Setting angka PO CONT pada mesin fotocopy

Po Cont - baik sobat pesancopy kali ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman bermain dengan angka po cont, dimana settingan po cont hanya ada 2 yaitu 0 dan 1, dari beberapa pengalaman dilapangan kadang angka pada po cont sering saya gunakan untuk mengatasi error e061, untuk beberapa kasus dengan merubah angka 0 ke 1 atau sebaliknya error e061 bisa hilang dan mesin juga tetap bisa berfungsi, namun terkadang justru malah error tak kunjung hilang, seperti pada kasus yang akan saya bedah disini.

setting angka po cont di ir 5075

Selama ini saya hanya meyakini kalao dengan mengganti angka pada Po cont maka error e061 hilang, tapi memang benar hilang, pada kasus kali ini, namun ketika dirubah ke angka 0, hasil fotocopy malah putih bersih, jika po cont diganti ke angka 1 malah error e061, untuk mesin yang normal seharusnya mau diganti angka po cont dari 0 ataupun 1 maka mesin akan tetap bagus, dan default atau pengaturan standard untuk angka po cont adalah 0.
Baca juga : Mengatasi error e061 pada ir 6570
Po cont terhubung dengan po sensor yang ada di unit drum, salah satu langkah yang saya lakukan untuk mengatasi angka po cont yang dirubah namun tetap muncul error e061 adalah sebagai  berikut.

1.Mengganti PO Sensor
Beberapa teman pernah berbagi pengalaman dengan mengganti po sensor atau ada kabel po sensor yang putus adalah salah satu sebab dari e061, namun ketika saya ganti po sensor dan merubah angka PO cont ke angka 1, mesin tetap saja error, berarti bukan ini penyebabnya.

2.Mengganti pre exposure lamp
Pre exposure lamp ada diatas cleaning blade, itu hlo berupa plat dan plastik yang memanjang diatas drum, itulah cleaning blade, dari mengganti inipun juga belum mengatasi permasalahan, namun ada juga rekan yang pernah berhasil mengatasi po cont yang yag error ini.

Saya hanya melakukan 2 percobaan ganti sparepart karena ada yang salah dengan mesin ini, seharusnya walaupun angka po cont dirubah dari 0 ke 1 atau sebaliknya, hasil fotocopy akan tetap ada walaupun jelek dan tidak akan muncul error e061.

Kecurigaan mengarah ke HVT namun tetap masih ada ragu, apa iya error e061 karena HVT namun dari hasil blank putih yang ditunjukkan oleh mesin ada peran kerusakan dari HVT, tapi patut dicoba saja ganti HVT dari pada terus bertanya tanya.

3.Mengganti HVT
Mengganti HVT amat mudah Cuma lepas cover belakang maka HVT terlihat, cukup 20 menit selesai, tapi benar hlo, ketika mengganti HVT hasil fotocopy keluar tulisan.
Baca juga: Ciri ciri HVT rusak
Setelah mengganti HVT dan hasil fotocopy bagus, saya coba untuk kembali mengutak atik angka po cont yang tadi jika dirubah angkanya akan muncul error e061, dan ini berhasil, mesin tidak lagi keluar error e061, jadi patut dicoba kiranya jika ada yang error e061 dengan mengganti HVT,

Namun HVT bukan part yang murah harganya, paling tidak dari pengalaman saya semoga rekan bisa mengganbil kesimpulan dan menjadi menfaat, terima kasih.

Masukkan email dan klik subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru:

Artikel Terkait

0 Response to "Setting angka PO CONT pada mesin fotocopy"

Post a Comment

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif