Mengatasi Error E013 Canon IR

Mengatasi error e013 Canon IR.Setiap mesin fotocopy yang menggunakan serbuk toner pasti akan menghasilkan limbah, melalui sistem mekanisme pembuangan limbah toner, serbuk serbuk toner  sisa bekas proses fotocopy akan dialirkan menuju ke waste toner tank, sebagai tempat untuk menampung sisa toner bekas, jika tidak dialirkan bisa terjadi Error E013.

Error E013 Canon IR.Dalam perjalanannya terkadang sisa toner ini tidak berjalan secara mulus sampai ke tempat pembuangannya, karena ada berbagai macam item yang menggerakkan sistem pembuangan toner, jika satu saja rusak Maka toner pun tidak akan lancar terbuang ke waste toner tank.

Masalah aliran pembuangan sisa toner yang tidak lancar ini adalah salah satu penyebab daripada munculnya kode error e013. sistem pembuangan toner itu sendiri terdiri dari beberapa item berikut.

Bagian Sistem Pembuangan Toner sisa.


1. Gear roll magnet
Gear ini berada di ujung roll magnet dan langsung terhubung oleh Gear pemutarnya yang menempel pada body mesin, dari gerakan awal gear inilah mekanisme pembuangan sisa toner akan mulai dialirkan.

2. Roll magnet
Roll magnet berfungsi untuk menarik sisa toner dari hasil pencetakan oleh drum. Saat proses pencetakan selesai Masih ada sisa toner yang menempel pada permukaan drum, disinilah peran roll magnet, dia menarik sisa toner yang menempel di permukaan drum,. Dari gerakan gear magnet memungkinkan roll magnet dapat berputar dan membuang sisa toner ke ruang feedscrew.

3.gear feedscrew dan feedscrew
Gearfeedscrew  yang berisikan susunan roda gigi memungkinkan untuk memutar feedscrew, feedscrew yang berupa gear seperti bor memungkinkan untuk menarik toner agar keluar dari ruang feedscrew untuk diteruskan menuju selang pembuangan toner.

4.selang pembuangan toner
Selang pembuangan toner ini berupa selang yang didalamnya terdapat gear spiral. Gear spiral ini menarik sisa toner yang dialirkan oleh feedscrew menuju waste toner tank.

penampakan selang waste toner yang telah dicopot


5. Waste toner tank
Di sinilah tempat penampungan sisa toner yang terakhir.

Cukup jelaskah dengan sistem pembuangan sisa toner di atas dengan memahami sistem pembuangan sisa toner maka anda akan dengan mudah untuk menemukan penyebab daripada  kode Error E013 Canon.

Seperti pada kasus yang dialami oleh saudara kita di Tuban yang memiliki mesin IR 5075 yang juga mengalami error e013.

Dan beliau pun bisa mengatasi error e013 ini dengan cara membersihkan semua jalur pembuangan sisa toner.

selang waste toner sebagai salah satu penyebab e013


Kesimpulan
dari contoh kasus diatas dapat saya tarik kesimpulan bahwa error e013 disebabkan
Karena tersumbatnya aliran sisa toner seperti waste toner yang penuh atau tinta mengendap di Selang pembuangan.

Bagi sobat yang ingin terhindar dari error e013 lebih baik selalu cek kondisi waste toner dan jangan sampai lupa untuk membuang sisa toner di dalamnya terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

Artikel Terkait

0 Response to "Mengatasi Error E013 Canon IR"

Posting Komentar

berkomentar lah sesuai topik posting
jangan jualan obat,jangan pakai link aktif