Contoh kasus Canon IR 6000 Error E001-0003

Canon IR 6000 Error E001-0003. ada dua mesin dengan tipe yang sama dan dengan jenis kerusakan yang sama yaitu E001-0003, kode error 003 sering berubah ubah menjadi 000,dari kedua mesin ini ternyata cara menyelesaikannya berbeda, karena ternyata E001 cukup komplek penyebabnya.

Semakin lama bergumul dengan kerusakan mesin fotocopy semakin komplek pula penyebabnya, kadang error 0001-0003 ini bisa selesai dengan mengganti part yang biasa rusak, namun terkadang juga tidak bisa teratasi.

dan untuk sekali lagi kita menjadi lebih pintar karena bertemu dengan masalah yang baru lagi, seperti yang dari awal saya katakan bahwa untuk mengatasi masalah mesin fotocopy tidak melulu sama untuk mesin dengan type yang sama.

kebanyakan mesin fotocopy yang mengalami error e001 selesai dengan mengganti main Thermistor atau sub thermistor, dan ini benar untuk mesin yang satu, kerusakan e001 nya selesai teratasi dengan mengganti sub thermistor.

salah satu penyebab e001-0003

namun kenapa tidak bekerja untuk mesin yang satunya ya? padahal ketika unit satu, mesin yang rusak dipindahkan ke mesin yang bagus/mesin yang tidak error, unit satu tadi bisa bekerja, artinya main thermistor dan sub thermistor tidak menjadi masalah, lantas apa yang salah dengan mesin yang satunya, sudah dapat dipastikan jika error e001 nya bukan berasal dari main thermistor tadi.

setelah dipelajari ada 2 soket yang mengarah ke unit satu, yang pertama soket yang mengarah ke motor dan beberapa sensor dan ini masuk ke fixing feeding pcb, sedangkan untuk lampu heater ada soket tersendiri yang masuk ke area AC driver dan relay.

bisa jadi error E001 berasal dari lampu heater yang tidak dialiri listrik, sangat mungkin mesin akan membaca e001 karena lampu heater tidak menyala, mari kita selidiki kemana larinya soket lampu heater ini berujung.

seperti yang saya ungkapkan tadi jika ada AC Driver yang mengalirkan arus ke lampu heater, perlu diganti? sudah pasti harus diganti untuk mengetahui effectnya.
ac driver pcb, salah satu penyebab e001

ternyata terjawab, saat mengganti AC driver Error E001 nya hilang, lantas apakah AC driver ini sama antara tegangan 110v dan 220v?

tapi sebentar dulu, penyakit e0001-0003 pada mesin ini memang sudah hilang ketika saya mengganti ac driver dan juga relay yang ada diatas ac driver, tapi apakah ini benar AC driver mesin ini rusak.

sekali lagi saya mencoba memasang AC driver yang tadi saya lepas, dihidupkan kembali, dan ternyata mesin sembuh hloo e0001-0003, saya sendiri menjadi bingung, lantas apa yang membuat mesin ini berhari hari mengalami error, sedangkan copot mencopot AC driver sudah saya lakukan berkali kali.

Hal ini tentu saja membuat saya bingung, karena pengalaman ini akan berguna untuk mengatasi mesin lain yang mengalami error serupa, tapi ya sudahlah dari pada saya terus memikirkan dan mencari point mana yang sebenarnya menjadi penyebab e0001-0003 pada mesin ini, yang penting kerusakan sudah teratasi.

yang menjadi point perbaikan tentu saja semua harus dicoba dan di coba agar tahu peris penyebab kode error e0001-0003 ini, dan perlu juga di ketahui untuk AC Driver berbeda volt nya.

jangan sampai keliru, untuk mesin dengan tegangan 110v harus menggunakn AC driver dengan tegangan yang serupa, karena kalau keliru akan terbakar, dan di unit PCB nya juga ada keterangan tentang besarnya tegangan yang harus di gunakan.

sampai pada babak kesimpulan, jika e0001 selain thermistor dan sub thermistor ternyata ada AC Driver yang harus juga di perhatikan, demikian contoh kasus kali ini semoga bermanfaat.

Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Contoh kasus Canon IR 6000 Error E001-0003"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif