Cara mengatasi Error E110 Canon IR 3570, Baca dulu supaya tidak salah beli sparepart

Error E110 - Salam jumpa lagi rekan pesancopy, pada kesempatan ini saya mencoba untuk membagi kisah perjalanan dalam mengatasi kerusakan pada mesin canon ir 3570 namun karena kesamaan model, cara yang akan saya sampaikan juga bisa digunakan untuk menghilangkan kode error e110 pada jenis mesin ir 2270,2870 maupun 4570.

seperti biasanya saya akan menyampaikan kronolgi kerusakan yang berakibat pada timbulnya kerusakan e110 di monitor.

" kondisi mesin bagus sampai pada tahap pemanasan selesai, menu di layar monitor tidak menunjukkan adanya error pada mesin, ketika hendak melakukan fotocopy satu lembar, lampu scan menyala dan bergerak untuk men-scan, tidak lama kemudian proses terhenti dan muncul kode error E110";

semoga penjelasan diatas cukup untuk mewakili apa yang akan saya bahas pada kesempatan ini, tentu saja agar tidak salah tafsir terhadap rekan semua.

Penyebab E110-000


Code

E110-0000

Description

The motor ready signal does not arrive within 15 sec after the laser scanner motor drive signal is generated

Causes

The wiring is faulty (short circuit, open circuit, disconnection). The laser scanner motor (M10) is faulty. The main power supply PCB is faulty. The DC controller PCB is faulty.(sumber :printcopy.info)




Kurang lebih seperti apa yang tertulis diatas penyebab dari timbulnya error e110, namun apakah anda memahaminya? hanya dengan membaca uraian penyebab diatas?

Jika anda seorang teknisi mungkin bisa sedikit meraba, kira-kira apa dan komponen apa yang rusak .

maka disini saya akan menjabarkan sedikit pengalaman dalam mengatasi error e110 supaya anda bisa tepat dalam membeli sparepart, serta lokasi dari komponen yang rusak tersebut, dan tentunya bisa sangat membantu pengeluaran anda.

Mengatasi Error E110-000


1. Motor Scanner
ketika pertama saya membaca uraian diatas yang terlintas di benak saya adalah motor scanner yang rusak.

Namun dimana motor scanner itu?

pada awalnya yang saya copot dan saya ganti adalah motor scanner yang menggerakkan lampu saat proses copy dilakukan yaitu sesuai dengan gambar dibawah ini

mengatasi e110
Motor scanner
Apakah dengan mengganti motor ini error jadi hilang?

ternyata mengganti motor scanner ini tidak mengatasi error e110, kerusakan masih tetap terjadi, 

lantas motor scanner yang dimaksud itu yang dimana ya?

Baca Juga : Mengatasi lampu scanner menyala namun tidak mau jalan

2. Mengganti Laser unit
ternyata motor laser scanner yang dimaksud pada uraian diatas adalah yang berada di dalam laser unit, atau supaya gampang membedakan dan tidak menimbulkan kebingungan dengan motor scanner yang berada diatas, motor ini biasa disebut sebagai Motor Polygon.

karena motor ini yang menggerakkan lensa polygon yang ada di laser scanner unit.

mengatasi error e110
Motor Laser Scanner
setelah melakukan percobaan dengan dua sparepart akhirnya ditemukan jalan keluar dari error E110, yaitu tidak berfungsinya motor laser scanner alias mati.

Harga Motor Laser Scanner


namun yang menjadi kendala disini adalah saya tidak bisa membeli hanya motor laser scannernya saja, ternyata harus dibeli satu set komplit satu unit laser scanner, sehingga membuat pengeluaran menjadi banyak, karena harga laser unit ini berkisar Rp 800.000 ~ Rp. 1.000.000.

Tips Membeli Laser Unit 


Setelah anda mengetahui penyebab munculnya kode error E110 berikut dengan harganya, perlu untuk anda ketahui tips untuk membeli laser unit ini supaya tidak tertukar dengan unit lain yang belum tentu cocok.

hitung terlebih dahulu jumlah kabel pada soket yang mengarah ke body mesin ,untuk IR 3570, jumlahnya adalah 7 buah.

Mengatasi error E110
kabel soket motor laser scanner
jangan sampai tertukar ya, karena biasanya para penjual laser ini tidak menerima komplein jika barang sudah keluar dari toko.

Bagaimana dengan IR 2270 dan IR 2870?


Untuk kedua mesin ini anda bisa saling bertukar laser unit nya karena memiliki jumlah kabel soket yang sama yaitu 5 buah. maka bisa saya katakan jika muncul angka dilayar monitor E110 berarti cara pada artikel ini juga bisa anda gunakan sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Lantas Canon IR 4570?


untuk canon IR 4570 lasernya cocok dengan IR 3570, karena pada kasus yang saya alami ini saya menggunakan laser unit milik canon IR 4570, mereka cocok karena sama-sama soketnya 7 buah kabel. so bagi anda yang memiliki mesin IR 4570 jangan cemas, cara inipun juga bisa anda terapkan untuk menghilangkan Error E110 ada mesin anda.

Kesimpulan

setelah panjang lebar saya menguraikannya dapat saya tarik kesimpulan bahwa penyebab dari Error E110 adalah tidak berputarnya Motor laser scaner, lampu scanner selesai menscan dokumen maka data selanjutnya dikirim ke laser unit, karena motor laser unit tidak berfungsi maka keluarlah kode error E110. jadi walau motor ini mati kondisi mesin masih tetap bisa hidup dan menu di layar juga komplit.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan tentunya dapat meminimalisir kesalahan dalam membeli sparepart yang tidak perlu. terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

0 Response to "Cara mengatasi Error E110 Canon IR 3570, Baca dulu supaya tidak salah beli sparepart"

Posting Komentar

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif