Memperbaiki ADF canon IR tidak mampu menarik kertas

ADF tidak mampu menarik kertas - ADF (Automatic Document Feeder) merupakan komponen yang ada pada mesin fotocopy Era sekarang, baik pada mesin ir 3300 maupun IR 5000 semua jenis mesin fotocopy ini telah dilengkapi dengan ADF, sebenarnya apakah fungsi dari komponen ini, komponen ini berfungsi sebagai pengumpan kertas secara otomatis, ya otomatis karena kertas akan tertarik satu per satu baik untuk proses fotocopy ataupun scan tidak perlu lagi bantuan tangan kita

Bayangkan bila kita memiliki sedikiktnya 10 lembar saja dokumen yang kan kita copy, bilamana mesin fotocopy kita tidak dilengkapi ADF , betapa repotnya kita 10x harus membuka tutup plate kaca, namun bila kita menggunakan ADF kita tinggal taruh saja dokumen diatasnya maka kertas akan otomatis ditarik satu persatu, bila ADF sudah ada, namun kita tidak bisa menggunakannya bagaimana? baca saja artikel yang ini:

Baca Juga : Cara menggunakan mesin fotocopy bagi pemula

Karena pemakaian yang terus menerus maka sparepart pada ADF pun kian rapuh sehingga ADF pun tak mampu lagi dapat menarik kertas serta sering kali jam paper di adf, beberapa hal yang harus kita lakukan dan kita rawat rutin agar kinerja ADF selalu dalam kondisi yang prima serta tidak sering macet, apa saja itu:

1.Cleaning ADF via menu mesin fotocopy
pada menu mesin fotocopy sudah telah pula dilengkapi sebuah menu "clening feeder" yang berfungsi untk membersihkan area ADF khususnya pada jalur kertas, bagaimana kah caranya?
a.Klik Additional function
b.Klik Adjusment/Cleaning
c.Klik Cleaning Feeder
d.Tempatkan 10 lembar kertas di ADF
e. Klik start maka kertas akan tertarik dengan sendirinya, kita tinggal tunggu sampai proses selesai

Baca Juga : Cara Fotocopy dengan kertas F4

2. Bersihkan Roller ADF
bersihkan secara berkala roller ADF, terdapat beberapa Roller yang harus rutin untuk kita bersihkan supaya permukaan karet roller tetap kesat sehingga kertas akan begitu mudah ditarik, jangan lupa lakukan pergantian terhadap roller yang aus. biasanya roller pick up adf yang sering sekali sebagai penyebab ADF tidak mau menarik kertas, sehingga roller ini mendapat perhatian utama untuk dibersihkan dan diganti.

3.Bantalan roller
bantalan roller adf rusak

Bantalan ini atau apapun namanya saya pun kurang begitu paham, terletak persis dibawah roller pick up ADF, bila bantalan yang berupa busa ini sudah kempes maka ADF pun akan ngadat dan tidak mau untuk menarik kertas, selain daripada bantalan ini kempas ada juga kerusakan seperti busa dari bantalan ini terlepas dikarenakan kualitas sparepart yang jelek. sehingga sparepart ini juga merupakan perhatian utama untuk diganti.

Demikian beberapa hal yang sekiranya membuat ADF tidak mampu menarik kertas, maka lakukan perawatan minimal satu bulan sekali bersihkan dengan alkohol atau tiner. semoga info dari saya ini membantu sobat semua.

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

12 Responses to "Memperbaiki ADF canon IR tidak mampu menarik kertas"

  1. Trimakasih infonya sangat bermanfaat,mengapa ADF menarik kertas lebih dari satu lembar,?mohon solusinya,,

    BalasHapus
  2. bisa karena kertas lembab, ganti saja dulu roll sama bantalan roller adf itu mas

    BalasHapus
  3. Makasih tutorialnya gan.....mau tahya gan....pada mesin canon ir 5055 saya kbtulan sedang mengalami adf suka ngjem paper, setelah cleaning lancar, tapi gak lama kemudian ...ngjem lagi. kenapa ya gan? terimaksih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba langkah berikut bang.
      1. Bersihkan roller pick upnya dgn tiner
      2. Ganti pad adf
      3. Bersihkan semua roller adf dgn tiner

      Hapus
  4. Klo dari adf bolak balik..1 muka ny bagus 1 muka ny hitam... Kira" apa ny ya bos... Ada yg tau kah

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bang, belum pernah ngalamin yang seperti ini, jadi saya belum bisa kasih solusi, menurut saya pribadi ada kendala pada scannernya, mungkin kotor.. kalo dari area drum sepertinya tidak karena ada satu sisi yang hasilnya bagus

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. kalo adf baru mau narik (kertas belum ketarik)langsung jam, terus setelah kertas di ambil dan tutup adf di tutup lagi keterangan masih jam itu panya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. indikasi sensor masih tertutup diarea jam paper, cara pertama bisa di matikan terlebih dahulu mesinnya, jika masih ada indikator jam, coba lihat di Copier>>jam>>lihat sensor mana yang menunjukkan jam, lalu menuju ke TKP, mungkin saja ada masalah di kabel sensornya.

      Hapus
    2. Sama nih pnyakit nya.. itu apanya ya.. dan cara cek sensor yg eror itu gimana.. mohon solusinya makasih

      Hapus
  7. Gan boleh tanya kendala mencetak kertas dr atas trus ujungnya terlipat solusinya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedikit repot dengan membongkar area di depan roller warna putih ADF,, biasanya kertas nabrak di arean tersebut

      Hapus

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif