memang lebih panas dibanding mesin kecil, soo ketika kertas keluar dari fixing kondisinya benar-benar kering.

3. Sulit untuk fotocopy bolak balik

dikarenakan panas dari fixing tadi yang membuat kertas begitu kering jadi amat sulit sekali jika dia harus berputar sekali lagi dalam proses fotocopy bolak balik, kertas tipis ini sangat sukar untuk digunakan fotocopy mode 2 sided.
Baca juga : Cara menggunakan kertas bekas untuk fotocopy

Cara agar kertas tipis bisa digunakan untuk fotocopy.

dari beberapa kendala diatas tidak lantas kertas tipis tidak bisa digunakan, kertas tipis tetap bisa digunakan dengan sedikit trik berikut ini;

1. Hanya fotocopy 1 sisi saja

gunakan kertas tipis hanya untuk fotocopy satu sisi saja, jangan digunakan untuk fotocopy dua sisi, agar mesin tetap lancar tanpa jam papers.

2. Setting kertas ke posisi A4R atau F4

untuk mesin dibawah kecepatan 40 lembar per menit lebih baik posisikan kertas ke A4R/lanscape. posisi A4R adalah kertas A4 yang diposisikan Lanscape, atau jika kertas anda andalah F4 maka posisikan saja sesuai ukurannya.karena jika diposisikan A4 mesin yang saya miliki sering ngejam di beberapa tempat.
Baca juga : Fotocopy dengan kertas F4
untuk mesin type besar semisal IR 5000 ternyata tidak ada kendala jika memposisikan secara normal yaitu A4/potrait mungkin karena perbedaan kecepatan yang membuatnya mampu mengcopy kertas tipis.

Kesimpulan

Kertas dengan berat 60 gram masih tetap bisa digunakan, namun ada maintenance extra yang mesti disiapkan karena berat kertas ini memang tidak semestinya digunakan, so selalu gunakan kertas dengan berat 70 gram atau diatasnya agar mesin tetap bisa lancar.

akhir posting terima kasih telah menyimak cara fotocopy kertas tipis, semoga bermanfaat

Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Tips Cerdas Fotocopy Kertas Tipis"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif, komentar tanpa nama tidak akan kami publikasikan